Home Daya Tahan Tubuh Tanda Si Kecil Alami Batuk Pilek

Tanda Si Kecil Alami Batuk Pilek

2017-01-09 08:28:55 Tanda Si Kecil Alami Batuk Pilek

Batuk pilek pada anak sering kali menjadi kekhawatiran Bunda. Bagaimana tidak? Batuk pilek sangat mudah menjangkiti anak hingga bisa menganggunya beraktivitas, baik bermain atau belajarnya. Penyakit ini pula yang sering jadi alasan Bunda membawa anak ke dokter. Pasalnya, seorang balita bisa mengalami 6 hingga 9 kali flu batuk dalam setahun.

Flu bukan hanya ditandai dengan pilek dan demam lo bunda, ada juga batuk anak yang sering kali membuat anak jarang tidur nyenyak di malam hari. Untuk itulah, penting bagi Bunda untuk mengenal batuk lebih dalam lagi. Yuk kenali Jenis-jenis Batuk yang Bunda Harus Tahu.

Batuk sendiri merupakan bagian dari mekanisme tubuh, yang merupakan respon tubuh ketika di saluran nafas terjadi peradangan karena kuman atau virus.

Lalu, apa yang menyebabkan batuk anak?

Tahukah Bunda? Ada lebih dari 200 virus yang menyebabkan batuk pilek. Yang paling sering ditemui adalah Rhinovirus (sering menyerang orang dewasa). Bagi yang  sering mendengar nama virus influenza, sebenarnya virus ini memiliki 3 tipe, yakni tipe A, B, C. dan  yang paling sering menimbulkan penyakit pada anak dan orang pada umumnya adalah tipe A, dan B.

Tanda batuk pilek anak

Gejala batuk pilek pada anak bisa diawali dengan nyeri atau gatal pada tengorokan. Setelah itu akan diikuti dengan hidung mampet dan juga meler pada hari kedua dan ketiga. Baru setelah itu batuk akan muncul. Gejala tersebut biasanya menetap selam sekitar seminggu. Jadi, wajar saja jika anak bisa mengidap batuk pilek hingga seminggu.

Kenapa sih kalau batuk, biasanya diikuti dengan pilek? Adakah Bunda yang tahu?

Jadi, saat virus menyerang dan menginsfeksi hidung dan sinus, maka rongga hidung akan memproduksi lendir yang bening. Adanya lendir ini adalah untuk membersihkan virus dari rongga hidung dan sinus.

Baru setelah 2 hingga 3 hari, sel-sel kekebalan tubuh yang melawan virus tersebut akan mengubah warna lendir menjadi putih atau kekuningan. Nah, saat ada bakteri yang tumbuh kembali dalam  hidung, maka lendir akan berubah warna menjadi kehijauan. Hal ini normal lho Bunda, jadi tidak berarti anak butuh antibiotic atau obat batuk pilek anak untuk menangani pilek ini. Sebelum Minta Tolong Dokter, yuk baca  4 Cara Ini Bisa Bunda Terapkan Jika Anak Batuk .

Bunda, tentu sering mencari obat batuk pilek anak ke dokter. Sebenarnya, efektifkah obat ini untuk anak?

Membawa anak kedokter dan memberikan obat untuk anak, bisa menjadi alternatif untuk mengurangi gejala yang diakibatkan oleh flu, namun tidak bisa membunuh virus penyebab flu dan batuk itu sendiri.

Selain dokter, banyak juga Bunda yang menggunakan ramuan nenek moyang dan juga bahan alam untuk menjaga kebugaran tubuh anak meski dalam keadaan batuk pilek. Cara ini bisa diterapkan untuk membuat anak bisa menjalani hari lebih baik dan merasa lebih nyaman meskipun sedang sakit. Yuk, Atasi Batuk Si Kecil Dengan Bahan Alami.

 

Sumber:

Dr. Purnamawati Sujud Pujiarto, Sp.A (K), MMPed. “Batuk Pilek (Common Cold) pada Anak”.  Inhealth. Gazette. Edisi Agustus-november 2014.

Tags:

Artikel Terkait