Home Anak Susah Makan Suplemen Vs Makanan Bergizi untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Suplemen Vs Makanan Bergizi untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

2020-10-14 13:51:18 Suplemen Vs Makanan Bergizi untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Menjaga Kesehatan yang baik itu seperti apa? Apakah dengan cara-cara yang ekstrim dengan berolahraga berat dapat dikatakan menjaga Kesehatan? Tidak sedikit dari kita juga mengkonsumsi suplemen tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Nah, buat Anda lebih senang dengan mengkonsumsi makanan bergizi sebagai suatu hal untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Jadi suplemen vs makanan bergizi, mana yang lebih baik untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang baik?

Memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh merupakan kewajiban kita agar organ-organ dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Mengkonsumsi suplemen atau makanan-makanan bergizi tentu memiliki perbedaan dikeduanya. Makanan bergizi jika dikonsumsi kebutuhan nutrisi tubuh akan terpenuhi beserta komponen lain pada makanan. Berbeda dengan suplemen yang hanya spesifik nutrisinya tergantung jenis-jenis suplemen yang dipilih.

Pada dasarnya perbedaan antara suplemen vs makanan bergizi ini hanya pada komposisi nutrisinya yang ada di kedua bahan itu. Dimana nutrisi merupakan cakupan mineral, asam amino, vitamin, bahan herbal dan komponen-komponen lainnya yang biasa ditemukan dalam enzim. Suplemen bisa dikonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan, sedangkan pada makanan tidak tentu karena tergantung pada jumlah makanan yang akan dikonsumsi.

Beberapa hal seperti pada makanan kemasan yang biasa dijual di pasaran pasti akan mencantumkan nilai gizi pada kemasan. Akan tetapi berbeda dengan suplemen yang hanya mencatumkan label informasi yang berisi komposisi di suplemen tersebut. Perbedaan antara suplemen dan makanan bergizi tentu sangat banyak. Oleh karena itu beberapa orang tentu sudah tahu dalam mempertimbangkan asupan apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh. Mau itu suplemen atau pun makanan bergizi. Itulah mengapa penting bagi kita mengetahui hal penting pada suplemen dan makanan sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya.

Antara suplemen vs makanan bergizi, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Berikut ini adalah uraiannya:


Suplemen

Kelebihan dari Suplemen:

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi dengan baik karena suplemen secara spesifik memang tergantung pilihannya. Pada kondisi ini biasanya memudahkan seseorang dalam memilih nutrisi sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatannya. Misalnya saja dalam meningkatkan berat badan pada anak yang melambat perkembangannya, bisa dengan alternative menggunakan suplemen tersebut.

 

Kekurangan dari Suplemen:

Untuk minus atau kekurangannya pada suplemen makanan teryata juga banyak lho. Suplemen makanan akan berbahaya jika seseorang sebetulnya tidak memiliki kebutuhan nutrisi yang ada pada suplemen tersebut. Ini akan menyebabkan asupan nutrisi yang tidak dibutuhkan tersebut menumpuk dan berlebih pada tubuh. Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh.

 

Makanan Bergizi

Kelebihan dari Makanan Bergizi:

Dibandingkan dengan suplemen, makanan bergizi lebih banyak kombinasi nutrisinya. Selain itu fungsi makanan bergizi juga jauh lebih baik dari suplemen. Karena makanan bergizi utuh mengandung berbagai macam nutrisi yang disertai substansi yang dapat membantu memelihara dan menjaga Kesehatan tubuh. Makanan bergizi juga dapat bermanfaat dengan utuh dalam menyediakan kekuatan dalam bentuk energi, imun tubuh menjadi kuat hingga dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

 

Kekurangan dari Makanan Bergizi:

Makanan bergizi sendiri memiliki kekurangan yang tentu tidak dimiliki oleh suplemen. Kekurangan dari makanan bergizi sendiri adalah pada kondisi tertentu saat tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih spesifik makanan bergizi belum tentu dapat memenuhinya. Misalnya pada kondisi seseorang saat hamil, menyusui dan sakit parah hingga pendarahan. Maka makanan bergizi belum tentu akan mencukupi asupan yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Sehingga membutuhkan asupan suplemen vitamin yang lebih spesifik.

Jika Anda ingin mengkonsumsi suplemen, sebaiknya disertai dengan makanan bergizi. Bisa dengan makan makanan bergizi terlebih dahulu, jika dirasa masih belum mencukupi kebutuhan asupan nutrisi tubuh bisa ditambah dengan suplemen. Apabila makanan bergizi sudah mencukupi kebutuhan tubuh sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi lagi suplemen penunjangnya. Karena kelebihan nutrisi pada tubuh tentu tidak baik bagi Kesehatan kita. Bisa juga jika ingin mengkonsumsi suplemen konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kesayangan Anda agar mendapatkan jawaban terbaik atas kebutuhan tubuh Anda.

Tags:

Artikel Terkait

Beli Vitabumin

Nikmati kemudahan berbelanja produk Vitabumin
Beli Vitabumin di apotek terdekat Anda
Anda dapat membeli melalui LINE dengan chat ke alamat berikut

VITABUMIN

Anda dapat membeli melalui Telepon/Whatsapp/SMS ke nomor berikut
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Vitabumin dan belanja Vitabumin bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
(0274) 2724711
(Fixed Line)
0812 2954 8478
(Telp/SMS/Whatsapp)