Home Daya Tahan Tubuh Flu dan Anak: Pedoman untuk Bunda Ketika Anak terkena Flu

Flu dan Anak: Pedoman untuk Bunda Ketika Anak terkena Flu

2016-12-31 06:26:56 Flu dan Anak: Pedoman untuk Bunda Ketika Anak terkena Flu

Influenza atau yang kita kenal dengan flu adalah sebuah infeksi pada hidung, tenggorokan, dan juga paru-paru yang disebabkan oleh virus influenza. Berdasarkan sebuah publikasi, The Flu: Guide for Parents”, U.S. Department of Health and Human Services, flu yang tampak sebagai penyakit remeh ini ternyata bisa mengakibatkan seorang anak sakit, opname ke rumah sakit, dan bahkan bisa menyebabkan kematian di Amerika setiap tahun. Oleh karena itu, dirasa penting bagi orangtua untuk mengetahui mengenai penyakit flu dan juga penanganannya yang tepat.

Bagaimana flu bisa menular?

Banyak ahli yang mempercayai bahwa virus flu bisa menyebar lewat cairan kecil-kecil seperti kabut udara dari orang dengan flu yang bersin, batuk, dan bicara. Cairan inilah yang bisa jatuh ke mulut, telinga pada orang yang berada di dekatnya. Selain itu, orang bisa terjangkit saat menyentuh sesuatu yang mengandung virus flu yang kemudian menyentuh mulut, mata atau telinga.

Gejala flu

Gejala flu bisa berupa demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, hidung tersumbat, sakit pada tubuh, sakit kepala, menggigil, kelelahan, dan terkadang muntah. Meskipun demikian, ada beberapa orang yang terjangkit yang tidak memiliki gejala demam. Saat gejala flu ini menyerang, obat batuk pilek anak sering menjadi andalan  Bunda. Fungsi obat pilek anak ini untuk meredakan gejala flu, bukan menghilangkan virus flu itu sendiri.

Bagaimana jika anakku terkena flu?”

Pastikan anak kita mendapat istirahat yang cukup, dan minum banyak air putih. Jika Anak Bunda ingin pergi sekolah atau pergi keluar rumah saat flu, maka sebaiknya tidak Bunda ijinkan karena seorang dengan flu harus istirahat di rumah dan untuk menghindari tertularnya flu kepada anak yang lainnya. Anak Bunda bisa mulai masuk sekolah setelah demam hilang satu hari atau 24 jam setelahnya. Baru setelah itu, anak Bunda bisa masuk ke sekolah.

Bunda, mengingat flu sangat mudah menyerang maka akan lebih baik jika Bunda mencari alternatif pencegahan yang lebih baik, yakni dengan:

  • Jauhkan anak dari orang yang sakit
  • Tutup mulut dan hidung dengan tistyu ketika batuk atau bersin
  • Cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Jika kebetulan tidak tersedia air dan sabun, maka Bunda bisa mengguankan alcohol untuk memberishkan tangan.
  • Hindari menyetuh mata, hidung, dan mulut, karena kuman bisa menular dengan mudah
  • Bersihkan permukaan benda yang terindikasi telah terkontaminasi dengan kuman dan penyebab penyakit, termasuk kamar mandi, meja dapur, dan mainan anak, bersihkan dengan disinfektan yang Bunda sering gunakan berdasarkan petunjuk pemakaian yang benar.

 

Sumber:

The Flu: Guide for Parents”. U.S. Department of Health and Human Services (Center of Disease Control and Prevention). August 2015.

Tags:

Artikel Terkait