Home Tumbuh Kembang Anak Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Yang Penurut

Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Yang Penurut

2017-01-16 04:40:45 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Yang Penurut

Cara mendidik anak agar nurut, mengajari anak tentang ketaatan dan kepatuhan memang tidak mudah. Ada banyak tantangan yang harus ditaklukkan. Sering kali anak justru memberi respon yang melawan, memberontak, atau malah rewel.

Tanpa menghiraukan reaksi anak tersebut, sangat penting bagi Bunda dan orang tua untuk mengajarkan anak tentang pentingnya ketaatan. Cara mendidik anak agar nurut memang cukup sulit, oleh karena itu butuh kesabaran dan ketelatenan dari Bunda.

Berikut ini ada 4 cara mendidik anak agar nurut, untuk membuatnya belajar tentang ketaatan dan kepatuhan:

  • Bicaralah dengan kalem tapi tegas

Berbicara pada anak, tidak diperlukan nada suara yang tinggi atau membentak, karena justru akan membuat anak menjadi resisten terhadap semua perkataan Bunda. Justru, cara bicara yang baik adalah dengan nada yang kalem , namun tegas.

Terlebih ketika kita mengajarkan pada anak tentang aturan-aturan  dan batasan-batasan  yang harus ia terapkan. Nada marah atau membentak Bunda jutsru akan membuat anak jauh dari kata nurut, karena ia justru akan mengangap Bunda sebagai “bahaya” yang harus dihindari dan dijauhi.

  • Berikan contoh

Anak adalah peniru yang baik, dan semua Bunda tahu akan hal ini. Ia akan menyerap apapun yang masuk lewat mata dan telinganya, baik yang baik atau yang buruk. Jadi jangan heran jika ketika kita suka membentak, maka anak juga bisa membentak balik ke Bunda.

Energi negative yang Bunda lepakan akan di tanggapi pula dengan negative oleh anak. Oleh karena itu, jika Bunda ingin mengajarkan ia akan karakter yang baik, maka tunjukkan padanya dengan demonstrasi yang nyata, bukan sekedar nasehat-nasehat saja.

  • Konsisten

Ketika Bunda sudah menentukan  satu aturan dan batasan tertentu, maka tetaplah konsisten dan jangan merubahnya. Sering kali anak akan menguji keteguhan Bunda misalnya seperti ia yang suka merengek, rewel, dan juga memberontak.

Tapi, ini hanyalah ujian sementara. Jika Bunda tangguh dan tidak menyerah, maka anak akan menyerah juga. Jadi, jangan biarkan Bunda yang menyerah, konsistenlah pada aturan yang dibuat sebelumnya.

  • Berikan penghargaan pada anak

Tawarkan anak reward atau penghargaan khusus pada anak jika ia melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang Bunda buat. Ketika anak nurut atau taat, Bunda bisa memberikan penghargaan seperti waktu bermain yang lebih panjang atau membawanya untuk menonton film.

Hal ini bisa membuatnya merasa melakukan hal yang benar, dan akan menaatinya dalam waktu berikutnya.

Bunda, apakah anak Bunda sudah jadi anak yang patuh? Kalau belum, maka Bunda bisa terapkan beberapa cara mendidik anak agar nurut di atas. Tapi, sebelum itu, kita harus menilik dulu kedalam diri sendiri, sudahkah kita melakukan apa yang kita perintahkan kepada anak?


Tags:

Artikel Terkait