Home Tumbuh Kembang Anak 10 Makanan yang Bagus Untuk Otak Si Kecil

10 Makanan yang Bagus Untuk Otak Si Kecil

2017-02-17 06:44:44 10 Makanan yang Bagus Untuk Otak Si Kecil

Dear Bunda,

Melihat Si Kecil bersemangat dengan aktivitas sekolahnya pasti membahagiakan ya. Apalagi Si Kecil terlihat menonjol di antara teman-teman sekelasnya dengan perolehan nilai yang bagus dari gurunya pasti juga membanggakan. Bagaimana Bunda bisa membantu performa Si Kecil agar selalu meningkat kecerdasan otaknya? Berikut beberapa makanan yang dapat Bunda sediakan untuk vitamin otak Si Kecil dilansir dari webmd.com :

  1. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 DHA dan EPA - yang keduanya penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Pada Penelitian terbarupun juga menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak asam lemak dalam menu makannya memiliki pikiran lebih tajam dan mendapat hasil yang lebih baik pada tes keterampilan mental. Selain salmon, tuna juga merupakan sumber omega-3 namun tidak sekaya salmon.

  1. Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein yang besar. Kuning telur mengandung gizi yang lebih banyak daripada putih telur salah satunya dapat membantu perkembangan memori Si Kecil. Kadar vitamin A pada telur sangat tinggi. Selain vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B12 juga tinggi. Vitamin ini berfungsi membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah dan memelihara sistem saraf.

  1. Selai kacang

Kacang tanah atau selai kacang merupakan sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan kuat yang melindungi membran saraf dan mengandung thiamin untuk membantu kinerja otak. Hidangkan sandwich kesukaan Si Kecil dengan olesan selai kacang dan taburan pisang. Pasti yumieeh yah…

  1. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan makanan yang mengandung serat yang baik. Serat membantu pelepasan glukosa dalam tubuh. Selain itu, biji-bijian mengandung vitamin B yang menyehatkan sistem saraf. Untuk harian Si Keci, bunda dapat menyediakan camilan roti gandum yang sehat untuk Si Kecil.

  1. Oatmeal

Oatmeal memberikan energi yang sangat baik untuk otak Si Kecil terutama di pagi hari. Karena mengandung banyak serat, oatmeal menjaga otak Si Kecil sepanjang pagi di sekolah. Oatmeal juga merupakan sumber yang baik dari vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh.

  1. Berries

Stroberi, ceri, blueberry, blackberry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang mampu membantu mencegah kanker. Dalam penelitian menunjukkan perbaikan memori dengan ekstrak strawberry dan blueberry . Buah-buahan ini juga merupakan sumber yang baik dari lemak omega-3.

  1. Kacang polong

Kacang ini istimewa karena mengandung energi dari protein dan karbohidrat kompleks, serat, dan banyak vitamin dan mineral. Kacang polong merupakan makanan otak yang sangat baik karena dapat menjaga energi dan konsentrasi Si Kecil hingga sore hari. Nutrisi lainnya, kacang polong mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dari kacang-kacangan lainnya - khususnya ALA, yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

  1. Sayuran

Tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam merupakan sayuran yang kaya antioksidan untuk menjaga sel-sel otak tetap kuat dan sehat.

  1. Susu dan yogurt

Susu dan produk turunan susu mengandung banyak protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan 10 kali lebih vitamin yang menguntungkan sistem neuromuskuler dan siklus hidup keseluruhan selnya.

  1. Daging sapi tanpa lemak

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam membantu anak-anak tetap berkonsentrasi dan berenergi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber terbaik dari besi. Makan 1 ons per hari daging tanpa lemak telah terbukti membantu tubuh menyerap zat besi. Daging sapi juga mengandung zinc, yang membantu menyehatkan memori.

Demikian Bunda, 10 makanan yang bagus untuk perkembangan otak Si Kecil. Kreasikan bahan tersebut dalam menu makanan yang menarik Si Kecil ya !

Sumber :

http://www.webmd.com

Tags:

Artikel Terkait