Home Tumbuh Kembang Anak Tahukah Bunda ? Ternyata Ikan Gabus Memiliki Khasiat Khusus Bagi Anak Lho

Tahukah Bunda ? Ternyata Ikan Gabus Memiliki Khasiat Khusus Bagi Anak Lho

2016-12-08 17:00:28 Tahukah Bunda ? Ternyata Ikan Gabus Memiliki Khasiat Khusus Bagi Anak Lho

Anak  adalah harta berharga bagi seorang Bunda. Untuk memastikan bahwa seorang anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tentu saja peran Bunda dalam hal ini tidak bisa dilepaskan. Bunda berperan dalam menyiapkan dan memberikan makanan yang bisa menunjang tumbuh kembangnya, seperti halnya pemenuhan atas karbohidrat (sebagai sumber energi), protein (zat pembangun), vitamin dan mineral (zat pengatur). Pemenuhan berbagai macam kebutuhan tubuh tersebut akan mencegah terjadinya gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangn anak.

Tahukah Bunda, bahwa cara mengukur pertumbuhan anak adalah  dengan melihat adanya penambahan massa otot, pertambahan berat dan juga tinggi badannya? Oleh karena itu, protein (zat pembangun) sangat berguna untuk membangun sel dalam tubuh yang berperan dalam mengoptimalkan pertumbuhan anak. Di sinilah Bunda harus jeli dalam memilihkan makanan yang terbaik untuk anak.

Salah satunya adalah ikan gabus atau Channa  striata. Ikan ini banyak hidup di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Afrika, dan Asia Timur. Secara morfologi, ikan ini memiliki bentuk bulat panjang, memiliki sisik warna hitam belang pada bagian punggung. Secara tradisional, jenis ikan ini digunakan masyarakat untuk mempercepat penyembuhan luka, seperti luka baru akibat sabetan benda tajam atau patah tulang. Khasiat ikan gabus sangat komplek, apalagi jika diihat dari kandungan proteinnya bagi anak khususnya yang sedang membangun dan membentuk pertumbuhan otot. Sekarang, ikan gabus dapat diolah untuk tumbuh kembang si kecil. 

Bunda, ikan gabus memang mengandung banyak manfaat bagi anak karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk anak yang bertumbuh dan berkembang, khususnya bagi anak. Seperti yang telah dipaparkan dalam penelitian Agus Heri Santoso, dari Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor, bahwa kandungan gizi ikan gabus meliputi protein, albumin, aneka mineral (Cu, Zn, Fe). Jadi, bagi Bunda yang ingin memberikan asupan bagi anak yang sedang bertumbuh dan berkembang, maka ikan gabus bisa menjadi salah satu sumber gizi yang baik.

Bukan hanya itu, dalam sebuah dalam jurnal ilmiah perikanan dan kelautan Vol. 6 No. 1, April 2014 Universitas Airlangga disebutkan kalau ikan gabus memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh. Dalam jurnal ini juga dijelaskan bahwa ikan gabus mengandung albumin yang merupakan protein utama dalam plasma manusia yang menyusun setidaknya 60 % total plasma. Sebagai sumber albumin, ikan gabus diperlukan sebagai sumber makanan yang mengandung albumin.

Kini, ikan gabus sudah ada ekstraknya yang bisa memberikan asupan gizi bagi anak. Temukan manfaat ikan gabus dalam Vitabumin, Bunda. Vitabumin adalah madu anak yang diperkaya ekstrak ikan gabus dan juga ekstrak temulawak yang jadi teman setia anak di masa tumbuh kembangnya.

 

referensi:

Galuh Ajeng Kusumaningrum dkk. 2014. Uji Kadar Albumin dan Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata)  dengan Kadar Protein PakanKomersial yang Berbeda. Jurnal ilmiah perikanan dan kelautan Vol. 6 No. 1, April 2014 Universitas Airlangga. 6 (1), 25-29.

Agus Heri Santosoo dkk. Potesi EkstrakIkan Gabus  (Channa striata) sebagai Stabilitator Albumin SGOT dan SGPT Tikus yang Diinduksi dengan Parasetamol Dosis Toksis. Fakultas KedokteranHewan, Institut Pertanian Bogor.

 

Tags:

Artikel Terkait