Home Tumbuh Kembang Anak Agar Si Kecil Tak Gampang Sakit, Ini Dia 5 Cara Mudah untuk Jaga Kesehatannya !

Agar Si Kecil Tak Gampang Sakit, Ini Dia 5 Cara Mudah untuk Jaga Kesehatannya !

2016-12-31 07:06:18 Agar Si Kecil Tak Gampang Sakit, Ini Dia 5 Cara Mudah untuk Jaga Kesehatannya !

Dalam cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, seringkali anak-anak menjadi lebih mudah terserang penyakit, terutama penyakit ringan seperti batuk atau pilek. Lalu bagaimana caranya untuk mencegah Si Kecil jatuh sakit?

Bunda bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh Si Kecil dengan membiasakan pola hidup sehat, diantaranya dengan 5 cara berikut ini :

  1. Menyediakan makanan sehat

Bunda perlu memastikan Si Kecil mengonsumsi buah-buahan dan sayuran cukup dalam menu hariannya, Bunda dapat memilih buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan antioksidan Keduanya adalah nutrisi alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selalu sediakan buah-buahan seperti pepaya, stroberi, jambu biji, tomat, blueberry dan sayuran seperti brokoli.

  1. Mengurangi asupan gula

Diet tinggi gula sudah dikenal dapat melemahkan kekebalan tubuh serta kemampuan tubuh dalam melawan kuman. Dalam penelitian dinyatakan bahwa satu sendok teh gula mampu menekan sistem kekebalan tubuh hingga empat jam ! Oleh karena itu, Bunda perlu mengurangi pemberian makanan manis pada Si Kecil, misalnya permen atau cokelat.

  1. Menjadwalkan jam tidur yang teratur

Dampak kurang tidur tidak hanya bisa menyebabkan penyakit pada orang dewasa, melainkan anak-anak justru lebih rentan terserang penyakit karena kurang tidur. Bunda perlu memastikan Si Kecil memiliki jam tidur yang teratur dan rutin. Jangan biarkan Si Kecil tidur larut malam atau tidak tidur siang.

  1. Menjaga kebersihan di rumah.

Perhatikan kebiasaan Si Kecil di rumah. Biasakan Si Kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta saat baru pulang dari sekolah atau sepulang bermain dari luar rumah. Selalu bawa tisu basah jika Bunda hendak bepergian dengan Si Kecil.

  1. Mengajak Si Kecil latihan

Ajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik seperti berenang, bersepeda, atau olahraga lainnya, misalkan senam. Manfaat senam untuk anak usia dini sangat besar. Menurut Zita Anjani, pengamat dan penggiat pendidikan anak usia dini dan juga founder Kids Republic, senam mampu melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh serta dapat membantu meningkatkan perkembangan motorik anak.

"Secara alami, secara natural pertumbuhan fisik kita ebih lama dibandingkan otak. Otak kita lebih cepat berkembang. Jadi olahraga, aktivitas fisik sangat perlu diperkenalkan sejak usia dini,"papar Zita.

Gerakan senam khusus dapat memperkuat otot punggung dan perut. Dengan begitu, anak akan lebih aktif dalam bergerak dan juga melompat. Namun perlu diingat bila gerakan senam harus disesuaikan dengan umur maupun tingkat kemampuan anak.

Di samping itu, aktivitas fisik yang kurang dapat menyebabkan berbagai macam masalah, seperti intelekual yang tidak maksimal.

Ajak Si Kecil untuk berolahraga ya Bunda karena  selain dapat menjaga daya tahan tubuhnya, anak yang senang berolahraga akan lebih percaya diri, menurunkan risiko obesitas, dan sakit kronis di kemudian hari.

 

Sumber :

Ajeng Annastasia Kinanti . 2014. Musim Hujan Bikin Anak Gampang Sakit? Tingkatkan Imunnya dengan 5 Cara Ini. http://health.detik.com. Diakses 30 Desember 2016.

Diana Rafika Sari. 2016. Senam Punya Banyak Manfaat untuk Anak Usia PAUD dan TK. http://lifestyle.sindonews.com. Diakses 30 Desember 2016.

Niken. 2016. Panduan Olahraga Yang Tepat Untuk Balita. http://nakita.id/. Diakses 30 Desember 2016.

Tags:

Artikel Terkait