Home Cerita Bunda Haruskah Melarang Si Kecil Bermain Gunting? Ajarkan Ini Yuk Bunda Agar Menggunting Menjadi Semakin Seru!

Haruskah Melarang Si Kecil Bermain Gunting? Ajarkan Ini Yuk Bunda Agar Menggunting Menjadi Semakin Seru!

2017-01-11 05:26:50 Haruskah Melarang Si Kecil Bermain Gunting? Ajarkan Ini Yuk Bunda Agar Menggunting Menjadi Semakin Seru!

Dear Bunda,

Bunda pasti ketakutan ya jika melihat Si Kecil memegang gunting. Takut kena gunting lah, takut berdarah lah, dan kekhawatiran Bunda yang lain. Namun, sebenarnya bermain gunting ini sangat menyenangkan loh bagi Si Kecil. Bahkan hampir semua benda yang ia temui akan ia gunting, iya gak Bunda? :D

Untuk menghindari kegiatan yang mungkin akan merusak perabotan rumah, Bunda bisa nih mengarahkan Si Kecil untuk mengajak Si Kecil ke arah yang lebih positif dalam bermain gunting. Tapi inget ya Bunda, agar lebih aman, ada baiknya Bunda membelikan gunting khusus dengan ujung yang tumpul untuk digunakan Si Kecil ;)

 

>> Terus caranya gimana ya Bunda agar bermain gunting bisa menjadi lebih menyenangkan?

  1. Mengendalikan penggunaan gunting

Si Kecil sering kali mengalami kesulitan apabila memotong kertas dengan gunting. Sehingga Si Kecil perlu melakukan latihan untuk menggunakan gunting dan memotong.

Bunda dapat memulai mengajari Si Kecil untuk menggunting sesuka hatinya pada kertas yang agak kaku. Biarkan Si Kecil menggunting menjadi potongan kecil. Lalu kemudian Bunda dapat mengajarkan Si Kecil secara bertahap, hingga kemudian sampai pada tahap tersulit, yaitu menggunting mengikuti garis pola.

 

  1. Mengendalikan kondisi kertas

Kebanyakan anak akan merasa kesulitan untuk memegang kertas ketika ingin mengguntingnya, akibatnya kertas menjadi sulit untuk digunting. Bunda dapat menunjukkan kepada Si Kecil bagaimana memegang kertas agar mudah digunting.

Jepitlah bagian tepi kertas dengan jari jemari pada tangan kiri hingga kertas menjadi lebih kaku. Kertas yang lebih kaku akan lebih mudah digunting dibandingkan dengan kertas yang lemas.

Untuk awalnya, Bunda dapat mengajari Si Kecil dengan membuat sobekan kecil dari kertas, kemudian secara bertahap membuat sobekan yang lebih besar. Setelah Si Kecil sudah mulai menguasainya, selanjutnya dengan menyobek potongan yang panjang, kemudian menyobek kertas mengitari sudut kertas, dan yang terakhir menyobek kertas mengitari sebuah gambar.

 

  1. Menggabungkan semuanya

Setelah Si Kecil benar-benar menguasai penggunaan gunting dan cara memegang kertas, maka Si Kecil sudah bisa diajak bermain dengan menyatukan kedua ketrampilan ini nih Bunda. Bunda dapat memulainya dengan menggambarkan garis pada kertas untuk selanjutnya dapat digunting Si Kecil. Selanjutnya Bunda dapat meningkatkan tingkatannya dengan memotong kertas berdasarkan pola yang telah Bunda buat.

 

>> Dengan bermain gunting, kira-kira apa ya manfaatnya untuk Si Kecil?

Ketrampilan menggunakan peralatan sebenarnya sangat penting bagi perkembangan Si Kecil. Dan proses penguasaan ketrampilan dalam menggunakan gunting akan berjalan sangat lambat dan sulit, terutama dalam mengendalikan tangan.

Namun, apabila pengendalian tangan serta koordinasi antara tangan dan mata Si Kecil sudah semakin baik, maka Si Kecil pun akan mampu menggunakan peralatannya dengan semakin mudah.

Yuk Bunda dampingi Si Kecil dan selalu berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk mengembangkan ketrampilannya ;)

 

 

Sumber: Prasetyono, DS. 2008. Biarkan Anakmu Bermain. Yogyakarta: DIVA Press

Tags:

Artikel Terkait