Home Daya Tahan Tubuh Penyebab Utama Demam Pada Anak Dan Pencegahannya

Penyebab Utama Demam Pada Anak Dan Pencegahannya

2016-12-20 07:45:22 Penyebab Utama Demam Pada Anak Dan Pencegahannya

Meskipun demam bukanlah penyakit maupun gejala pada tubuh yang serius, namun tak jarang, demam pada anak membuat Bunda khawatir.

Untuk bisa tahu bagaimana cara mengatasi demam pada anak, mari Bunda, kita pelajari dulu penyebab utama anak demam!

Penyebab utama demam

“Kenapa anakku demam?”

Inilah pertanyaan yang banyak Bunda ajukan. Kenapa anak bisa demam, padahal ia tak kena hujan, makan juga selalu bergizi, lalu kenapa ia bisa sakit?

Bunda, penyebab utama demam adalah  karena infeksi. Pada umumnya, infeksi bisa terjadi pada  sistem gastrointestinal dan saluran pernafasan, seperti telinga, hidung, tenggorokan, dan juga paru-paru. Adanya demam, bisa ditandai saat anak mengalami peningkatan suhu tubuh. Sebenarnya, kebanyakan dari demam sendiri tidaklah berbahaya pada anak. Demam merupakan sistem pertahanan bagi tubuh untuk membunuh kuman yang menyebabkan penyakit.

Pemberian vaksin pada anak,  memakaikan baju yang terlalu hangat dan ketat, berpartisipasi dalam aktivitas fisik tertentu, dan dehidrasi, adalah penyebab yang  bisa menimbulkan demam pada anak. Anak juga bisa terkena demam lantaran terinfeksi atau tertular dengan anak yang lain. Sehingga tidak heran jika anak yang berada di penitipan anak atau di sekolah lebih sering terkena demam, lantaran penyakit penyebab demam mudah menular pada anak. 

Lalu, apa yang Bunda lakukan jika anak demam? Pertolongan Pertama Jika Anak Demam

Ketika anak mengalami demam, yang pertama kali Bunda lakukan adalah bersikap tenang dan kalem. Selanjutya ikuti beberpa langkah berikut ini sebagai cara menurunkan panas anak yang efektif :

  • Biarkan anak istirahat di ruangan yang tenang. Bed rest adalah salah satu penanganan anak demam yang efektif.
  • Minum banyak air. Berikan anak minum yang banyak. Jika masih minum ASI, maka biarkan anak meminum banyak ASI. Jika tidak, maka berikan banyak air putih yang membantunya mengatasi dehidrasi tubuh akibat demam.
  • Pakaikan pakaian yang tidak terlalu tebal dan hangat.
  • Beri obat penurun demam pada anak berusia di atas 3 bulan. Jika memungkinkan. Lakukan penanganan demam dengan tanpa memberi obat kimia pada anak. Indikasinya adalah jika panas anak tidak terlalu tinggi dan kondisi anak tidak terlalu lemah.

Untuk menurunkan panas anak, banyak orangtau yang memilih menggunakan jalan pintas, yakni memberikan obat-obatan kimia. Hal ini tidak dilarang, namun perlu memperhatikan hal berkut ini: Bunda, jangan berikan anak obat penurun demam yang mengandung aspirin.

Tips lain untuk Bunda atasi anak demam adalah konsultasikan dengan dokter atau pihak medis untuk mengetahui penanganan yang tepat pada saat anak demam, karena penyebab anak demam sangat beragam, dan penanganan inipun biasanya berdasarkan penyakit atau infeksi anak hingga membuat ia demam. 3 Cara Alami Atasi Demam Anak Tanpa Dokter dan Obat Kimia .

 

Sumber:

http://www.parents.com. “Fever Symptoms and Treatment”. Diakses pada 19 Desembar 2016.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar