Home Tumbuh Kembang Anak Yuk Bund Lakukan 6 Cara Ini Agar Kemampuan Bahasa Si Kecil Usia 1-1.5 Tahun Meningkat!

Yuk Bund Lakukan 6 Cara Ini Agar Kemampuan Bahasa Si Kecil Usia 1-1.5 Tahun Meningkat!

2016-06-22 01:33:29 Yuk Bund Lakukan 6 Cara Ini Agar Kemampuan Bahasa Si Kecil Usia 1-1.5 Tahun Meningkat!

 

Si Kecil saat ini sedang berada di usia 1-1.5 tahun? Tentu Bunda kemampuan bahasanya meningkat. Bisa mendengar dia banyak mengucapkan kata tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Bunda. Nah, Jamie Loehr, M.D. dan Jen Meyers, penulis dari buku "Raising Your Child/Membesarkan Anak Anda" dalam parents.com menyarankan aktivitas sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan bicara Si Kecil Bunda tersebut Bunda. Ini dia 6 cara tingkatkan kemampuan bahasa anak 1-1.5 tahun:


1.    Membacalah Untuk Si Kecil
Baca, baca, baca dan baca yang lebih lagi. Ceritakan mengenai ilustrasi/gambar ketika Bunda dan Si Kecil membaca buku bersama. Mintalah pada Si Kecil untuk menunjuk objek yang spesifik pada sebuah halaman. Baca juga buku yang mengandung unsur alfabet sebagai fondasinya untuk belajar ABC.

2.    Biarkan Si Kecil Menceritakan Sebuah Cerita Untuk Bunda
Semangati Si Kecil untuk membuka halaman-halaman buku dan menceritakan ceritanya pada Bunda. Dia mungkin baru bisa mengatakan “mooo” ketika ingin menceritakan sapi yang sedang makan, namun itu memberinya kesempatan untuk terlibat pada proses bercerita. Semakin banyak cerita yang dia ceritakan, maka semakin meningkat pula kemampuan bahasanya.

3.    Semangati Si Kecil Untuk Melakukan Percakapan Cerdas
Bicaralah dengan Si Kecil seperti dia adalah orang yang cerdas. Tanyakan dia tentang pendapatnya, apa yang dia suka dan yang tidak dia suka. Dengarkan dengan seksama juga ketika dia bicara pada Bunda. Respon ucapannya dengan sikap yang menunjukkan Bunda mengerti apa yang dia katakan. Ulangi apa yang telah dia katakan pada Bunda padanya yang bisa menunjukkan bahwa Bunda adalah pendengar yang baik, sehingga dia bisa menirunya. 

4.    Gunakan Kalimat Yang Sempurna Pada Si Kecil
Misalnya, ketika dia mengatakan “lagi” sambil menunjuk pada sepotong kue, maka Bunda bisa mengatakan “kamu ingin makan kue lagi ya”. Berikan contoh padanya dalam membuat kalimat sempurna. Koreksi jika ada kesalahan dalam tata bahasa maupun pelafalannya.

5.    Latih Si Kecil Menggunakan Telefon
“bermainlah” dengan telefon. Gunakan telefon untuk mengajari dia kosakata seperti “halo”, “bagus” dan “sampai jumpa”. 

6.    Bernyanyilah Dengan Si Kecil    
Selain bernyanyi bersamanya, perdengarkan juga musik untuknya. Temukan musisi anak-anak dan mulai perdengarkan lagu-lagunya di rumah. Mereka lama-lama akan bisa menyanyikan lagu itu sendiri, Bunda. 


Itulah Bunda 6 cara tingkatkan kemampuan bahasa anak 1-1.5 tahun. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas di atas secara telaten dan penuh kasih sayang, mudah-mudahan kemampuan bahasa Si Kecil akan meningkat ya Bund. Cinta Bunda begitu ia butuhkan agar kiat tersebut tercapai. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam cinta dari kami untuk Si Kecil yang sedang aktif—aktifnya di rumah :) (ls) 

 

 

 

Tags:

Artikel Terkait