Home Tumbuh Kembang Anak Bunda Ingin Jadi Bunda Yang Ideal Bagi Si Kecil? Tak Ada Salahnya Membaca 16 Kriterianya di Bawah Ini!

Bunda Ingin Jadi Bunda Yang Ideal Bagi Si Kecil? Tak Ada Salahnya Membaca 16 Kriterianya di Bawah Ini!

2016-06-22 02:10:24 Bunda Ingin Jadi Bunda Yang Ideal Bagi Si Kecil? Tak Ada Salahnya Membaca 16 Kriterianya di Bawah Ini!

 Tidak mudah memang untuk menjadi seorang Bunda ideal. Tidak ada juga aturan tertulis untuk menjadi seorang Bunda yang ideal. Meskipun begitu, sosok Bunda ideal yang paling penting adalah yang memahami tanggung jawabnya sebagai ibu dan menanamkan nilai-nilai terbaik dalam pikiran anaknya hingga membawa anak sebagai manusia yang percaya diri, bahagia dan baik. Berikut adalah 16 kriteria Bunda ideal sebagaimana dilansir dari dayformothers.com yang perlu Bunda ketahui:

1.    Menghabiskan quality time dengan anak-anaknya
Bunda Ideal adalah Bunda yang selalu meluangkan waktunya untuk anak sesibuk apapun perkejaannya. Bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan buah hati adalah kebahagiaan baginya.
2.    Menciptakan anak-anak mandiri
Bunda ideal adalah yang bisa mencetak anak-anak mandiri. Bunda yang tidak memanjakan anak yang akhirnya menyebabkan dia begitu ketergantungan dengan orang lain.
3.    Mengajari anak etika dan tingkah laku
Pembelajaran yang paling awal bagi anak adalah ketika dia berada di lingkungan keluarga. Etika dan tingkah laku adalah 2 hal yang harus Bunda ajarkan pada buah hati sejak dini demi pembentukan karakter baiknya di masa depan.
4.    Ramah dengan anak
Bunda harus menjadi sosok yang bersahabat dengan anak. Bahkan, Bunda bisa menjadi seperti teman mereka, sehingga anak merasa nyaman berkomunikasi dengan Bunda.
5.    Mendengarkan pendapat-pendapat mereka
Bunda harus menjadi pendengar yang baik. Bunda bukan makhluk sempurna dan selalu benar. Bundapun harus mengakui jika pendapat anak adalah benar.
6.    Mengajari mereka untuk menjadi percaya diri
Percaya diri adalah modal yang begitu penting bagi anak untuk menjelajah dan belajar sesuatu yang barus dalam lingkungan yang baru dan lebih luas. Untuk itulah, Bunda harus mengajari mereka untuk menjadi pribadi yang percaya diri
7.    Menciptakan perasaan menghargai diri sendiri pada mereka
Perasaan menghargai diri sendiri sangat diperlukan setiap manusia. Jika sudah bisa menghargai dirinya sendiri, tentu anak akan melakukan yang terbaik dalam segala tindakannya. Bunda berperan untuk menanamkan itu semua itu pada anak.
8.    Menjadi penjaga ketika mereka butuhkan
Bunda tetaplah orangtua yang punya tugas untuk melindungi mereka. Bunda adalah sosok yang seharusnya selalu ada bagi anak-anaknya kapanpun dibutuhkan.
9.    Mendengarkan mereka dengan teliti
Ketika anak sedang mengungkapkan sesuatu pada Bunda, telitilah terhadap apa yang dia katakan. Berikan nasehat jika perlu, perbaiki jika dia salah. 
10.    Membagi masalah dengan mereka dan merekapun membagi masalahnya
Motivasi dia untuk selalu mau berbagi masalah yang sedang dia hadapi dengan Bunda. Bundapun sama, Bunda bisa membagi masalah juga dengan mereka. Layaknya teman, Bunda berbagi dan juga menerima kisahnya, saling menguatkan satu sama lain.
11.    Memuji dan menyemangatinya dengan semangat
Pujian kadang dibutuhkan sebagai bentuk penghargaan pada hal baik yang anak lakukan. Selain pujian, semangat juga diperlukan untuk anak. Semangat yang diberikan Bunda pada buah hati ketika akan melakukan sesuatu pasti begitu berarti bagi mereka.
12.    Mengajari mereka untuk mengendalikan frustrasi
Bukan hanya orang dewasa yang frustrasi, anakpun juga kadang mengalami hal yang sama. Bunda bisa menenangkan sekaligus mencarikan solusi ketika dia frustrasi dan juga mengarahkannya agar kefrustrasiannya tidak berakibat buruk pada mereka. 
13.    Mengeskpresikan cinta mereka kepada anak-anak
Ekspresi cinta mungkin terlihat begitu manis sehingga jarang dilakukan. Namun, semua itu butuh juga untuk dilakukan, Bunda. Ciuman dan pelukan pada anak akan tetap menjadikan dia hangat dan merasa disayangi oleh Bunda. 
14.    Mengembangkan rasa moral
Moral sangat perlu diajarkan pada anak sejak dini. Pendidikan agama yang Bunda bekalkan pada anak sejak dini akan sangat berpengaruh terhadap moralnya di kemudian hari. 
15.    Tidak kehilangan kesabaran
Bunda ideal adalah Bunda yang punya kesabaran tinggi dan tidak mudah menyerah terhadap suatu persoalan yang berkaitan dengan anak-anaknya. 
16.    Menjadi pendukung anak-anaknya
Dan terakhir adalah menjadi pendukung bagi anak. Bunda yang ideal adalah yang mendukung langkah baik anak dan mengingatkan jika langkahnya tidak baik. Bunda tidak boleh begitu saja mendukung semua yang dilakukan anak 

 

Itulah 16 kriteria Bunda ideal, Bunda. Apakah Bunda sudah masuk ke dalam kriteria-kriterianya? Tidak mudah memang menjadi Bunda ideal bagi anak. Namun, bukan berarti semua itu tidak bisa diupayakan. Kami percaya bahwa Cinta Bunda pada buah hati dapat memicu Bunda untuk berusaha sebaik mungkin menjadi sosok Bunda ideal bagi mereka. Semoga artikel ini bermanfaat, Bunda :) (ls)

Tags:

Artikel Terkait