Home Tumbuh Kembang Anak 5 Cara Membantu Si Kecil Fokus Belajar

5 Cara Membantu Si Kecil Fokus Belajar

2017-03-20 05:43:48 5 Cara Membantu Si Kecil Fokus Belajar

Belajar adalah salah satu aktivitas yang mewarnai hari Si Kecil saat usianya sudah mulai cukup untuk masuk sekolah. Oleh karena itulah Bunda, Si Kecil hendaknya sudah mulai belajar cara berkonsentrasi untuk anak agar menyerap apa yang ia pelajari. Tidak sedikit Bunda yang mengeluhkan bahwa Si Kecil sulit  belajar, berkonsentrasi dan fokus baik saat belajar di sekolah maupun di rumah.

Jika Bunda adalah salah satu yang mengalami kesulitan ini, maka ada baiknya membaca beberapa bahasan di bawah ini tentang cara membantu Si Kecil dalam fokus belajar. Beberapa poin ini seperti yang dilansir oleh greatschool.org, seperti:

  1. Menggerakkan tubuh

Belajar memang butuh kerja otak, namun jangan lupakan tubuh. Pasalnya, untuk membuat otak mampu bekerja maksimal dapat dipicu dengan menggerakkan tubuh karena hal tersebut bisa memotivasi kerja otak tersebut. Cobalah mengajaknya untuk berjalan-jalan atau bersepeda saat ke sekolah. Bisa juga dengan mengajaknya bermain di luar rumah sesekali. Solusi lainnya adalah dengan melakukan beberapa aktivitas perkerjaan rumah atau berolah raga. Kegiatan ini akan membantu anak untuk lebih baik dan fokus dalam berpikir.

  1. Matikan handphone dan televisi

Salah satu alasan kenapa Si Kecil sulit berkonsentrasi saat belajar adalah karena banyak gangguan di sekitarnya, mulai dari televisi hingga handphone. Karena itulah Bunda, sebelum membantu Si Kecil mengerjakan PR atau belajar, maka pastikan bahwa gangguan tersebut sudah diminimalisir, yakni dengan mematikan TV dan juga mematikan HP. Pastikan pula bahwa tempat ia belajar jauh dari jangkaun benda tersebut agar ia tak tertarik untuk menyalakannya kembali. Jika ia tak perlu belajar dengan computer maka pastikan pula untuk mematikan komputer karena bisa membuat Si Kecil tak fokus belajar.

  1. Buat to do list

Banyaknya  kegiatan dan juga PR yang harus dikerjakan oleh Si Kecil.  Bantulah ia dalam mengatur semua hal tersebut dengan membuat daftar atau to do list hingga bisa melakukan hal yang penting lebih dahulu sebelum melakukan hal lainnya. Setiap daftar yang dibuat bisa melibatkan kegiatan dalam sehari atau seminggu. Lalu, bantu ia melewati satu per satu tugas yang harus ia kerjakan dan diselesaikan.

  1. Gunakan sinyal

Bunda harus mengkondisikan suasana belajar Si Kecil agar tetap tenang dan nyaman. Buatlah sinyal yang bisa Bunda dan Si Kecil pahami bersama. Contohnya saja, ketika Bunda menunjuk pada buku PR Si Kecil, maka itu artinya Si Kecil harus segera mengerjakan PR tersebut. Beberapa sinyal dasar bisa Bunda gunakan untuk membantu Si Kecil tetap fokus pada hal yang ia pelajari.

  1. Beri istirahat

Ketika belajar atau mengerjakan PR, maka pastikan kalau Si Kecil memiliki waktu istirahat. Misalnya saja ketika sudah belajar selama 10 atau 20 menit, maka biarkan ia bangun dan melakukan beberapa gerakan sebelum kembali belajar, bisa dengan minum dulu sebelum kembali mengerjakan PR mereka. Bunda, Si Kecil pun butuh istirahat otak ketika belajar. Lama istirahat atau lama belajar bisa disesuikan dengan usianya.

Begitulah beberapa cara untuk membuat Si Kecil lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar. Beberapa Bunda mungkin memiliki trik dan cara sendiri dalam membantu Si Kecil belajar, tetapi beberapa cara di atas pantas dicoba, Bunda.

 

Sumber:

http://www.greatschools.org. “5 Ways to Help Your Child Focus”. Diakses pada 14 Maret 2017

Tags:

Artikel Terkait