Home Tumbuh Kembang Anak Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Penunjang Tumbuh Kembang Anak

2017-01-18 08:21:50 Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Mungkin ada Bunda yang bertanya, apakah ketika anak saya sehat, dia masih butuh suplemen vitamin tambahan untuk tumbuh kembangnya?

Makanan yang Bunda sajikan tidak selamanya bisa memenuhi kebutuhan vitamin buat anak dalam masa tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, dokter anak sering merekomendasikan untuk memberikan multivitamin dan mineral sebagai suplemen untuk anak.

Khususnya untuk beberapa kasus seperti:

  1. Anak yang tidak makan secara teratur yang tak seimbang makanannya
  2. Anak yang susah makan dan sering rewel, biasanya tidak cukup kebutuhan makannya
  3. Anak dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, seperti mengidap asma atau masalah pencernaan, khususnya anak yang mengkonsumsi obat khusus (pastikan untuk membicarakan hal ini dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan suplemen tertentu pada anak)
  4. Anak yang sering mengkonsumsi junk food atau makanan cepat saji
  5. Anak yang minum banyak minuman berkarbonasi

Bagi anak sendiri, ada banyak vitamin penting untuk tubuhnya yang dibutuhkan terlebih dalam masa tumbuh kembangnya. Vitamin inilah yang bisa disuplai baik dari makanan maupun dari suplemen tertentu. Seperti 6 jenis vitamin berikut:

6 Jenis Vitamin Buat Anak

  1. Vitamin A, yang bagus untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan tubuh, membantu menyehatkan kulit, mata, dan meningkatkan sistem imun. Sumber terbaik untuk vitamin A adalah susu, keju, telur, dan sayur berwarna oranye, seperti wortel dan labu.
  1. Vitamin B komplek, yakni B2, B3, B6, dan B12, membantu proses metabolism, memproduksi energi, dan memperbaiki sistem sirkulasi dan saraf. Sumber terbaik untuk vitamin B komplek ini adalah daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju, buncis, dan kedelai.
  1. Vitamin C, meningkatkan kesehatan otot dan kulit. Sumber terbaik Vitamin C adalah buah-buahan yang rasanya  asam, stroberi, kiwi, tomat, sayuran hijau seperti brokoli.
  1. Vitamin D, memperkuat tulang dan gigi, membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber terbaik vitamin D adalah susu, ikan salmon dan mackerel, serta sinar matahari.
  1. Kalsium, membantu membangun tulang yang kuat, khususnya untuk anak yang sedang bertumbuh. Sumber terbaik untuk kalsium adalah susu, keju, yoghurt, dan tofu.
  1. Zat besi, membangun otot, dan sel darah merah. Sumber terbaik zat besi adalah daging, bayam, buncis, dan makanan lain.

 

Perlu diketahui oleh Bunda, meksipun anak butuh vitamin yang komplek, namun asupan vitamin yang berlebih juga tak akan bagus untuknya. Bahkan beberapa vitamin yang berlebih akan menimbulkan efek racun bagi anak. Jadi, berikan dengan porsi sewajarnya.

Bunda, jika memberikan vitamin anak, maka perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jangan letakkan suplemen pada tempat yang mudah dijangau olehnya. Meskipun rasanya manis dan enak, jangan biarkan anak untuk mengkonsumsi vitamin ini layaknya permen.
  • Jangan berikan sogokan kepada anak berupa makanan penutup dan makanan manis lainnya agar ia menghabiskan makanannya. Akan lebih baik jika menghadiahi vitamin yang rasanya disukai anak sebagai reward karena ia menghabiskan makanannya.
  • Jika anak mengkonsumsi obat tertentu, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.
  • Ada banyak jenis suplemen untuk anak, ada yang berupa pil, tablet kunyah, dan cair. Berikan sesuai keinginan anak, karena tidak semuanya mau mengkonsumsi vitamin berupa pil.

Bunda, nutrisi memang memiliki peran yang penting bagi tubuh anak yang sedang tumbuh kembang. Meskipun Bunda tidak memberikan suplemen tertentu, Bunda bisa kog mencukupi kebutuhan nutrisinya, yakni dengan memberikan makanan yang sehat, baik dan berimbang. Tetap konsisten dalam pemberiannya dan memberikan makanan yang beragam dan sehat adalah cara paling bijaksana dalam memaksimalkan kebutuhan multivitamin anak


Tags:

Artikel Terkait