Home Tumbuh Kembang Anak Jenis Makanan Untuk Anak Autis

Jenis Makanan Untuk Anak Autis

2016-12-10 07:49:19 Jenis Makanan Untuk Anak Autis

Autis adalah gangguan pada perkembangan yang meliputi masalah komunikasi, interaksi sosial, dan juga aktivitas imajinasi. Pada anak autis, gejalanya terlihat di usia 3 tahun. Bahkan ada jenis autis yang bisa bisa dideteksi sejak lahir (autistic infinite).

Bunda, kenapa  autis menimbulkan kekhawatiran pada orang tua? Perlu Bunda ketahui bahwa penyandang autis diperkirakan 75% hingga 80% berpotensi mengalami retardasi atau keterbelakangan mental. Sementara hanya 20% dari mereka yang memiliki kemampuan tinggi dibidang tertentu. Pada umumnya, anak autis mengalami gangguan pada pola bermainnya, komunikasi, gangguan sensoris, gangguan interaksi sosial, dan juga perilaku dan juga emosi anak (Suran, dalam Kusumayanti 2011). Pada tahun 2000 diperkirakan bahwa angka kelahiran dengan autis adalah 1 anak per 250 kelahiran. Data ini didukung oleh hasil penelitian Center for Disease (CDC) Amerika Serikat.

Apa yang menyebabkan autis pada anak?

Penyebabnya belum pasti ditemukan. Beberapa faktor diyakini berkontribusi pada penyakit ini, seperti psikologi, fisiologi, dan juga sosiologi. Untuk menangani anak autis, maka kita pelru mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan dan juga pola makan anak autis.

Kondisi kesehatan anak autis

Setiap penderita autis tidak memiliki kondisi kesehatan yang sama. Para ahli sudah sepakat bahwa anak autis perlu melakukan diet bebas kasein dan gluten atau Casein Free Gluten Free=CFGF.

Diet ini tidak bisa diseragamkan, contohnya saja, anak autis yang mengalami riwayat alergi dan intoleransi makanan, tetapi ada pula anak yang tidak. Ada pula anak autis yang mengidap sindrom Phenol Sulfo Transferase (PTS) tapi ada pula yang tidak.

Maka dari itu, bagi orang tua,  wajib hukumnya untuk mempelajari kondisi anak terlebih dahulu sebelum menyusun diet yang tepat bagi anak autis.

Alergi makanan

Alergi makanan pada anak autis berhubungan dengan sistem imunnya. Jika anak alergi, maka anak akan muncul gejala seperti muntah, diare, bintik merah di kulit, pilek, dan juga pusing.

Intoleransi makanan

Intoleransi makanan disebabkan oleh adanya faktor genetika, intoleransi yang banyak ditemukan adalah  pada susu.

Sindrom PST

Kondisi ini adalah dimana anak sennsitif pada bahan makanan tertentu yang mengandung phenol. Dengan demikian, orang tua dengan anak autis harus mewasapadai makanan yang mengandung phenol, seperti pisang, apel, sukun, ubi, pear, singkong kentang, jeruk, talas, angur, dan buah-buahan.

Gangguan gizi

Anak autis harus diperhatikan benar pemberian gizinya. Hal ini karena anak autis cenderung memilliki kekurangan gizi berupa Zn, kalsim, magnesium, lemak omega 3, serta makanan, dan juga antioksidan serta aneka vitamin.

Bunda, bagi anak autis, diet makanan CFGF adalah diet yang dianjurkan oleh ara ahli. Berikut ini panduan diet CFGF secara garis besar yang bisa Bunda terapkan untuk anak autis:

Minggu pertama

Anak harus menghindari makanan terigu berupa mi. Carilah bahan makanan lain dengan bahan yang mirip yakni seperti tepung beras (bihun, spaghetti beras, kwetiaw beras, dll).

Minggu kedua

Kurang atau hindari makanan  biskuit. Ganti dengan biskuit dari tepung beras buatan sendiri ataupun yang dibeli dari toko makanan khusus anak autis.

Minggu ketiga

Kurangi atau hindari roti. Ganti dengan camilan bebas tepung, seperti makanan berbahan dasar singkong, ubi, jajan pasar tanpa terigu, kentang.

Minggu keempat

Kurangi atau hindari makanan dari susu sapi. Ganti dengan susu kedelai. Bisa pula mencoba susu kentang, susu dari air beras, atau susu kacang almon.

Minggu kelima

Anak harus menghindari makanan yang mengandung gula. Ganti dengan gula merah atau pengganti gula lainnya.

Minggu keenam

Buat jadwal makan buah-buahan untuk anak. Buah yang harus dihindari adalah apel, melon, angur, strawberry, dan tomat. Buah yang direkomendasikan adalah kiwi atau papaya nenas.

Bunda, makanan untuk anak autis memang harsu dipantau dengan seksama. Hal ini sangat penting untuk mempercepat proses terapi dan penyembuhan anak. Peran Bunda yang aktif dan selalu ingin belajar, sangat membantu pengasuhan anak autis agar ia mendapatkan masa depan yang lebih baik nantinya.

 

Artikel Terkait : 

  • Sebenarnya Anak Autis Itu Yang Gimana Sih ?
  • Bisakah Autisme Disembuhkan ?
  • Ternyata, Awal Keberhasilan Terapi Perilaku Anak Autis Berasal Dari Hal Ini!
  • Terapi Perilaku Bantu Tingkatkan Pemahaman Anak Autis! Berikut Prinsip Dasar Pelaksanaan Terapi Perilaku Untuk Si Kecil!
  • Anak Autis Awalnya Berkembang Seperti Anak Normal! Kenali Ciri Gangguan Autisme Sejak Dini Untuk Penanganan Lebih Cepat!
  • Kasus Anak Autis Semakin Meningkat! Kenali Faktor Penyebab Autisme!
  • Musik Ternyata Dapat Digunakan Untuk Terapi Anak Autis! Berikut Latihan Terapi Yang Dapat Bunda Berikan!
  • Gejala Autisme Bisa Dihilangkan Dengan Terapi! Berikut Yang Harus Bunda Ketahui Untuk Mengoptimalkan Terapi Si Kecil!

 

sumber:

Kusumayanti, Gusti Ayu. 2011. “Pentingnya Pengaturan Makanan Bagi Anak Autis”. Jurnal Ilmu Gizi. 2 (1), 1-8.

Tags:

Artikel Terkait