Home Daya Tahan Tubuh 3 Kebiasaan Sehat yang Dapat Menghindarkan Si Kecil dari Batuk dan Pilek

3 Kebiasaan Sehat yang Dapat Menghindarkan Si Kecil dari Batuk dan Pilek

2017-04-05 06:51:26 3 Kebiasaan Sehat yang Dapat Menghindarkan Si Kecil dari Batuk dan Pilek

Bunda mana sih yang tega berlama-lama melihat Si Kecil sakit batuk dan pilek? Apalagi jika disertai dengan demam. Kedua jenis penyakit ini sering sekali menjangkiti Si Kecil. Banyak Bunda yang tidak mengindahkan cara pencegahan dan baru panik ketika Si kecil sudah sakit. Nah kalau Si Kecil sudah telanjur sakit, Bunda biasanya dihadapkan dengan dua pilihan, apakah sebaiknya memberikan obat kimia untuk segera meringankan gejala batuk dan pilek Si Kecil, atau lebih memilih untuk memberikan obat yang alami.

Perlu Bunda tahu bahwa berdasarkan parents.com, dituturkan bahwa para ahli saat ini tidak menyarankan untuk menggunakan obat batuk dan pilek berlebih, dengan alasan bahwa obat tersebut bisa saja mengandung efek samping. Jika dalam satu tahun Si Kecil hanya batuk atau pilek sesekali, rasanya tidak masalah jika Bunda memberikan padanya obat tersebut. Namun masalahnya, bagaimana jika SI Kecil rentan batuk pilek sehingga sering sakit? Apakah Bunda akan memberikan obat kimia terus menerus padanya?

Sebagai alternatif, Bunda dapat melakukan tindakan pencegahan agar Si Kecil tidak terserang batuk dan pilek daripada menerapkan pengobatan pada Si Kecil yang sudah telanjur sakit. Berikut adalah kebiasaan hidup sehat yang dapat Bunda terapkan sebagai tindakan pencegahan agar Si Kecil tidak mudah sakit :

  • Pastikan Si Kecil cukup tidur

Tahukah Bunda, Si Kecil yang lelah dan kecapekan akan menurunkan sistem imunitasnya. Jadi jika ia lemah, maka ia menjadi tidak cukup kuat untuk melawan kuman atau virus jahat yang akan membuatnya sakit. Namun kenyataannya, banyak anak yang tidak punya waktu cukup tidur. Bisa saja karena ia terlalu asyik bermain dan juga asyik dengan gadgetnya.

Bunda, Si Kecil itu butuh tidur dalam waktu yang lebih lama dari orang dewasa. Saat ia masih bayi, ia butuh tidur hingga 18 jam perhari. Sedangkan pada balita, waktu tidur yang dibutuhkan ialah 12 hingga 14 jam sehari. Saat ia  sudah masuk sekolah dasar, maka ia butuh waktu istirahat sebanyak 11 jam perhari.

Setelah tahu porsi tidur ideal Si Kecil, pastikan ia mendapatkannya ya Bunda. Bisa dengan membuatnya tidur lebih awal pada malam hari, atau bisa dengan tidur siang.

  • Rutin cuci tangan

Bunda, 80 persen penyakit infeksi, termasuk batuk dan pilek, disebarkan melalui sentuhan tangan. Jadi, kegiatan sederhana seperti mencuci tangan bisa menjaga Si Kecil dari ancaman berbagai penyakit. Jadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan ya Bunda agar ia terbiasa hidup sehat dan bersih. Selain mencuci tangan, menggunakan handsanitizer juga efektif membersihkan tangan Si Kecil.

  • Tetap jaga kebersihan rumah

Sekali ada anggota keluarga yang terjangkit batuk atau pilek, maka kemungkinan besar anggota keluarga lain juga akan tertular penyakit yang sama. Oleh karena ituah Bunda, penting sekali menjaga kebersihan dalam rumah. Tahukah Bunda, virus dapat hidup lebih dari dua jam pada gelas atau handuk. Jadi, penggunaan disinfektan pada area yang sering disentuh oleh anggota keluarga sangat penting dan efektif membunuh sumber penyakit.

Ajarkan pula bagaimana Si Kecil menjaga kebersihan untuk mencegah penularan saat ia batuk atau bersin. Tunjukkan bagaiman cara yang benar ketika ia batuk dan bersin, seperti menggunakan tissue atau masker untuk menutup mulut.

 

Sumber:

www.parents.com. “All Natural Cold & Cough Remedies.” Diakses pada Maret 2017.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar