Home Cerita Bunda Yuk Bunda Lakukan Cara Ini Untuk Membantu Si Kecil Dalam Memahami Makna Angka !

Yuk Bunda Lakukan Cara Ini Untuk Membantu Si Kecil Dalam Memahami Makna Angka !

2017-01-24 09:54:09 Yuk Bunda Lakukan Cara Ini Untuk Membantu Si Kecil Dalam Memahami Makna Angka !

Dear Bunda,

Gimana nih Bunda? Si Kecil udah mulai mengenal urutan angka? Meskipun sudah mengenal angka, belum tentu juga Si Kecil memahami maksud dari angka tersebut. Untuk memahami arti dari angka tersebut, Si Kecil harus dibiasakan untuk berlatih menghitung terlebih dahulu nih Bunda.

 

Mengajarkan Si Kecil untuk berhitung memang agak sulit ya Bunda, namun dengan adanya latihan dan bimbingan dari Bunda, maka Si Kecil akan terbiasa dengan angka-angka.

 

Mungkin Bunda dapat dengan mudah menggambarkan wujud dari boneka, dan menyebutnya bahwa itu adalah boneka. Namun bagaimana dengan menggambarkan angka tiga? Untuk memahami arti angka tiga, Si Kecil pun harus memperhatikan persamaan antara 3 mobil atau 3 pensil.

 

Ada 2 cara sederhana nih Bunda agar Si Kecil dapat lebih mudah memahami arti dari angka, yaitu dengan belajar memisahkan barang menjadi kelompok yang berbeda, lalu menghitungnya. Misalnya, Bunda meminta Si Kecil untuk membariskan semua bonekanya dan kemudian menghitungnya.

 

Bunda juga dapat mencoba mengumpulkan mainan Si Kecil dalam satu kardus dan mengajak Si Kecil untuk memisahkan mainan yang berwarna biru dari warna lainnya.

 

Kelompokkan mainan yang berwarna sama menjadi satu kelompok. Sekarang, mulailah untuk membantu Si Kecil untuk menghitung satu per satu pada satu kelompok warna tertentu. Mungkin jumlah yang diperoleh dapat melebihi kemampuan Si Kecil dalam menghitung. Untuk memudahkan pengertiannya, Bunda dapat memisahkan mainan pada satu kelompok warna tertentu yang masih bagus dengan yang sudah rusak. Dari sini mungkin jumlah mainan Si Kecil dengan warna tertentu sudah agak berkurang.

 

Selanjutnya, Bunda dapat meminta Si Kecil untuk mengelompokan mainannya yang berbeda ukuran menjadi satu kelompok yang berukuran sama. Agar Si Kecil lebih semangat dan gembira, Bunda dapat menjadikan ini sebagai ajang perlombaan.

 

Dalam permainan ini, Si Kecil diminta untuk memindahkan bola dengan warna tertentu ke kotak lain yang masih kosong. Masing-masing kotak tujuan diberi warna berbeda untuk memudahkan Si Kecil mengingat apa saja warna yang akan dipindahkan. Permainan ini dapat dilakukan oleh 3 hingga 4 anak.

 

Pemenangnya adalah anak yang dapat mengumpulkan bola lebih banyak dengan warna yang sama daripada anak lain. Apabila anak yang memasukkan mainan dengan warna yang berbeda di kotak tujuan, maka Bunda hanya menghitung bola yang memiliki warna yang sama saja. Misalnya, Si Kecil berhasil memindahkan 9 bola dengan warna tertentu, namun salah satunya berwarna hijau, maka bola yang berhasil dipindahkan hanya 8 saja.

 

Melalui permainan ini, Si Kecil akan belajar untuk memilih dan mengelompokkan benda sesuai dengan jenis, bentuk, dan warnanya. Selain itu, Si Kecil juga akan mulai memahami bahwa suatu benda dapat dikelompokkan dengan lebih dari satu cara. Si Kecil juga mulai terbiasa memilih dan menghitung mainannya yang masih baik dan rusak.

 

Yuk Bunda kita coba bantu Si Kecil untuk memahami angka dengan kegiatan yang menyenangkan. Selamat mencoba! ;)

 

Sumber: Prasetyono, DS. 2008. Biarkan Anakmu Bermain. Yogyakarta: Diva Press.

Tags:

Artikel Terkait