Home Anak Susah Makan Resep Makanan Anak Susah Makan

Resep Makanan Anak Susah Makan

2016-12-17 07:03:17 Resep Makanan Anak Susah Makan

Bunda, apakah anak Bunda mengalami masalah pada nafsu makannya? Apakah ia menolak makan, hanya mau makan makanan tertentu, ataukah ia hanya mau makan dalam jumah sedikit?

Bunda tidak sendirian dalam menghadapi masalah tersebut. Pasalnya, ada banyak Bunda yang menghadapi anak susah makan. Padahal kalau anak tidak mendapat kecukupan nutrisi yang seimbang, maka akan berdampak pada pencapaian pertumbuhan yang tidak sesuai dengan tahapan usianya. Padahal, berat dan tinggi badan anak yang sehat itu harus mengikuti pola sebagaimana yang tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS).

Jika anak dinilai masih kurang berat badannya atau terlalu kurus, maka ada baiknya jika Bunda cek kembali kebutuhan ideal nutrisi anak. Cek pula apakah nutrisi dan kebutuhan gizi tersebut sudah sesuai dengan aktivitas anak.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kemetrian Kesehatan RI, gizi seimbang berarti mengandung semua jenis zat gizi dan juga jumlahnya sesuai yang dibutuhkan tubuh serta perlu memperhatikan beberapa prinsip, yakni keanekaragaman pangan, aktivitas fisik hariannya, perilaku hidup bersih, serta mempertahankan mempunyai berat badan yang normal untuk mencegah datangnya masalah kurang gizi.

Keragaman pangan di sini meliputi kelompok pangan berikut ini:

  1. Makanan pokok antara lain: kentang, beras, ubi, singkong, jagung, dan beberapa jenis makanan lain.
  2. Lauk pauk yang mengandung protein, seperti ikan, telur, daging, unggas, kacang-kacangan, susu, serta makaan olahan seperti tahu atau tempe.
  3. Aneka sayuran termasuk sayuran hijau atau sayuran berwarna.
  4. Aneka buah-buahan yang penting untuk penuhi kebutuhan mineral serta vitaminnya.

Di masa tumbuh kembangnya, kebutuhan gizi sangat penting karena anak sehat harus memenuhi kebutuhan angka kecukupan gizi, seperti yang telah di tetapkan di AKG tahun 2013 Anak berusia 1-3 tahun kebutuhan gizinya adalah:

  • Energi : 1125 kkal
  • Protein : 26 g
  • Lemak : 44 g
  • Omega-6 : 7,0 g
  • Omega-3 : 0,7 g
  • Karbohidrat : 155 g
  • Serat : 16 g
  • Air : 120 mL

Jika kebutuahn tersebut terpenuhi maka anak akan bisa tumbuh dan kembang secara optimal. Masalahnya sekarang adalah bagaimana jika anak susah makan? Melihat referensi angka kecukupan gizi tersebut, Bunda harus menyajikan makanan yang memenuhi gizi anak  agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bunda cerdas, Bunda kreatif

Yuk Bunda, belajar membuat resep makanan yang bantu penuhi gizi anak, dengan cara yang mudah dan juga disukai anak! Selain bergizi, resep berikut ini dapat meningkatkan nafsu makan anak lho Bunda. Agar anak menyukai makanan yang disajikan, ada beberpaa aspek yang harus Bunda perhatikan, antara lain:

  1. Kecukupan gizi dalam menu makanan tersebut
  2. Kombinasi warna. Warna yang menarik akan mencuri perhatian anak untuk mencicipi makanan tersebut
  3. Tekstur dan juga konsistensi makanan
  4. Rasa dan aroma
  5. Ukuran dan juga bentuk. Sesuaikan ukuran dengan porsi anak
  6. Tempetarur danjuga suhu makanan yang disajikan
  7. Cara persiapan

Bunda cerdas adalah Bunda yang kreatif. Kalau anak susah makan, maka sajkan makanan yang memicu nafsu makan anak,  seperti resep berikut ini;

Smoothie Mangga Madu (Honey-Mango smoothie)

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 buah mangga (kupas, dan potong dadu)
  • 1 sendok makan gula
  • 2 sendok makan madu
  • 1 cup susu nonfat
  • 1 sendok teh lemon juice
  • 1 cup es batu

Cara membuat:

Masukkan mangga, gula, dan madu ke dalam blender. Tuangkan madu dan lemon juice, blend hingga halus. Tambahkan es batu secukupnya. Sajikan smoothie mangga dan madu ke dalam dua gelas saji. Resep ini mengandung 200 kalori, menyajikan berbagai vitamin yang ada dalam buah mangga, susu, dan juga madu didalamnya. Untuk membuat resep ini, Bunda hanya butuh 6 bahan makanan saja yang bisa dikerjakan selama 10 menit, mudah, kan?

Sajikan dengan madu

Makanan maupun minuman yang disajikan kepada anak hendaknya dipilih dengan bahan yang terbaik. Salah satunya adalah madu. Kenapa madu? Karena dalam madu mengandung aneka gizi di dalamnya. Yuk simak kandungan gizi dalam 100 gram madu, agar Bunda yakin bahwa madu memang bisa menjadi bahan makanan yang baik untuk berbagai resep kreasi Bunda untuk anak:

  • Energi : 304 kcal
  • Protein : 0.3 gr
  • Karbohidrat : 92,12 gr
  • Mengandung berbagai mineral: Kalsium (Ca), Besi (Fe), Magesium (Mg), Fosfor (P), Potasium (K), Sodium (Na), Zinc (Zn)
  • Mengandung vitamin: Vitamin C, Vit B-3, Vitamin B-6
  • Mengandung juga Folat (DFE) : 2 µg

Bunda, temukan kebaikan madu dengan cara yang praktis dan hanya memilih madu terbaik, tanpa rekayasa warna, rasa dan aroma. Selain resep khusus seperti ini, Temulawak juga bisa merangsang nafsu makan Si Kecil loh Bunda. Temukan alasannya di artikel kami "Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Anak"

referensi:

Publikasi: Possibility Of Treatment  Dr.Orodan Leucian Mihaela-emergency doctor-Regional

(Hospital Arad), Dr.Stangaciu Stefan-family doctor-medical center Mereni, Dr.Mindrescu Dorin-orthopedist-Filantropia Hospital

Pedoman Gizi Seimbang. Kementrian Kesehatan RI. 2014

www.yummly.co

Tags:

Artikel Terkait