Home Cerita Bunda Pilek Yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Sebabkan Sinusitis Loh Bunda!

Pilek Yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Sebabkan Sinusitis Loh Bunda!

2016-12-30 05:16:17 Pilek Yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Sebabkan Sinusitis Loh Bunda!

Dear Bunda,

Si Kecil sering terkena pilek gak Bunda? Jika iya, Bunda sepertinya harus waspada nih karena pilek yang terjadi secara berulang dan berkepanjangan dapat menyebabkan sinusitis. Tapi sinusitis itu apa ya Bunda? Bahaya gak buat Si Kecil?

Sinusitis merupakan sejenis peradangan atau infeksi di dalam rongga hidung. Di sekitar rongga hidung terdapat beberapa ruangan yang disebut sinus. Sinus yang paling besar berada di samping hidung, lainnya berada di pangkal hidung dan belakang hidung. Dan muara dari rongga sinus ini akan berlabuh di dalam hidung.

Sinus berfungsi untuk mengatur suhu udara yang dihirup agar lebih sesuai dengan tubuh. Pada keadaan yang normal, rongga kosong dari sinus tidak berisi cairan. Namun apabila Si Kecil mengalami pilek yang terlalu lama, maka rongga tersebut akan dipenuhi dengan lendir. Lendir yang terkontaminasi dengan kuman akan berubah menjadi ingus.

Gejala dari sinus dapat berupa demam selama 10 hingga 14 hari, adanya lendir yang berwarna kuning kehijauan dari hidung, hidung mampet sehingg indera penciuman pun akan semakin berkurang, sakit kepala, bau nafas, serta bengkak dan nyeri pada daerah sinus yang terinfeksi.

Jika sinusitis diperkirakan penyebabnya berupa infeksi bakteri, maka Si Kecil akan mendapatkan antibiotik. Namun jika sinusitis bukan disebabkan karena bakteri, maka Si Kecil tidak akan diberikan antibiotik. Apabila pemberian obat tersebut tidak dapat membantu mengurangi dampak dari sinusitis, maka Si Kecil harus melakukan operasi pengambilan cairan dari sinus.

Sebenarnya, penyebab sinusitis juga dapat berasal dari gigi geligi. Apabila Si Kecil mengalami infeksi akar gigi pada rahang atasnya (khusus bagian geraham atas), maka infeksi dari gigi tersebut dapat menjalar sampai ke rongga sinus.

Bunda pasti gak mau kan Si Kecil terkena sinusitis? ;)

Berikut kami berikan tipsnya agar Si Kecil tidak terkena sinusitis. Yuk Bunda bareng-bareng kita simak :)

  1. Meminta Si Kecil untuk menghirup uap hangat melalui hidungnya.
  2. Menggunakan pelega sumbatan oral atau semprotan pelega sumbatan hidung (pelega pernafasan) untuk jangka waktu pendek atau sementara.
  3. Mengompres sekitar hidung, pipi, dan mata dengan handuk yang dibasahi air hangat untuk mengurangi nyeri pada wajah.
  4. Meminum banyak cairan agar lendir tidak mengental.
  5. Mengeluarkan lendir secara perlahan dengan menutup satu lubang hidung pada saat mengeluarkan lendir dari lubang hidung satunya.
  6. Jika Si Kecil memiliki alergi, Bunda perlu menghindarkan Si Kecil dari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi tersebut. Namun jika tidak dapat dihindari, maka Bunda dapat menggunakan obat atau semprotan hidung berdasarkan resep dokter untuk mengendalikan serangan alergi.

Ada baiknya jika Si Kecil mengalami pilek, segerakan untuk memberikannya obat ya Bunda agar pileknya dapat segera sembuh dan Si Kecil terhindar dari sinusitis. Daya tahan tubuh Si Kecil pun perlu ditingkatkan dengan memberikan lingkungan yang sehat dan nutrisi yang seimbang. Yuk berikan yang terbaik untuk kesehatan Si Kecil ;)

 

Sumber: Chomaria, N. 2015.  Panduan Terlengkap Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. Solo: Cinta.

Tags:

Artikel Terkait