Home Daya Tahan Tubuh Bagaimana Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar ?

Bagaimana Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar ?

2016-12-13 14:28:45 Bagaimana Cara Menyimpan Madu yang Baik & Benar ?

Bunda tentu  sudah akrab dengan madu. Salah satu bahan alam yang manis ini sering dipakai Bunda untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman. Madu juga salah satu bahan alam yang istimewa. Cairan madu dihasikkan lebah dari sumber nektar bunga. Lebah harus terbang berkilo meter tiap hari dan hinggap di ribuan bunga untuk mengumpulkan nektar bunga yang selanjutnya diolah menjadi madu. Karena alamainya dan juga rasa madu yang khas, tidak heran jika banyak rang yang memannfaatkan madu setiap hari untuk berbagai kebutuhan.

Madu bukan hanya digunakan di rumah tangga untuk kebutuhan makanan dan minuman pengganti gula saja, namun madu juga banyak digunakan untuk eneka industri, seperti restoran, industri makanan dan minuman pabrikan. Banyak yang menggunakan madu sebagai bahan tambahannya. Tentu kita sering melihat ada kemasan teh ataupun susu yang menambahkan madu sebagai bahan pelengkapnya.

Sebagai pengguna madu  setiap hari, sudahkah Bunda tahu cara menyimpan madu yang baik dan benar?

Ketika di sarang lebah, madu  di simpan di comb honey, kumpulan ruang hexagonal yang menyimpan madu dengan sangat baik. Ruang hexagonal atau  yang sering disebut comb ini menjadi pelembab alami untuk madu. Keadaan dalam runagan ini memungkinkan madu untuk bisa masak. Selain itu, juga ada faktor lain yang mempengaruhi, yakni seperti kondisi cuaca, dan juga kondisi kelembaban alami nektar itu sendiri. Setelah terjadi ekstraksi madu dalam sarang, maka kelembaban madu bisa saja berubah, tergantung dengan kondisi peyimpanan madu dalam sarang. Selain air, di dalam madu juga terdapat zat lain, seperti gula, protein, asam amino, aneka mineral, enzim lebah (Honey Composition and Properties. By J. W. WHITE). Dengan berbagai zat di dalamnya itu, sarang lebah atau comb itu menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan madu.

Lalu, bagaimana cara menyimpan madu setelah di panen?

madu sebagai bahan yang istimewa, dimana merupakan salah satu makanan  yang mengandung energi dan karbohidrat yang tinggi, rasa dan aroma madu tidak diperoleh  dari sumber manapun. Jadi bisa dikatakan bahwa madu adalah makanan yang unik. Oleh karena itu, untuk menyimpannya pun harus diperhatikan betul.

Sebenarnya madu banyak dijual dan sampai ke tangan konsumen dalam bentuk serbuk atau butiran-butiran padat madu, dan juga cair. Namun bentuk cairlah yang paling umum ditemukan.

 Berikut ini tips cara menyimpan madu cair yang baik yang bisa Bunda terapkan :

  • Bunda bisa menyimpan madu di suhu ruangan, meja dapur maupun lemari penyimpanan di dapur bisa menjadi tempat yang ideal.
  • Madu bisa disimpan di kulkas, namun bisa mempercepat madu untuk mengkristal. Pengkristalan madu adalah hal yang alami. Hal ini bukan menjadi indikator dari kualitas madu yang kurang baik, adanya zat lain dalam madu, maupun indikator umur madu itu sendiri.
  • Jika madu mengkristal, maka begini langkah yang harus dilakukan: letakkan botol madu di dalam air hangat dan gerak-grakkan hingga madu mulai mencair kembali, atau letakkan madu di dalam wadah dekat air yang mendidih yang tutupnya terbuka (air mendidih dalam wadah yang sudah diangat dari kompor). Dikutip dari www.honey.com

Itulah beberapa tips cara penyimpanan madu yang baik dan benar. Bunda mungkin sering khawatir ketika mendapati madu yang tba-tiba menjadi kristal ketika ditaruh di kulkas. Banyak yang beranggapan bahwa pengkristalan terjadi karena madu tidaklah asli. Sebenarnya bukan seperti itu alasan madu mengkristal. Melainkan, kandungan glukosa dalamm madulah yang menyebakan madu bisa mengkristal. Jadi, hal ini tidak bisa dijadilan patokan untuk menilai keaslian ataupun kualitas madu itu sendiri.

Sumber:

Research leader and research chemist, respectively. Science and Education Administration, Eastern Regional Research Center, Philadelphia, Pa. 19118. Honey Composition and Properties. By J. W. WHITE, JR. AND LANDIS W. DONER. BEEKEEPING IN THE UNITED STATES. AGRICULTURE HANDBOOK NUMBER 335. Revised October 1980. Pages 82 – 91.

National Honey Board. “Honey Usage and Storage Tips”. 09 Desember 2016. http://www.honey.com/honey-at-home/tools-tips-and-resources/honey-usage-and-storage-tips.

Tags:

Artikel Terkait