Home Daya Tahan Tubuh Apakah Probiotik Baik Untuk Si Kecil?

Apakah Probiotik Baik Untuk Si Kecil?

2017-03-24 08:35:32 Apakah Probiotik Baik Untuk Si Kecil?

Bunda,

Dalam dunia suplemen, probiotik adalah komoditas yang cukup diperhitungkan. Probiotik digunakan untuk menambah bakteri baik dalam tubuh dan dapat membantu memulihkan kondisi seperti sindrom iritasi usus, eksim, dan flu biasa. Orang dewasa dapat mengkonsumsi probiotik tanpa menimbulkan efek samping. Tapi bagaimana dengan Si Kecil? Apakah probiotik aman untuk Si Kecil? Inilah yang perlu Bunda ketahui sebelum memberikannya pada Si Kecil.

Apa Itu Probiotik?

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Probiotik memang ada secara natural dalam tubuh kita. Akan tetapi, probiotik ini juga bisa didapatkan dari makanan, minuman, dan suplemen. Tubuh kita membutuhkan bakteri tertentu agar tetap sehat. Tubuh sebenarnya memiliki sekumpulan bakteri alami yang bernama mikrobiom. Mikrobiom ini dapat membantu pencernaan, menyerap nutrisi, memproduksi sejumlah vitamin, melindungi tubuh dari patogen dalam makanan, dan melawan agen pengganggu tubuh seperti virus influenza dan senyawa karsinogenik. Mikrobiom terdiri dari bakteri baik dan buruk, virus, dan jamur. Mikrobiom terdapat pada kulit, usus, saluran urogenital, dan air liur kita.

Ketika tidak ada keseimbangan bakteri baik dan buruk dalam mikrobiom, maka tubuh akan mengalami infeksi atau penyakit. Dokter akan memberikan obat antibiotic untuk penyakit yang diakibatkan oleh bakteri. Namun ternyata antibiotic ini dapat melenyapkan beberapa bakteri baik yang menjaga serangan bakteri buruk. Sehingga infeksi sekunder bisa dengan mudah terjadi saat organisme buruk telah berkembang biak dan mengambil alih. Infeksi sekunder yang terjadi diantaranya infeksi jamur, infeksi saluran kemih, dan infeksi usus. So, Bunda perlu lebih teliti saat diberikan antibiotic oleh dokter.

Baikkah Probiotik Untuk Si Kecil ?

Mikrobiom telah ada dalam tubuh Si Kecil sejak mereka di dalam rahim dan berkembang sesuai usia mereka. Menurut Survei tahun 2012 yang dilakukan National Health Interview, probiotik adalah produk alami nomor 3 yang paling banyak digunakan oleh anak-anak di Amerika Serikat. Penelitian masih diperlukan untuk membuktikan manfaat dan risiko penggunaan probiotik pada anak-anak. Penelitian yang sudah ada diantaranya :

  1. American Family Physician Review menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengobati penyakit radang usus. Selain itu, fungsi lainnya dapat mengurangi durasi diare yang disebabkan oleh gastroenteritis. Ketika diberikan kepada ibu hamil dan menyusui, probiotik dapat mengurangi perkembangan eksim dan alergi pada bayi mereka.

  2. Sebuah studi yang diterbitkan di JAMA Pediatrics menemukan bahwa pemberian probiotik pada bayi dalam tiga bulan pertama kehidupannya dapat membantu mencegah kolik, sembelit, dan asam refluks.

  3. Penelitian tahun 2015 memaparkan fakta bahwa probiotik lebih baik daripada plasebo dalam mengurangi insiden dan durasi infeksi saluran pernapasan atas pada subyek penelitian. Konsumsi probiotik mengurangi penggunaan antibiotik dan pilek pada Si Kecil.

Minuman probiotik pada dasarnya dapat meningkatkan bakteri baik pada usus. Tetapi di dalam usus bayi di bawah usia 24 bulan pun sudah ada, sehingga biarkan bakteri baik ini berkembang secara sempurna tanpa suplemen tambahan. Minuman ini lebih tepat untuk orang dewasa yang mungkin sistem pencernaannya membutuhkan bantuan.

Bahan makanan alami yang mengandung probiotik

Alih-alih memberikan minuman probiotik, akan lebih baik bila Bunda memberikan bahan makanan alami yang mengandung probiotik seperti :

  1. Madu

Madu mengandung bakteri baik berupa viable lactobacilli (6 species) dan bifidobacteria (4 species), yang membantu pencernaan. Madu juga mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan probiotik yang memacu pertumbuhan bakteri baik pada usus. Madu juga mengandung beberapa jenis enzim yang membantu pencernaan.

  1. Yoghurt

Yogurt merupakan salah satu probiotik alami yang banyak kita kenal. Yogurt buatan sendiri tentunya lebih bagus untuk kesehatan daripada yogurt kemasan di supermarket. Yoghurt di sepermarket adalah susu yang ditambah dengan probiotik seperti lactobacillus atau acidophilus. Jika membeli di supermarket, perhatikan bahan-bahan tambahan yang terdapat pada produk yoghurt tersebut.

  1. Tempe

Makanan yang biasanya jadi menu sehari-hari di Indonesia ini juga kaya akan probiotik. Tempe berasal dari fermentasi kacang kedelai dan mengandung vitamin B12. Bunda dapat mengenalkan tempe pada Si Kecil sejak dini. Namun, perlu hati-hati juga bila Si Kecil ternyata memiliki alergi kedelai.

Bunda perlu hati-hati memberi minuman Probiotik pada Si Kecil

Pemberian minuman probiotik pada anak sejauh ini memang tidaklah berbahaya, karena memang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan dampak negatif pemberian probiotik untuk Si Kecil. Namun, Bunda perlu memperhatikan reaksi perut Si kecil setelah mengkonsumsi probiotik, apakah menjadi kembung atau tidak. Efek samping lain misalnya diare, begah, atau bisa juga menimbulkan alergi.


Sumber : healthline.com

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar