Home Daya Tahan Tubuh Perihal Batuk Anak Yang Perlu Bunda Ketahui : Penyebab Utama Dan Pengobatannya

Perihal Batuk Anak Yang Perlu Bunda Ketahui : Penyebab Utama Dan Pengobatannya

2016-12-22 08:55:25 Perihal Batuk Anak Yang Perlu Bunda Ketahui : Penyebab Utama Dan Pengobatannya

Batuk memiliki banyak macam: batuk kering, berdahak, dan batuk akibat infeksi.

Yang pertama perlu kita ketahui adalah apa penyebab batuk?

Batuk pada si kecil bisa menjadi sangat mengganggu, apalagi ketika ia sudah mulai sekolah dan memiliki banyak aktivitas. Batuk bisa terjadi ketika anak mengalami sakit, ketika tubuh berperang melawan penyakit tertentu yang membentuk lendir.

Batuk pada umumnya merupakan gejala dari infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan. Namun bisa juga disebabkan oleh penyakit pernafasan yang lain, seperti asma misalnya. Batuk sendiri adalah rekflek penting yang memberitahukan tubuh bahwa terjadi masalah pada saluran pernafasan. Batuk juga merupakan satu reaksi sebagai usaha mengeluarkan lendir dan membuat udara mengalir dengan mudah ke paru-paru. Jadi, sebenarnya batuk membantu anak untuk semakin mudah bernafas.

Batuk pada anak bisa memburuk ketika anak tiduran. Hal ini karena mucus atau lendir dapat terakumulasi di tenggorokan. Anak cenderung menelan mucus daripada mengeluarkannya. Hal ni bisa menjadikan penyebab anak mengalami sakit perut atau bahkan muntah.

Anak yang demam juga bisa mengindikasikan bahwa ia sedang sakit flu, demam, pilek (ingusan) dan kesulitan bernafas. Dalam keadaan seperti ini, Bunda tidak perlu terburu - buru membawa Si Kecil ke Dokter, karena 4 cara ini dapat bunda terapkan untuk mengobati batuk anak

Mempelajari tipe batuk anak

Batuk kering. Batuk ini seirng disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas seperti pada hidung maupun tenggorokan, seperti sakit pilek atau flu. Batuk ini bisa memburuk apalagi di saat anak berada di ruangan yang hangat dan juga saat si kecil menjelang tidur. Namun batuk kering juga bisa mejadi pertanda adanya infeksi pada saluran pernafasan bawah, seperti adanya bronchitis atau paru-paru basah. Penyebab lainnya adalah pengaruh asap rokok yang dihirup anak.

Batuk yang disertai sesak nafas. Anak yang memiliki gejala ini biasanya memiliki bengkak pada tenggorokannya. Segera bawa anak ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk menganalisa penyakit yang menjadi pemicu batuk ini.

Batuk berdahak. Batuk berdahak disebakan oleh adanya cairan sekresi dan juga mucus yang ada pada paru-paru. Penyebanya bisa berupa infeksi maupun asma. Batuk ayang terjadi ini adalah usaha tubuh untuk mengeluaran dahak.

Batuk rejan. Batuk ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru paru maupun saluran pernafasan. Batuk ini juga mudah menular. Sering pula disebut batuk pertussis, batuk ini bukan hanya menjangkit anak kecil saja, namun juga orang  dewsa. Batuk ini bisa semakin menjadi jadi saat malam hingga membuat anak tidak bisa tidur. Batuk yang terus menerus bisa menyebabkan anak kesulitan bernafas dan terlihat sangat sakit karena kekurangan masukan oksigen ke paru.

Pengobatan batuk anak

Obat batuk alami bisa saja menjadi solusi ketika anak batuk. Jika tidak terlalu parah batuk anak bisa diatasi oleh Bunda dengan penanganan pertama sebagai berikut:

  1. Cara meredakan batuk yang pertama adalah dengan minum banyak air. Tindakan ini mencegah produksi lendir atau dahak yang berlebih. Air hangat khususnya atau sup dapat mencairkan dahak dengan alami.
  2. Biarkan anak menghirup udara yang lembab, atau udara yang memililki kandungan air di dalamnya. Uap air dapat dengan mudah mengurangi batuk pada anak. Caranya: 
  • Gunakan pelembab udara dalam ruangan
  • Nyalakan shower air hangat. Saat udarra di dalam kamar mandi cukup hangat, maka duduk dengan nyaman dengan anak didalamya maskimal 10 menit. Agar tidak bosan, membacalah atau menyanyilah bersama anak.
  • Gantungkan handuk basah di kamar anak
  1. Jika batuk anak disertai masalah pernafasan, maka biarkan anak menghirup udara yang segar. Caranya:
  • Buka jendela kamar hingga anak bisa menghirup udara yang segar dan lembab
  • Bawa anak keluar rumah dan buka kaca jendela mobil
  • Biarkan anak menghirup udara yang lembab dari kulkas

 

Sumber:

www.parents.com. Parents. “Cough Symptoms and Treatment”. Diakses pada 20 Desember 2016.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar