Home Tumbuh Kembang Anak Cara Mendidik Anak Laki Laki Yang Bunda Harus Tau

Cara Mendidik Anak Laki Laki Yang Bunda Harus Tau

2016-12-15 11:15:00 Cara Mendidik Anak Laki Laki Yang Bunda Harus Tau

Bunda, mudahkah mendidik anak itu? Apa saja yang Bunda lakukan untuk membentuk pribadi anak yang Bunda harapkan?

Bunda, nyatanya, mendidik anak bukanhlah perkara mudah. Apalagi jika Bunda memiliki cita-cita untuk memiliki anak yang berkarakter baik. Satu lagi yang harus Bunda ketahui bahwa ternyata untuk mendidik anak laki-laki khususnya, tidaklah mudah. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Bunda terapkan untuk membentuk anak yang mengagumkan:

  1. Tunjukkan rasa sayang

Bunda tentu menyadari bahwa anak laki-laki cenderung lebih sulit menunjukkan rasa sayang dan juga perhatian. Untuk itulah Bunda, kita perlu mengajarkan anak kita tentang rasa sayang dan perasaan tidak malu untuk mengungkapkannya. Nyatanya anak laki-laki cendeurng tidak mau dibilang cengeng atau manja jika mereka menunjukkan perasaan sayang mereka, sehingga mereka cenderung lebih cuek dan juga “dingin”, apalagi jika mereka sedang bersama teman sepermainannya.

  1. Memberi dukungan tanpa batas

Seorang anak, khususnya anak laki-laki haruslah tumbuh menjadi pria yang penuh percaya diri. Untuk itulah, Bunda berperan dalam memberikan dukungan pada apa yang anak cita-citakan. Jika anak terlalu dikekang, maka akan kecillah rasa percaya dirinya, dan ia tak akan bisa tumbuh menjadi pria pemberani di masa depan. Bunda, perlu diingat bahwa anak laki-laki sekalipun perlu dukungan dari Bunda untuk tumbuh menjadi pria yang mengagumkan. Kenapa? Karena Thomas Alfa Edison sampai Michael Jordan pun bisa tumbuh menjadi pria luar biasa dengan dukungan yang luar bisa pula dari ibu mereka.

  1. Bermain bersama

Bunda, agar anak menjadi pria yang disiplin dan mandiri, tidak melulu apa yang Bunda ajarkan adalah tentang aturan-aturan saja. Namun kegiatan bermain, menari bersama, dan menonton acara musik bisa menjadi cara Bunda untuk mendidik anak agar ia tumbuh menjadi prialuar biasa. Biarkan anak mempelajari banyak hal yang bisa masuk selain dari apa yang Bunda berikan. Dengan melihat sekitar, mendengar banyak hal, dan juga memperhatikan lingkungan, maka anak akan bisa memperoleh banyak hal, bahkan lebih banyak dari yang bisa Bunda ajarkan dan ceritakan padanya.

  1. Cinta tanpa syarat

Cinta adalah satu hal yang harus diajarkan pada anak. Jadikan anak kita orang yang bisa mencintai dengan tulus dan tanpa syarat. Kenapa anak butuh belajar tentang cinta? Karena dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi seseorang yang mudah memahami sesama dan segala peritiwa yang ada di sekitarnya.

  1. Keberadaan seorang ayah yang baik

Tentu kita tidak bisa menampik bahwa keberadaan figur ayah yang baik bisa turut mempengaruhi pendidikan anak. Yang perlu Bunda perhatikan di sini adalah, tetap jadikan ayah sebagai sosok sempurna di hadapan anak, meskipun Bunda tahu semua kekurangan sang ayah. Berikan anak sosok yang bisa ia tiru (dalam hal positif). Bila seorang anak tidak memiliki sosok ayah yang mendampingi kehidupannya, maka Bunda bisa memberikan contoh seorang laki-laki yang bisa dijadikan panutan. Ceritakan pada anak bagaimana hebatnya laki-laki itu, sosok ini bisa om, paman, kakek, ataupun guru sekolah anak.

  1. Menjadi bintang idola anak

Anak lelaki sekalipun tetap akan memandang Bundanya sebagai sosok yang dilihat pertama kali ketika ia menghadapi masalah. Anak akan lari ke pelukan Bundanya ketika ia menghadapi masalah apapun, bahkan bisa dikatakan kalau kebiasaan ini akan selau ada hingga anak kita dewasa nantinya. Untuk itu berperilakulah layaknya seorang bintang idola yang bisa dijadikan idola dengan segala perilaku yang bisa ditiru oleh anak.

  1. Berikan kenyamanan

Bunda, untuk manjadikan anak menjadi pria disiplin, tidak harus dengan menjadi Bunda yang “galak”. Namun Bunda, meskipun Bunda menjadi sosok yang galak di hadapan anak, anehnya, ada fenomena aneh yang terjadi, bahwa seorang anak tetap akan merindukan ibunya meskipun telah merantau bermil-mil jauhnya. Anak tetap merasanyaman dengan keberadaan sang ibu. Bunda, sikap disiplin boleh saja diterapkan, namun berikan pula penghargaan atas upaya anak kita dalam mematuhi setiap peraturan yang Bunda buat.

  1. Menghormati orang lain

Salah satu cara mendidik anak laki-laki, adalah dengan mengajarkan ia menghormati orang lain. Rasa hormati menghormati adalah salah satu nilai yang wajib diajarkan kepada anak untuk membentuk karakternya. Bunda untuk membangun sikap ini, maka ajarkan anak untuk menghormati orang lain, termasuk kepada ayahnya, anak saudara, orangtua, maupun kepada tetangga di sekitar rumah kita. Anak, khususnya anak laki-laki harus memahami sejak sedini mungkin bahwa sikap arogan adalah hal yang bisa menyakiti orang lain.

  1. Mengetahui tanggung jawab

Tanggung jawab adalah hal yangterlihat dari pria dewasa. Cara mendidik Bunda bisa membentuk karakter seorang anak, entah ia akan sukses atau tidak di masa depan. Khususnya di pergaulan, baik pertemanan atau dengan lawan jenisnya, maka pendidikan yang Bunda berikan maka akan membentuk anak yang berkepribadian baik dan juga bertanggung jawab. Sehingga Bunda harus mengajarkan rasa tanggung jawab pada anaknya, seperti bisa diterapkan dalam contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sarapan tepat waktu menjemput anak pulang sekolah tepat waktu, dan juga menemani mereka dalam belajar.

  1. Keterbukaan

Saat Bunda bercerita pada anak tentang masa lalu, bisa menjadi cara mendidik anak yang cukup efektif. Bercerita atau sharing ini bisa mengajarkan anak bahwa ibunya tak keberatan berbagi rahasia dengan anaknya. Jika Bunda ingin menjadi orang pertama yang mendengar cerita pertamanya, seperti mengetahui siapa gadis idamannya kelak ia dewasa nantinya, maka Bunda harus memulainya dari sekarang.

Ternyata sosok seorang ibu bagi anaknya memberi pengaruh bagi perkembangan baik fisik, psikologis  maupun emosional. Masukan apa yang Bunda berikan saat ini, akan menjadi bekalnya di masa depan nanti dan membentuk jati dirinya yang tak akan pernah lepas lagi.

Sumber:

Disadur dari the asian parent accessed 2016, 13 December. 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pria Mengagumkan.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar