Home Daya Tahan Tubuh Mengenal Lebih Dekat Lebah Madu Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Lebah Madu Indonesia

2016-12-19 07:16:23 Mengenal Lebih Dekat Lebah Madu Indonesia

Madu alami menjadi pilihan banyak orang yang ingin memulai gaya hidup sehat. Cairan manis bernilai tinggi ini dimanfaatkan mulai dari rumah tangga hingga industri. Karena keistimewaan di dalamnya, madu dimanfaatkan untuk bahan makanan, minuman, obat, jamu, suplemen, bahkan sampai kecantikan. Tentu ketika kita disupermarket ada banyak menemui aneka produk yang dipajang yang menyertakan madu sebagai bahan pelengkapnya.

Kalau kita sudah sangat mengenal madu, namun, seberapa kenalkah Bunda dengan lebah, sang penghasil madu alami?

Selain lebah madu dikenal karena sengatannya yang beracun, lebah  madu  ini juga memiliki banyak cerita yang bisa kita cari  tahu.

  1. Taksonomi lebah madu

Meskipun lebah madu sudah dikenal ribuan tahun yang lalu, dibudidayakan, dan diternakkan, namun taksonomi atau pengelompokan lebah madu sendiri masih membingungkan. Ada banyak pendapat diantara para pakar lebah madu sendiri terkait dengan jumlah spesies yang ada. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan karena persebaran lebah madu secara geografis sangatlah luas.

Akhirnya pada tahun 1953, dipublikasikanlah taksonomi lebah madu yang disepakati para ahli. Yakni lebah madu terbagi menjadi 3 genera, meliputi; Megapis, Micrapis, dan Apis dengan 24 spesies. Klasifikasi ini didasarkan atas karakter morfologi lebah pekerja dari beberapa di berbagai museum yang ada. Namun, banyak pakar yang menolak pendapat ini hingga tahun 1980, mereka sepakat untuk mengklasifikasikan lebah madu menjadi satu genus, yakni Apis, dengan 4 species, meliputi; A. florea, dorsata, mellifera, dan cerana.

Semakin berkembangnya jaman, ternyata terkuak bahwa ternyata jumlah spesies lebah madu yang ada lebih banyak dari yang semula diperkirakan.

Dalam jurnal Biodiversitas vol 2 (1) yang dipublikasikan Januari 2001, dinyatakan bahwa spesies madu berkembang dari yang jumlahnya 4 species menjadi 9 species.

  1. LebahMadu di Indonesia

Berdasarkan jumlah spesies yang ada, maka para ahli bisa menyimpulkan bahwa di Indonesia sendiri memiliki paling sedikit 5 jenis lebah madu: A. andreniformis, dorsata, cerana, koschevnikovi, dan nigrocincta.

  1. Manfaat lebah madu bagi alam dan manusia

Lebah madu memang memiliki kontribusi bagi kehidupan manusia dan keseimbanag alam di bumi. Tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika sampai lebah madu tidak eksis lagi di bumi ini.Berikut ini beberapa manfaat dari keberadaan lebah madu (Kuntadi, 2014):

  • Mengoptimalisasi sumber daya tanaman : Tanpa adanya lebah madu, sebagian besar nektar dan tepung sari tanaman akan terbuang sia-sia.
  • Meningkatkan pemenuhan gizi dan pendapatan masyarakat : Madu kini sudah diolah menjadi beragam produk yang bermanfaat bagi manusia. Jadi, selain untuk alam, madu juga memberi manfaat bagi kualitas hidup manusia.
  • Meningkatkan kesehatan lingkungan : Lebah madu merupakan serangga penyerbuk. Perannya sangat efektif dan penting bagi regenerasi tumbuhan.
  1. Bagaimana lebah madu diperoleh?

Madu bisa diambil langsung dari sarangnya, baik oleh peternak maupun para pencari madu hutan. Secara terperinci, berikut ini cara kita mencuri madu dari para lebah madu:

  • Memungut madu lebah hutan yang banyak ditemui di daerah tertentu di Indonesia
  • Budidaya menetap
  • Budidaya berpindah (penggembalaan, biasanya lebah dimasukkan ke dalam kotak yang mudah dipindahkan sesuai keberadaan bunga)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai lebah madu di Indonesia, bak species, cara memperoleh madu, hingga manfaat lebah madu bagi manusia. Lebah madu sudah bekerja keras untuk menyeimbangkan  kehidupan bumi dengan membantu manusia dengan membantu keberlangsungan tanaman dan juga menyediakan makanan yang penuh manfaat. Mari lebih sadar tentang lingkungan, caranya bisa menanam tanaman dimana lebah madu bisa mendapatkan sumber makanannya. Bisa juga dengan mengurangi penggunaan pestisida hingga akan mengurangi jumlah yang mati akibat turut mengisap racun dalam pestisida tersebut.

Sumber:

Hadisoesilo, Soesilawati. 2001. “Keanekaragaman Spesies Lebah Madu Asli Indonesia”. Diodiversitas. 2 (1), 123-128. ISSN: 1412-033X.

Kuntadi. 2014. “Perlebahan di Indonesia”. Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi (04/03/2014).

Tags:

Artikel Terkait