Home Daya Tahan Tubuh Tips Mencegah Batuk Pilek Si Kecil

Tips Mencegah Batuk Pilek Si Kecil

2017-01-14 05:40:15 Tips Mencegah Batuk Pilek Si Kecil

Tahukah Bunda bahwa anak usia 3 tahun bisa terserang flu atau batuk pilek 6 hingga 8 kali setiap tahunnya. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh Bunda?

Cuci tangan

Teori termudah untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah karena virus ditangan anak yang kemudian digunakan untuk memegang hidung atau matanya. Dengan demikian, maka virus akan mudah untuk masuk ke dalam tubuh anak.

Oleh karena itu, penanganan pertama untuk mencegah batuk pilek menyerang anak adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Ada banyak teori yang menjelaskan tentang cara cuci tangan yang bersih. Ada yang mengatakan bahwa mencuci tangan haruslah selama 20 detik, namun ada pula yang mencuci tangan selama 30 detik. Selain itu, menggunakan hand sanitizer pun juga bisa dibilang efektif untuk melawan flu dan juga batuk pilek.

Mudah, kan Bunda? Hanya saja, menanamkan kebiasaan inilah yang sulit. Soalnya, Bunda sendiri pun pasti juga sulit untuk menerapkan untuk dirinya sendiri.

Seorang ahli bernama Donals Goldmann, M.D., dalam parenting.com dalam penelitiannya dinyatakan bahwa mencuci tangan dengan teratur menggunakan hand sanitizer memiliki kemungkinan 50 persen untuk tidak absen ke sekolah dan selalu aktif masuk, dibanding dengan yang tidak mencuci tangannya.

Bagaimana Bunda? Masih ragukah  untuk membiasakan cuci tangan ini pada anak?

 

Menutup mulut ketika bersin

Tahukah  Bunda? Ada jutaan virus  penyebab flu yang mengudara  setiap kali seseorang bersin.

Memang, virus penyebab flu, batuk, dan pilek ini tidak akan terekspos dengan mudah, melainkan jika seseorang bersin tanpa menutup mulutnya dengan tangan atau tisyu. Untuk itulah mengapa menutup mulut ketika anak atau diri kita bersin sangat dianjurkan selain untuk menunjukkan kesopanan kita pada orang di sekitar kita.

 

Jangan sentuh mata atau hidung anak ketika Bunda sakit

Kontak langsung dengan anak haruslah Bunda hindari. Karena kuman penyebab flu dan penyakit bisa tertular dengan mudah melalui satu orang ke orang yang lain.  Bagaimana dengan mencium anak? Apakah virus dan kuman bisa tertular?  Dr. Goldmann mengatakan bahwa mencium tidak efektif dalam  penularan virus flu, berbeda dengan menyentuh mata atau hidung langsung yang bisa menularkan virus itu secara langsung. Namun, tidak menampik kemungkinan, bahwa dengan mencium, kita bisa menyebarkan penyakit lewat beberapa bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Sudah tahukan  Bunda, bagaiamana mencegah batuk pilek pada anak? Mari kita terapkan cara yang paling mudah dan simpel, agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang hebat dan juga kuat, tidak mudah sakit dan juga tangguh.

 

Sumber:

http://www.parents.com. “35 Ways to Keep Your Kids Cold-Free”. Ginny Graves. Diakses pada 13 Januari 2017. 

Tags:

Artikel Terkait