Home Daya Tahan Tubuh Makanan Sehat Yang Mengandung Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Makanan Sehat Yang Mengandung Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

2016-12-29 06:28:58 Makanan Sehat Yang Mengandung Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Bunda, ternyata faktor yang mempengaruhi imunitas seorang anak bukan hanya dari faktor lingkungan saja, namun juga dari makanan. Pemberian makanan yang mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh anak sangat dibutuhkan. Selain imunitas yang sudah terbentuk alami di tubuhnya, anak butuh tambahan daya tahan imunitas agar tubuhnya makin tangguh dalam memerangi segala jenis bakteri dan virus yang menyerang.

Lalu, bagaimana kita tahu bahwa anak kita sudah bagus daya tahan tubuh atau imunitasnya?

Hal ini bisa dilihat saat anak jarang sakit. Kalau anak sudah mudah terserang batuk atau pilek, maka itu artinya daya tahan tubuhnya sedang rendah. Untuk itulah Bunda, selalu dampingi hari anak dengan makanan yang baik.

Jika anak memiliki sistem imunitas yang baik, artinya Bunda sudah  berhasil menjauhkan anak dari obat-obatan dan dokter. Bunda tentu tidak mau membuat jadwal kunjungan untuk memeriksakan anak, bukan? Karena bagaimanapun juga, cara pencegahan jauh lebih baik dibanding dengan cara penyembuhan.

Bunda, berikut ini informasi yang bisa bantu Bunda siapkan makanan sehat untuk anak yang mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh anak:

  • Menyajikan makanan secara teratur

Buatlah jadwal makan yang teratur. Berikut juga jadwal ngemil sehatnya. Bisa saja Bunda biasakan anak makan 3, 4, atau 5 kali sehari, asalkan jadwal dibuat dengan teratur dan konsisten waktunya.

  • Perbanyak buah dan sayur

Buatlah setidaknya satu buah makanan yang mengandung buah dan sayur untuk setiap kali makan. Jika anak susah makan buah san sayur, sajikan dengan kreasi tertentu hingga anak tertarik untuk makan.

  • Gandum dan serat

Jika anak Bunda suka makanan dalam bentuk sereal, pasta, atau roti, maka pilihlah yang berbahan gandum. Cek label sebelum membeli. Pastikan yang dimakan oleh anak adalah 100 persen gandum asli hingga ia bia memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuhnya.

  • Konsumsi produk susu dan protein

Jika ingin menyajikan susu untuk keluarga, maka Bunda bisa pilih susu yang rendah lemak, seperti yoghurt, susu atau keju. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, Bunda bisa menyajikan aneka makanan seafood, kacang-kacangan, telur, yang disajikan hampir disetiap waktu makan anak.

Bukan hanya mengatur waktu makan saja, namun juga pilihkan bahan makanan yang baik, yang mengandung kandungan yang baik untuk imunitas tubuh anak. Pastikan dalam resep sehat Bunda juga harus mengandung ini ya!

Bunda, ada beberapa kandungan dalam makanan yang membantu mendukung imunitas tubuh anak:

  • Vitamin C, salah satu vitamin yang dukung imunitas anak yang bisa ditemukan dalam buah-buahan yang asam rasanya, strawberry dan beberapa jenis bahan makanan lainnya.
  • Vitamin A, membantu kesehatan mata dan mendukung sistem imun tubuh, banyak ditemukan dalam telur, wortel, kentang, bayam, dan susu.
  • Vitamin E, melindungi kerja jantung dan meningkatkan sistem imun tubuh, banyak ditemukan di kacang, biji bunga matahari, dan kacang almond.
  • Vitamin B6, B12, juga turut mendukung sistem imunitas tubuh, bisa ditemukan di daging, buncis, dan ikan.
  • Vitamin D, membantu sistem imun dan banyak terdapat di salmon, mackerel, sarden, yoghurt, sereal, dan jus.
  • Selenium, banyak terdapat pada bawang, telur, daging merah, yang membantu membangun daya tahan tubuh.

Nah, setelah mengetahui makanan terbaik untuk anak, maka mulai sekarang, Bunda bisa mempersiapkan makanan sehat untuk anak yang lebih lengkap nutrisinya.


Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar