Home Daya Tahan Tubuh Benarkah Madu Dapat Mengobati Batuk?

Benarkah Madu Dapat Mengobati Batuk?

2017-01-13 06:41:18 Benarkah Madu Dapat Mengobati Batuk?

Bunda, apakah si kecil sering absen sekolah gara-gara sakit? Apakah batuk menjadi salah satu yang membuatnya enggan belajar dan bermain? Apakah batuk yang membuatnya eggan makan dan malas untuk beraktivitas? Kalau iya, berarti Bunda mengalami hal yang sama dengan banyak Bunda yang lainnya.

Ya, batuk adalah salah satu musuh bagi si kecil yang sering kali menggaggu aktvitasnya bermian dan belajar di sekolah. Kalau sudah begini, dokter biasanya menjadi penolong pertama bagi si kecil. Padahal, kalau mau belajar, ada lho cara untuk mengatasi batuk, tanpa buru-buru menghubungi dokter. Cara ini cukup praktis, tidak mahal dan bisa diterapkan dengan mudah. Dan satu lagi, tentu  tidak akan memberikan efek samping seperti halnya obat kimia.

Bahan yang ada di dapur Bunda adalah bahan yang memiliki kendungan luar biasa. Nyatanya, banyak ahli yang menyatakan kalau bahan  alamipun bisa menjadi solusi dari berbagai keluhan kesehatan.

Coba kita tilik lagi, bagaimana nenek moyang kita dulu mengatasi berbagai masalah kesehatan? Padahal jaman dulu belum ada dokter dan rumah sakit. Apa yang mereka lakukan hingga bisa jarang sakit, dan tetap bugar? Ya, bahan herbal dan alami adalah saah satu alasannya. Jika penerapannya benar, maka bahan alami bisa menjadi salah satu keajaiban bagi tubuh yang menjadikannya tetap bugar dan sehat tanpa takut efek samping di kemudian hari.

Salah satunya adalah madu. Adakah yang masih meragukan madu?

Madu untuk obat batuk memang sudah diterapkan pada jaman dahulu. Hal ini bukan hanya kata nenek moyang kita saja. Namun banyak para peneliti yang sudah mencoba menerapkan penggunaannya.

James M. Steckelberg, M.D,  Professor of Medicine, Mayo College University  menyatakan  bahwa minuman teh hangat yang dicampur dengan madu dan  lemon adalah salah satu minuman yang sangat  berharga.

Madu sendiri  efektif untuk mengatasi masalah batuk, menurut James M. Steckelberg, M.D. dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa anak usia 2 tahun keatas yang memiliki infeksi saluran pernafasan yang diberikan 2 sendok teh madu (10 ml) madu sebelum tidur bisa memilliki kemajuan yang cukup pesat dalam penyembuhannya yakni mampu mengurangi batuk pada malam hari dan membuat tidur anak lebih nyenyak.

Madu juga salah satu bahan yang bisa Bunda temukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak dibawah satu tahun, karena resiko botulism, keracunan pada anak di usia tersebut.

Bunda juga perlu tahu bahwa batuk sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang buruk, namun justru ia membantu kita untuk membersihkan mucus dari jalur udara di saluran pernafasan. Namun, tidak ada salahnya Bunda mencoba mencari alternatif terbaik bagi anak agar ia tidur lebih nyenyak dan juga pulas, dengan memberikan madu salah satunya.

Sumber:

http://www.mayoclinic.org. James M. Steckelberg, M.D. (5 Juni 2015). “Honey: An Effective Cough Remedy?”. Diakses pada 13 Januari 2017.

Tags:

Artikel Terkait