Home Tumbuh Kembang Anak 5 Makanan Super Untuk Si Kecil

5 Makanan Super Untuk Si Kecil

2016-06-22 01:46:11 5 Makanan Super Untuk Si Kecil

Memberikan makanan sehat untuk anak adalah kewajiban para orang tua dalam memenuhinya. Pada masa tumbuh kembang anak yang dibutuhkan adalah gizi dan nutrisi dalam tubuhnya tercukupi dengan baik. Seperti halnya dalam membiasakan anak untuk makan makanan sehat setiap hari.

Bukan hanya untuk membuat tumbuh kembang anak menjadi maksimal, namun juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga si kecil tidak mudah jatuh sakit. Jika daya tahan tubuh anak tidak berkembang dengan maksimal, maka kesehatan anak pun juga akan rendah.

Oleh sebab itu, makanan sehat untuk anak memang sangat penting pada masa golden age anak. Makan makanan sehat juga mampu melatih anak dalam gaya hidup sehat sejak dini akan semakin baik.

Untuk itu para Ibu harus tahu apa saja makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi untuk anak.

Selama Bunda sering banyak membaca, kemudian mencari informasi tentang bahan-bahan makanan terbaik untuk anak pasti akan lebih memudahkan Bunda dalam mendampingi tumbuh kembang anak.

Memberikan makanan kaya akan serat pada anak mampu melancarkan pencernaannya lho, Bun. Makanan penuh serat dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Makanan berserat tinggi juga mampu menjaga berat badan anak tetap ideal.

Makanan berserat dapat Bunda temui pada bahan dasar makanan tetumbuhan seperti sayuran, buah dan kacang-kacangan. Memberikan sayuran segar setiap hari pada si kecil mampu mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuhnya.


Makanan Sehat Untuk Anak

Rachel Beller, R.D., pendiri Beller Nutritional Institute in Beverly Hills California dan ibu dari 4 anak yang ahli dalam hal makanan untuk penanggulangan penyakit, memberikan sugesti bahwa beberapa makanan yang setiap gigitannya mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak.

Makanan super ini pun tidak sulit untuk ditemui lhoh Bunda. Ini dia 5 makanan super untuk Si Kecil seperti dilansir dari parenting.com:

1. Telur

Telur menyediakan protein tinggi sekaligus salah satu dari beberapa makanan yang secara natural mengandung Vitamin D.

Ini berguna untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Makan telur ketika sarapan membantu anak-anak merasa kenyang dalam waktu yang lama, Bunda. 

2. Oatmeal

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memakan oatmeal lebih bisa untuk berkonsentrasi dan menaruh perhatian ketika ada di sekolah.

Oatmeal dicerna secara perlahan-lahan, sehingga menyebabkan anak-anak berenergi secara lebih konstan.

3. Buah-Buahan

Semua buah-buahan bagus untuk anak karena mengandung vitamin dan mineral yang penting. Buah-buahan juga mempunyai serat yang begitu baik bagi pencernaan anak.

 Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari buah, biasakan anak untuk makan bermacam-macam buah Bunda, seperti melon, jeruk, apel, kiwi dan sebagainya.

4. Tahu

Semua jenis kacang kedelai adalah sumber yang sangat bagus untuk protein dan juga punya khasiat yang manjur untuk anti kanker. Tahu sangat bagus untuk anak perempuan yang sedang dalam masa pertumbuhan karena punya efek pelindung lho, Bun.

5. Tomat

Tomat kaya akan lycopene yang merupakan zat pelindungi dari berbagai jenis kanker. Tomat yang dimasak bahkan lebih sehat karena dengan pemanasan akan mengeluarkan zat lycopene tadi.

Bunda bisa memakan saus tomat yang dibuat sendiri untuk menemani makanan Si Kecil misalnya. Banyak cara untuk memberikan varian makanan sehat untuk anak dan Bunda dapat menemukan berbagai cara yang pas atau yang disukai anak ya, Bun.

Memberikan varian makanan yang berbeda-beda untuk anak juga mencegah anak bosan untuk makan. Karena dengan makanan yang lebih bervariasi setiap harinya, mampu menambah semangat anak untuk makan. Pastikan Bunda memberikan variasi makanan sehat yang Bunda olah sendiri di rumah ya.

Sebab makanan yang diolah atau dimasak di rumah lebih baik ketimbang membeli makanan fast food atau junkfood.

Kandungan gizi pada makanan junkfood atau cepat saji sama sekali tidak ada, sehingga tidak baik untuk kesehatan anak jangka panjang.

Apalagi untuk anak yang membutuhkan gizi dan nutrisi pada tubuhnya untuk memaksimalkan masa tumbuh kembang, jelas tidak dianjurkan mengonsumsi makanan cepat saji tersebut.

Kesadaran bahwa gizi seimbang sangat penting, maka untuk mencukupinya juga harus dengan makanan-makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi.

Seperti yang disebutkan di atas, dalam menyajikan makanan yang akan dikonsumsi anak, usahakan mengolah sendiri di rumah ya Bunda.

Karena dengan begitu Bunda tahu kandungan gizi yang akan disajikan pada anak. Dan anak-anak akan tumbuh dengan sehat, kuat dan cerdas.

Bunda bisa menyiapkan sajian makanan sehat untuk anak dan pastikan si kecil sarapan pagi setiap hari ya, Bun. Mengapa sarapan pagi itu penting? Karena banyak sekali manfaat sarapan pagi untuk anak-anak, apalagi dijadikan kebiasaan sejak dini.

Dengan sarapan tersebut mampu meningkatkan konsentrasi si kecil saat belajar serta mencukupi asupan gizi dan nutrisi pada tubuhnya lho. Selain itu, sarapan pagi juga menjadi sumber energi tubuh sebelum si kecil melakukan aktifitasnya, jadi sarapan sangat penting.

Lalu sumber energi tersebut dapat mengoptimalkan metabolism dalam tubuh dengan baik. Tahukah Bunda? Bahwa sarapan pagi dapat membuat mood anak lebih baik. Jadi, membiasakan anak untuk sarapan adalah langkah yang tepat.

Selain 5 makanan super untuk si kecil di atas, ada juga madu yang bagus untuk masa tumbuh kembang anak. Madu dapat pula menjadi sumber makanan alami penuh manfaat bagi Si Kecil lho, Bun.

Madu bemanfaat untuk menjaga kesehatan anak, khususnya dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, madu dapat pula menstimulasi kecerdasan dan daya ingatnya. Madu menjadi makanan baik pada masa itu dan merupakan bentuk Cinta Bunda pada anak.

 

Tags:

Artikel Terkait