Home Tumbuh Kembang Anak 10 Hal Yang Paling Dibutuhkan Si Kecil dari Bunda

10 Hal Yang Paling Dibutuhkan Si Kecil dari Bunda

2017-03-20 07:00:51 10 Hal Yang Paling Dibutuhkan Si Kecil dari Bunda

Semua anak memiliki kebutuhan hidup dasar yang harus dipenuhi oleh setiap orangtuanya, mulai dari makanan, rumah, dan pakaian. Namun Bunda, sebenarnya bukan hanya hal yang bersifat materi saja yang ia butuhkan untuk mendapatkan kehidupan yang terbaik. Anak juga perlu rasa cinta dan rasa aman dari orang-orang disekitarnya. Jadi jika Bunda masih berpikiran bahwa hal yang bersifat materi sudah cukup membuat Si Kecil tumbuh dan kembang dengan optimal, maka hal ini perlu dipertimbangakn kembali. Pasalnya, ada beberapa hal yang dibutuhkan oleh setiap anak.

10 hal ini setidaknya dibutuhkan Si Kecil untuk masa tumbuh kembang yang berharga dan tak kan terulang kembali, baik yang bersifat materi atau emosional

  1. Penuhi kebutuhan sehari-harinya

Si Kecil perlu tahu bahwa ada orang-orang disekitarnya yang mencintainya. Mereka inilah yang memenuhi kebutuhan hidup Si Kecil dengan cara: memberi makan dengan yang terbaik saat lapar, menjaga agar Si Kecil tetap hangat dan aman dari bahaya, membantu Si Kecil ketika ia sakit atau sedih, dan banyak hal lainnya yang menjadi kebutuhan dasarnya.

  1. Rasa aman

Ketika Si Kecil merasakan aman, maka ia belajar mempercayai seseorang di sekitarnya. Ketika Si Kecil tidak merasa cemas atau takut, maka ia bisa hidup lebih sehat. Hal ini membantu mereka hidup lebih bahagia dan menikmati setiap hari yang dilaluinya.

  1. Cinta dan pelukan

Pelukan memberikan perasaan aman dan  juga nyaman bagi Si Kecil. Cobalah menggandeng tangannya, dan memangkunya, sesekali mencium dan menyayanginya,  hal ini lah yang bisa menjadi salah satu cara menunjukkan cinta pada Si Kecil.

Saling bercanda, mengelitik, dan juga bermian bersama merupakan saat berharga yang bisa Bunda habiskan untuk mengisi harinya.

  1. Puji Si Kecil

Sanjungan dibutuhkan Si Kecil saat ia sudah mencoba untuk melakukan sesuatu yang berat. Hal ini membuat mereka ingin melakukan hal ini lagi.

  1. Senyuman

Bukan hanya pelukan atau gandengan tangan  yang  bisa membuat nyaman Si Kecil, bahkan senyuman pun bisa jadi cara termudah untuk membuatnya merasa nyaman dan merasa bahagia. Jika Bunda tersenyum, maka Si Kecil juga akan turut belajar tersenyum.

  1. Saling berbicara

Sesibuk apapun Bunda, sediakan waktu untuk berbicara dengan Si Kecil, bahkan sebelum ia bisa berbicara. Suara dari Bunda bisa membuat Si Kecil yang masih bayi sekalipun untuk merasa aman dan juga lebih rileks. Si Kecil perlu sadar kalau ada Bunda di sisinya hingga ia merasa aman.

Waktu terbaik untuk berbincang dengan Si Kecil, adalah; saat hendak tidur, saat bermain bersama, bisa dalam bentuk membacakan cerita, sharing, atau bernyanyi bersama.

  1. Mendengarkan

Ketika Si Kecil sudah beranjak besar, maka ia mulai bisa menguasai lebih banyak kosa kata dan tahu cara berkomunikasi, dan membuat pertanyaan. Si Kecil perlu didengarkan untuk membuat perkembangnnya lebih optimal, terutama dalam hal komunikasi. Jangan lelah untuk menjawab pertanyaan yang diajukan Si Kecil, karena pada usia tertentu, ia akan lebih banyak bertanya tentang berbagai hal.

  1. Belajar hal baru

Tidak butuh mainan yang mahal untuk membuat Si Kecil mempelajari hal baru. Gunakan yang ada di sekitar untuk mengajari Si Kecil lebih banyak hal setiap harinya. Ajak ia berjalan –jalan, melihat pantai atau taman, maka di sana akan banyak hal baru yang bisa ditemukan dan Si Kecil akan belajar dari sana.

  1. Jaga perasaan Si Kecil

Terkadang Si Kecil mengalami kesulitan dalam mengungkapkan  pikiran atau perasaannya, baik ketika sedih atau ketakutan. Terlebih saat ia belum bisa lancar berbicara, karena hal itulah Bunda perlu tahu bagaiamana perasaan Si Kecil. Yang ia butuhkan ketika hal ini terjadi adalah rasa nyaman dan juga sedikit pengertian dengan bahasa yang mudah.

  1. Penghargaan

Setiap orang tua ingin Si Kecil memiliki perilaku yang baik. Jika Bunda memberikan perhatian pada tingkah Si Kecil, dan  memberi penghargaan khusus, maka akan memiliki kemauan untuk berbuat yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Tahukah Bunda, apakah penghargaan terbaik yang diterima Si Kecil? Yakni waktu dan perhatian Bunda. Cukup bagi Si Kecil merasa bahagia ketika bersikap baik dan Bundanya memberikan  perhatian padanya, sesekali tersenyum dan memujinya.

 

Sumber:

www.cyf.govt.nz. “The 10 Things Kids Need Most”. Diakses pada 14 Maret 2017.

Tags:

Artikel Terkait