Pentingnya Kesehatan Anak dan Cara Tepat Menjaganya

Narasumber: Konsul
Pentingnya Kesehatan Anak dan Cara Tepat  Menjaganya

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Pastinya sudah sering sekali mendengar ungkapan tersebut bahkan sejak di bangku Sekolah Dasar. Sejatinya kesehatan memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kesehatan adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini kesehatan memiliki arti terbebas dari segala gangguan atau pun penyakit, baik penyakit fisik maupun psikis. Dengan begitu, jika seseorang berada dalam keadaan kesehatan yang baik, besar kemungkinan tidak akan terserang penyakit. Dari anak-anak sampai dewasa pun perlu mengedepankan kesehatan. Terlebih kesehatan pada anak-anak. Lalu bagaimana kesehatan yang berkaitan dengan anak? Tentunya sangat penting menjaga kesehatan anak. Hal ini dikarenakan anak berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan dan lebih rentan terhadap penyakit. Anak yang tidak memiliki imun yang kuat dapat terserang penyakit dengan mudah.

Pada dasarnya, kesehatan anak dimulai dari pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat diterapkan tidak hanya saat anak telah tumbuh dan berkembang setelah lahir, namun dapat dimulai sejak anak dalam kandungan. Ketika anak di dalam kandungan, sang ibu dapat memberikan asupan yang meningkatkan kecerdasannya. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak sedikit anak yang mengalami masalah dengan kesehatannya. Ketika anak sudah lahir, biasanya lebih banyak gangguan yang menyerang kesehatan anak. Contoh gangguan fisik yang muncul pada anak yaitu anak terserang penyakit seperti diare, demam, kejang-kejang, dan flu. Selain itu gangguan psikis yang dapat memengaruhi kesehatan anak meyebabkan anak menjadi stress dan depresi. Hal itu tentunya tidak diinginkan orang tua karna berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan begitu, jelas ada upaya yang dilakukan untuk menghindari hal-hal tersebut. Orang tua harus pandai-pandai dalam menjaga kesehatan anak. Gangguan penyakit yang muncul pada anak dapat diminimalisir dengan langkah yang dilakukan oleh orang tua.

Anak yang sehat dan cerdas tidak lepas dari peran orang tua yang selalu memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan anak. Pentingnya kesehatan pada anak akan mendorong orang tua untuk memberikan dan memenuhi asupan – asupan baik. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan selalu membutuhkan perhatian lebih. Perhatian ini dapat diberikan oleh para orang tua karena orang tua yang berperan dalam menjaga kesehatan anak. Lalu spa saja yang sebenarnya dapat dilakukan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan anak?. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anak.

Pertama yaitu memperhatikan hal yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan anak. Dimulai dari dalam yaitu dengan pemenuhan asupan - asupan yang dibutuhkan oleh anak. Asupan - asupan itu dapat berupa gizi dan nutrisi vitamin, kalsium, folat, zat besi, energi, mineral dan zat-zat baik lainnya. Zat-zat ini dapat ditemui dalam berebagai bentuk seperti sayur, buah, dan susu. Hidangkan selalu makanan yang bernutrisi yang memang baik untuk kesehatan, baik dalam menu utama maupun camilan. Batasi frekuensi anak jajan di luar rumah. Lebih baik jika orang tua membuat sendiri camilan untuk anak, sehingga asupan gizi maupun kebersihannya lebih terjamin. Berikan pengertian yang tepat mengenai alasan mengapa tak boleh jajan sembarangan, misalnya, makanan yang tidak dimasak sendiri tidak terjamin kebersihannya dan dapat berisiko membuat sakit perut, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan lain-lain.

Kedua, kurangi makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi untuk anak. Anak-anak memang senang menyantap makanan manis, seperti kue, permen, cokelat, roti, dan lain sebagainya. Hal ini wajar sebab kandungan gula pada makanan dapat merangsang pengeluaran endorfin yang membuat anak merasa rileks dan senang. Akibat efek itu, ia jadi ingin makan makanan serta minuman manis.
Namun, perlu dikatahui bahwa terlalu banyak makan makanan manis dapat berakibat buruk pada kesehatan si Kecil. Makanan yang banyak mengandung gula dan lemak meningkatkan resiko obesitas pada anak. Mengonsumsi gula melebihi batas angka normal dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Selain itu makanan yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik untuk pertumbuhan gigi karena dapat menurunkan zat mineral sehingga muncuk kasus “gigis” pada gigi anak. Bila anak memang menyenangi makanan dan minuman manis, maka dapat memberikan buah yang rasanya manis sebagai penggantinya. Atau, membuatkan camilan manis dengan kadar gula yang tidak berlebihan, ketimbang membeli makanan olahan bergula tinggi.

Ketiga, menjaga kesehatan anak juga dapat dilakukan di luar tubuh seperti beraktivitas dan bermain. Jangan membuat anak hanya berdiam diri apalagi hanya bermain gadget di rumah. Membatasi kegiatan menonton televisi, tablet, dan bermain video game dapat bermanfaat bagi anak. Seperti diketahui, bermain gadget secara berlebihan tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Upayakan agar anak selalu aktif dan bebas bergerak. Contoh yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak bergerak misalnya, mengajarkan anak menggosok gigi. Sembari mengajarkan gerakan menggosok gigi, orang tua juga memberikan pengertian dan pelajaran pada anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi. Menjaga kesehatan anak dengan mengasah keaktifannya juga dapat dilakukan dengan mengajak anak bermain seperti berlari, sepak bola, bersepeda, dan berkebun. Gerakan yang aktif oleh anak dapat meningkatkan aliran darah dan juga meningkatkan imun tubuh. Tak perlu khawatir jika anak akan kepanasan dan berkeringat karena itu adalah hal yang normal dan menandakan bahwa dirinya sehat. Kegiatan di luar seperti tersebut membuat anak menjadi aktif sehingga menurunkan resiko obesitas atau kegemukan. Pastinya orang tua tidak ingin anaknya tumbuh dan berkembang dalam keadaan obesitas bukan?. Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai anak kelelahan sehingga justru membuat anak menjadi sakit.

Keempat, melakukan imunisasi sesuai jadwal. Cara tersebut terbukti dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak. Menjaga kesehatan dengan melakukan imunisasi, terutama yang wajib sesuai jadwal. Imunisasi terbukti dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap sejumlah penyakit, seperti tifoid, polio, influenza, hepatitis A, dan lain-lain. Maka itu, pastikan membawa anak ke posyandu atau rumah sakit untuk mendapatkan imunisasi sesuai jadwal, termasuk untuk pengulangannya. Maka dari itu, pastikan selalu untuk membawa anak melakulan imunisasi.

Kelima, mengatur pola tidur yang teratur pada anak. Anak membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Memenuhi kebutuhan tidur anak merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan anak. Kebutuhan tidur anak usia 1-3 tahun misalnya, adalah 12-14 jam per hari. Sementara, anak usia 4-6 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 11-13 jam per hari. Penuhi kebutuhan tidur anak dan ciptakan pola tidur yang teratur sebagai bagian dari pembentukan pola hidup sehatnya. Pemenuhan jam tidur pada anak memberikan efek kulaitas tidur yang baik.

Keenam, rajin mencuci tangan memakai sabun. Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu mengajarkan kebiasaan mencuci tangan pada anak sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, saat baru pulang berpergian dan ketika hendak tidur dapat mencegah kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh dan tentunya anak terhindar dari penyakit. Idealnya, aktivitas mencuci tangan dilakukan di bawah air mengalir selama 20 detik menggunakan sabun, dan dengan teknik yang benar.

Jika orang tua secara konsisten melakukan hal-hal di atas, besar kemungkinan anak akan tumbuh dan berkembang dengan kesehatan yang maksimal. Menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan anak akan terasa ringan pula. Lebih baik lagi jika orang tua memberikan contoh secara langsung serta menasehati dan membiasakan dengan berbagai kebiasaan sehat.

Sesi Tanya :

16 Oct - 19 Oct 2017

Sesi Jawab :

19 Oct - 22 Oct 2017


Bergabung sekarang untuk berkonsultasi

Beli Vitabumin

Nikmati kemudahan berbelanja online produk Vitabumin
Beli Vitabumin melalui link berikut
Anda dapat membeli melalui BBM dengan chat ke PIN berikut

D13C1AB8

Anda dapat melakukan order melalui SMS ke nomor berikut

0821 3655 4963

Anda dapat membeli melalui Whatsapp ke nomor berikut

0821 3655 4963

Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Vitabumin dan belanja Vitabumin bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin

0800-1-301-668

(Bebas Pulsa)

08112761668

(Telp/SMS)