Home Tumbuh Kembang Anak Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Pada Si Kecil

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Pada Si Kecil

2017-03-14 08:52:38 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Pada Si Kecil

Bunda, sudahakah bunda tahu cara alami mengobati radang tenggorokan, kalau belum ada baiknya bunda membaca artikel ini sampai tuntas. Beberapa gejala radang tenggorokan pada Si Kecil bisa dilihat ketika Si Kecil kesulitan menelan baik makanan maupun minuman.

Selain itu, tanda-tanda radang tenggorokan diiringi rasa sakit, gatal, atau nyeri tenggorokan disertai sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot. Penyakit ini dialami Si Kecil bila usianya mulai memasuki 2 tahun.

Apa yang menyebabkan radang tenggorokan?
Alergi, udara kering, polusi, serta penyakit seperti pilek, flu, campak, cacar, dan sesak napas, semua dapat menyebabkan radang tenggorokan. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang tidak akan merespon bila diobati dengan antibiotik.

Infeksi bakteri hanya menyebabkan sebagian kecil kasus radang tenggorokan termasuk yang terkait dengan batuk dan difteri. Banyak dokter memberikan obat antibiotik untuk penyakit yang disebabkan oleh virus, padahal antibotik merupakan obat untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga Bunda perlu lebih teliti bila dokter memberikan antibiotik untuk obat radang tenggorokan.

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

Bila masih memungkinkan menangani radang tenggorokan Si Kecil dengan obat rumahan, gunakan beberapa bahan alami berikut Bunda :


a. Madu
Madu dapat dicampur dalam susu agar kalau Si Kecil susah mengkonsumsi bahan alami ini, Bunda. Sebuah penelitian mengungkap khasiat madu yang lebih efektif meredakan batuk dan radang tenggorokan di malam hari daripada obat batuk biasa.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan untuk radang tenggorokan.


b. Air garam
Berkumur dengan air garam ternyata bisa menjadi salah satu pengobatan alami yang dapat dilakukan di rumah lho Bunda. Menurut University of Connecticut, berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi.

Air garam juga bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Berkumur dengan larutan garam itu akan menciptakan penahan tinggi garam dan juga menarik lebih banyak cairan dari jaringan di sekitar tenggorokan, sehingga virus akan terbawa dalam larutan garam, beginilah yang dipaparkan oleh Sorana Segal-Maurer, dari Divisi Penyakit Menular di New York Hospital Queen.

Bunda dapat memberikan satu sendok teh garam dilarutkan di 8 ons air hangat. Bila Si Kecil tidak menyukai rasa asin, Bunda bisa menambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa tidak enak.


c. Peppermint
Bahan alami ini dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Namun ternyata semprotan yang mengandung minyak peppermint juga bisa meredakan sakit tenggorokan.

Peppermint mengandung bahan mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan sakit tenggorokan serta batuk. Sebuah studi di tahun 2008 melaporkan bahwa peppermint mengandung anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Selain bahan alami diatas, berikut beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk mempercepat penyembuhan Si Kecil : 

  • Menambahkan kabut dingin atau humidifier untuk kamar Si Kecil. Ini dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit dengan meningkatkan kelembaban udara.
  • Berikan Si Kecil banyak minum air putih tapi hindari minuman dingin ya. Jangan pula memberikan buah jeruk, air jeruk, atau jus jeruk kepada Si Kecil yah Bunda. Biarpun alami, buah jeruk ternyata dapat mengiritasi tenggorokan buah hati Bunda. Air dingin seperti jus apel dan es krim juga diduga dapat meredakan radang tenggorokan pada Si Kecil. 

Pencegahan

  • Mintalah Si Kecil untuk selalu mencuci tangan sebelum makan
  • Menghindarkan Si Kecil  dari makanan asam atau pedas, serta asap rokok dan kendaraan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil dengan konsumsi madu setiap pagi, konsumsi air putih dan istirahat yang cukup

Bunda, tetaplah tenang bila Si Kecil mengalami radang tenggorokan. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya. Sistem kekebalan tubuh Si Kecil pada umumnya dapat mengatasi virus dalam waktu seminggu.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu cara alami mengobati radang tenggorokan, jadi tambah semangat ya Bunda memberikan Vitabumin untuk Si Kecil. Selain dapat menambah nafsu makan Si Kecil, Vitabumin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil sehingga Bunda mampu menjaganya dari gejala radang tenggorokan.

Sumber :
http://www.healthline.com
http://kidshealth.org

Tags:

Artikel Terkait