Home Tumbuh Kembang Anak Ini Manfaat Ajak Si Kecil Bermain di Luar Ruangan

Ini Manfaat Ajak Si Kecil Bermain di Luar Ruangan

2016-12-31 05:58:04 Ini Manfaat Ajak Si Kecil Bermain di Luar Ruangan

Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan bagi anak, apalagi jika dilakukan di luar ruangan atau outdoor. Namun, di jaman ini, jarang sekali kita jumpai anak-anak yang bermain ditaman atau di tanah lapang bersama teman-temannya yang lain. Lazimnya, saat ini anak lebih banyak menghabiskan harinya untuk bermain tablet atau memegang smartphone untuk bermain game. Padahal tablet untuk anak dan berbagai gadget lainnya belum tentu memberi manfaat yang lebih banyak bagi anak dibanding bermain permainan fisik.

Sebenarnya, perlu gak sih aktivitas bermain itu?

Begini Bunda, bermain adalah hal yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak. Bermain adalah tentang bersenang-senang, meskipun demikian, bermain juga bisa mengundang manfaat yang tak akan Bunda duga sebelumnya.

Bermain mengasah otak anak

Menurut Feffrey Goldstein, bermain bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak, merangsang pembangunan neural connection dan membuat anak semakin meningkat intelegensinya. Berbagai permainan anak bisa membantu dalam hal ini.

Dengan aneka permainan ini, anak bisa belajar beradaptasi menghadapi perubahan yang terjadi di sekitarnya serta belajar menerima perasaan emosional temannya. Dengan bermain, anak belajar untuk hidup berdampingan dengan yang lainnya sehingga ia bisa belajar memecahkan masalah yang dihadapi.

Bermain bermanfaat bagi emosional anak

  • Bermain bisa mengurangi rasa takut, kecemasan, stress, dan sifat lekas marah
  • Bermain menciptakan kesenangan, keakraban, dan kepercayaan diri
  • Bermain menigkatkan fleksibilitas emosional dan keterbukaan seorang anak
  • Bermain membuat anak lebih tenang, lebih bahagia, dan mampu beradaptasi pada perubahan yang terjadi
  • Bermain dapat menyembuhkan luka emosional

Manfaat bermain pada kehidupan sosial anak

  • Bermain bisa meningkatkan rasa empati anak, dan keinginan untuk berbagi
  • Bermain bisa meningkatkan kemampuan verbal anak
  • Bermain bisa meningkatkan rasa kasih sayang dan perhatian seorang anak

Manfaat bermain pada fisik anak

  • Bermain bisa menciptakan kondisi emosi anak yang positif hingga bisa meningkatkan efisiensi imunitas tubuh, endokrin dan sistem kardiovaskuler
  • Bermain bisa mengurangi stress, kelelahan, kejenuhan, dan perasaan depresi pada anak
  • Bermain meningkatkan kelincahan anak, kecerdasan, sistem koordinasinya, keseimbangannya, fleksibilitasnya, dan memberinya lebih banyak ruang untuk eksplorasi.

Nah, setelah mengetahui sederet manfaat dari bermain, Bunda, mari ajak anak lebih banyak bermain. Ajarkan ia bersosialisasi dengan temannya, dan biarkan ia memasuki dunia anak yang sempurna dan luas. Karena sesungguhnya dunia anak tidak sebatas pada ruang tablet dan gadget. 

Biarkan kaki, tangan, dan juga fisiknya menjelajah lebih banyak tempat, merasakan  berbagai petualangan dan keseruan berbagai permainan, salah satunya dengan mengajak anak ke taman. Dengan begitu, berarti Bunda sudah mempersembahkan dunia anak yang sesungguhnya, dunia yang penuh warna dan petualangan yang seru dan asyik, bukan dunia di depan gadget dan televisi.

Sumber:

Feffrey Goldstein. 2012. “Play in Children’s Development, Health and Well-Being

Tags:

Artikel Terkait