Home Anak Susah Makan 5 Cara Ini Bantu Si Kecil Suka Makan Sayur

5 Cara Ini Bantu Si Kecil Suka Makan Sayur

2016-06-21 23:53:58 5 Cara Ini Bantu Si Kecil Suka Makan Sayur

 

Pada permulaan hidup Si Kecil, apalagi di masa tumbuh kembang awalnya, pastilah bukan hal mudah membuat Si Kecil menyukai makanan berupa sayur dan buah. Semua butuh waktu perlahan untuk memperkenalkan Si Kecil pada berbagai jenis variasi makanan. Karena seperti Bunda tahu, bahwa saat Si Kecil masih bayi, dia menggantungkan asupan makanannya dari ASI dan juga makanan bubur atau makanan lunak lainnya. Hingga bayi sudah terbiasa dengan tekstur lembut dan juga rasa manis dari susu. Untuk itulah, membiasakan anak untuk menyukai sayur bukanlah hal yang mudah. Bagaimana ya agar Si Kecil suka makan sayur? Itulah yang kini menjadi pertanyaannya. 

 

Ada banyak tips dan trik yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil mengenal sayur dan aneka makanan sehat lainnya. Tentu harus dengan ketelatenan dan juga kesabaran. Jangan terlalu dipaksakan, karena Si Kecil bisa saja mengalamai trauma pada makanan tersebut karena suasana makan yang mencekam dan tak menyenangkan. Berikut beberapa tips dan trik agar  anak suka makan sayur:

 

1.    Sajikan sayur di waktu makan Si Kecil.

Sediakan dengan porsi kecil terlebih dahulu. Hal ini agar visual Si Kecil terbiasa melihat sayur atau buah.


2.    Sajian sayur haruslah  yang menarik agar dia terangsang untuk menyentuh, mengambil, dan juga mencicipinya.

Untuk pertama kali, mungkin Si Kecil akan sulit untuk makan, namun  setelah  cita  rasa lidahnya terbiasa dengan rasa buncis, wortel, atau bayam, maka dia akan mulai memakannya.


3.    Saat memilih buah, usahakan yang masak dan rasanya manis, karena seperti Bunda tahu, di usia awal Si Kecil, mereka sangat menyukai makanan manis.

Nah, daripada memberi permen, maka lebih baik jika memberi buah yang jelas lebih sehat dan juga kaya vitamin.


4.    Libatkan anak dalam memasak.

Anak akan menghargai dengan apa yang ia terlibat dalam membuatnya. Namun tetap awasi  Si Kecil ketika di dapur. Sesuaikan juga dengan usia Si Kecil, anak umur 4 atau 5 tahun mungkin baru bisa diajak ke  dapur namun tetap dengan pengawasan ekstra dari Bunda. Trik selanjutnya, Bunda bisa memancing  Si Kecil untuk memilih sayuran yang hendak di masak bersama. Memunculkan antusias si kecil terhadap makanan yang hendak ia makan merupakan sesuatu yang bisa di coba.


5.    Jangan dipaksa. Suasana saat makan  yang penuh dengan  paksaan ini malah akan membuat Si kecil trauma.

Dia akan cenderung merasa tidak senang ketika jadwal makan tiba karena ia akan dipaksa memasukkan sesuatu kemulutnya dengan makanan yang ia tak suka. Kalau hal ini dibiarkan, maka Si Kecil justru akan kehilangan nafsu makannya (ic).

Itulah Bunda beberapa tips dan trik agar anak suka makan sayur. Ketelatenan Bunda menjadi kunci keberhasilan anak makan sayur. Semoga dengan menerapkan tips ini Si Kecil jadi doyan sayur ya Bunda~. Bunda juga dapat menstimulasinya dengan memberikan Si Kecil Vitabumin. Vitabumin adalah madu ikan gabus yang diperkaya dengan ekstrak temulawak yang bantu tumbuh kembangnya. 

 

 

 

Tags:

Artikel Terkait