Home Daya Tahan Tubuh Jenis-jenis Batuk yang Bunda Harus Tahu

Jenis-jenis Batuk yang Bunda Harus Tahu

2017-01-13 07:05:27 Jenis-jenis Batuk yang Bunda Harus Tahu

Batuk pada anak yang sering diketahui dan ditemui Bunda bisanya hanya dua, yaitu batuk kering dan berdahak. Namun, sebenarnya ada banyak tipe batuk yang harus Bunda tahu. Penyebab batuk pun juga beragam, tidak sekedar karena virus saja. Ada yang disebabkan karena alergi, flu, dan sebagainya. Berikut ini beberapa jenis batuk yang perlu Bunda ketahui (dilansir dari health.detik.com):

  • Batuk yang disertai dengan tenggorokan kering, pilek, hidung sengau, dan dahak berlebih

Rasanya, batuk ini juga sering menjangkiti anak. Anak dengan batuk ini terlihat tidak bisa aktif beraktivitas, karena tidak nyaman dengan hidung dan tenggorokannya. Untuk jenis batuk yang satu ini, maka Bunda bisa bawa anak ke dokter untuk mendapatkan obat alergi jika memang disebabkan oleh sinus. Jika memang benar, maka Bunda akan mendapatkan resep dari dokter berupa antibiotik. 5 Makanan Ini Dapat Mengeluarkan Dahak Pada Anak Saat Mengalami Batuk Pilek.

 

  • Batuk di malam hari disertai dengan lendir, mengi, dan suara serak

Batuk jenis ini juga sering dialami oleh anak. Salah satu penyebabnya adalah adanya asma yang diderita si kecil. Saat ia tidur pun akan terdengar suara mengi yang membuat kita merasa kasihan padanya. Ada baiknya Bunda menemui dokter untuk mengatasi masalah  ini. resep obat yang bisa Bunda bawa pulang biasanya berupa bronkodilator atau obat kortikosretoid yang penggunaannya dihirup untuk mengontrol asma dan mengurangi gejala yang diakibatkannya.

 

  • Batuk yang terjadi setelah minum obat

Kog bisa setelah minum obat malah batuk? Ada satu jenis obat yang namanya inhibitor ACE, yang dikonsumsi oleh sebagian orang. Penggunaan obat ini bisa mengakibatkan efek samping seperti batuk kering. Jika memang demikian, maka konsultasilah kepada dokter, apakah bisa mendapatkan jenis obat lain yang tidak menyebabkan batuk.

 

  • Batuk keirng yang disertai sesak nafas

Salah satu kemungkinan yang menyebabkan penyakit ini adalah adanya penyakit paru-paru obstruktif kronis. Yaitu kondisi yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema. Batuk ini banyak ditemui pada orang dewasa. Salah satu  alasannya bisa karena kebiasaan merokok. Pengobatan yang disarankan adalah tes x ray terlebih dahulu untuk mengetahui kapasitas paru-paru.

Sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi masalah ini. Namun penanganan yang dilakukan adalah untuk mengatasi gejala yang ditimbulkan.

Gejala batuk pada anak yang terjadi memang perlu diperhatikan, Bunda. Karena ada banyak kemungkinan batuk bisa menjadi lebih parah dan mengalami komplikasi. Konsultasikan pada dokter jika batuk anak tidak kunjung sembuh. Batuk anak memang terlihat sepele, namun kalau tidak lekas diatasi bisa mengganggu aktivitasnya, baik aktivitas belajar maupun bermainnya. Sebelum Minta Tolong Dokter, 4 Cara Ini Bisa Bunda Terapkan Jika Anak Batuk.

 

Sumber:

https://health.detik.com. “Jenis-jenis Batuk yang Tidak Boleh Diabaikan” (12/10/2017). Diakses pada 13 Januari 207.

 

Tags:

Artikel Terkait