Home Daya Tahan Tubuh Sebelum Minta Tolong Dokter, 4 Cara Ini Bisa Bunda Terapkan Jika Anak Batuk

Sebelum Minta Tolong Dokter, 4 Cara Ini Bisa Bunda Terapkan Jika Anak Batuk

2016-12-17 04:02:24 Sebelum Minta Tolong Dokter, 4 Cara Ini Bisa Bunda Terapkan Jika Anak Batuk

Seringkali anak yang sakit, terpaksa membuat Bunda begadang semalaman. Bagaimana mungkin kita bisa tidur nyenyak di kasur yang empuk sedangkan anak kita sedang batuk terpingkal-pingkal dan sulit tidur?

Bunda, batuk adalah ancaman yang sering mengintai anak-anak. Penyakit akibat virus ini bisa diiringi dengan demam maupun tidak. Batuk ini pun bisa berupa batuk kering maupun batuk berdahak. Khususnya batuk kering, seringkali yang membuat anak dan Bunda begadang karena batuk bisa memburuk di malam hari. Lalu, bagaimana dengan batuk berdahak? Batuk ini malah lebih parah karena dapat berujung pada bronchitis jika dahak tidak dapat dikeluarkan.

Jika anak batuk, Bunda harus segera turun tangan. Jadilah Bunda yang menjadi penolong pertama anak yang batuk sebelum Bunda minta tolong ke dokter yang pada akhirnya akan memberikan obat kimia pada anak Bunda yang berharga.

Untuk Bunda cerdas, Ini dia 4 trik batuk anak cepat sembuh yang bisa Bunda lakukan:

  1. Madu

Madu memang sangat istimewa. Sejak jaman nenek moyang dulu, madu sudah dijadikan sebagai obat, dan juga suplemen untuk menambah energi. Bahkan di jaman Nabi Muhammad pun, madu sudah menjadi makanan kesukaan beliau.

Jika Bunda memilih madu dibanding obat yang ada di toko obat atau obat dokter, sesungguhya Bunda sudah menyediakan bahan alam yang bisa berkontribusi pada kesehatan anak.

Madu yang berasal dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah ini mengandung zat antimikroba dan juga antioksidan yang bisa memperkuat imunitas tubuh serta memerangi berbagai bibit penyakit. Madu juga dapat menstimulasi saliva untuk mengeluarkan air liur sehingga bisa meredakan rasa kering di tenggorokan.

Perlu diingat Bunda, madu tidak boleh diberikan pada anak pada usia dibawah satu tahun karena sistem pencernaan bayi belumlah kuat untuk mencerna zat yang ada dalam madu. 

  1. Obat gosok

Obat yang satu ini mungkin tak akan pernah terlintas di pikiran Bunda bahwa bisa menjadi obat yang efektif untuk meredakan batuk anak. Oleskan obat gosok pada telapak kaki dan kaos kaki anak untuk menjaga tubuh anak agar tetap hangat.

Untuk pemberian obat gosok sendiri, Bunda perlu memilih obat gosok yang sesuai dengan usia anak. Jangan mencoba mengoleskan balsem panas yang seharusnya untuk orang dewasa, karena justru malah bisa buat anak jadi rewel karena kepanasan.

  1. Uap

Untuk langkah yang satu ini, mungkin juga belum terlalu familiar di telinga Bunda. Ya, uap. Cara ini dilakukan dengan memasak air hingga mendidih. Lalu tuang air tersebut ke dalam baskom atau mangkok. Lalu, gendong atau pangku si kecil di dekat baskom atau mangkuk tersebut. Bunda bisa pula meneteskan minyak esensial menthol di dalamnya untuk mendapat hasil terbaik.

  1. Sup ayam

Cara ini sering digunakan Bunda untuk meredakan batuk anak. Sup ayam ini mampu meningkatkan pergerakan lendir yang dapat memperbaiki pencernaan. Bunda bisa memberikan sup hangat ini untuk atasi batuk anak. Namun, jangan memaksa anak jika ia menolak untuk makan, paling tidak cobalah dulu untuk membujuk dan merayu anak untuk mau makan. Cara ini bisa menjaditrik batuk anak cepat sembuh dengan cara yang mudah, praktis, dan alami sebelum Bunda minta tolong ke dokter.


Sumber;

id.theasianparent.com. “4 Cara Menyembuhkan Batuk pada Anak Sebelum Anda ke Dokter”. Dyah Swastantika. Accessed 2016, December 15.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar