Home Anak Susah Makan Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Camilan Sehat Untuk Si Kecil

2017-02-13 07:15:19 Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Dear Bunda, aktivitas ngemil adalah satu aktivitas yang disukai Si Kecil, dan tidak selamanya ngemil itu buruk. Ngemil yang bernutrisi dapat membantu mengekang rasa lapar Si Kecil sepanjang hari, serta memberikan energi dan nutrisi penting. Yuk, cari tahu bagaimana ketentuan membuat camilan sehat untuk anak :


Tips Camilan Sehat Untuk Anak


1. Jauhkan Si Kecil dari junkfood

Bila Bunda sedang berada di supermarket bersama Si Kecil, berikan ia pilihan camilan yang sehat. Jangan sampai Ia menuntut kue manis, permen, atau keripik yang mengandung MSG.

2. Pilih yang terbuat dari gandum

Saat ke supermarket bersama Si Kecil, pilihkan makanan yang terbuat dari gandum misalnya biscuit gandum. Tekstur biskuit gandum memang lebih kasar dibanding biskuit biasa karena mengandung bulir-bulir gandum. Namun, tekstur kasar itulah yang menjadi nilai lebih, yakni lebih kaya serat, mineral dan vitamin, seperti vitamin B1, B2, B6 dan B12. Gandum utuh juga baik untuk melancarkan fungsi pencernaan, bekal untuk mencegah kanker usus.  

3. Mix and match

Bunda bisa menyajikan salad segar yang terdiri dari beberapa buah yang disukai Si Kecil. Buah seperti apel, pear, melon, dan alpukat dapat dikombinasikan dengan taburan keju dan saus mayonese yang yummiiee…

4. Perbanyak menu

Tawarkan pula buah-buahan yang jarang Ia makan seperti buah naga, blueberries, anggur. Biarkan Si Kecil memilih aneka buah yang belum pernah Ia cicipi. Biarkan Ia bereksplorasi mengkombinasikan buah tersebut dengan aneka snack lain.

5. Buatkan camilan manis

Camilan sehat untuk anak-anak tidak harus hambar. Bunda bisa menawarkan pudding atau yogurt untuk Si Kecil. Membuat smoothie dengan susu, yogurt, dan buah segar juga bisa menjadi alternatif.

6. Biarkan Si Kecil memilih

Bunda, ajaklah Si Kecil untuk memilih bahan-bahan di lemari es. Taruh pula camilan sehat di meja yang tersusun rapi sehingga menarik perhatiannya untuk memilih camilan yang Ia sukai.

7. Jangan tertipu oleh label “rendah lemak”

Makanan yang dipasarkan di supermarket dengan label rendah lemak atau bebas lemak ternyata masih mungkin mengandung kalori dan sodium yang tinggi. Demikian juga, makanan disebut-sebut sebagai bebas lemak kolesterol ternyata berpeluang mengandung lemak jenuh dan gula. Periksa label nutrisi untuk mengetahui presentase seluruh kandungan nutrisi.


Tugas Bunda adalah memastikan Si Kecil mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk tumbuh kembangnya, tak hanya dari makanan utamanya, tapi juga dari camilannya. Bunda mesti selektif dalam menyediakan camilan tersebut. Pola makan yang baik akan terbawa ke sekolah dan tempat lain. Sehingga dapat meminimalisir Si Kecil untuk jajan di luar. So, Ajari Si Kecil untuk membuat pilihan camilan yang sehat sekarang. Ini akan membantu mengatur pola makan yang sehat baginya Bunda.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar