Home Anak Susah Makan 5 Kriteria Ini Harus Ada Dalam Mainan Si Kecil Bila Mau Ia Tetap Aman Saat Bermain

5 Kriteria Ini Harus Ada Dalam Mainan Si Kecil Bila Mau Ia Tetap Aman Saat Bermain

2016-06-21 23:57:57 5 Kriteria Ini Harus Ada Dalam Mainan Si Kecil Bila Mau Ia Tetap Aman Saat Bermain

 

Bunda, memilih mainan untuk Si Kecil ternyata gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan tidak semua mainan yang kita jumpai di pasaran aman bagi anak-anak, apalagi bagi balita yang suka memasukkan mainan ke dalam mulut. Oleh karena itulah, Bunda harus hati-hati dalam memilih mainan yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi tubuh Si Kecil yang bisa berdampak jangka pendek maupun panjang. Berikut ini kriteria mainan aman untuk anak yang perlu menjadi perhatian sebelum Bunda membeli mainan:

 

1. Mainan harus bisa dicuci
Ya, kebersihan mainan merupakan faktor penting bagi tumbuh kembang Si Kecil karena mainan yang tak bisa dicuci memperbesar resiko Si Kecil terkena virus, bakteri dan kuman berbahaya dari mainan tersebut. Mainan yang kotor sebaiknya jangan diberikan pada Si Kecil.


2. Bahan Mainan Tidak Beracun
Jika tidak teliti membeli, maka Bunda bisa salah memilih mainan aman untuk anak. Cek bahan apa yang produsen pakai untuk membuat mainan tersebut. Pastikan bahwa bahan aman dan tak berbahaya.


3. Mainan Bebas Dari Logam Timah
Tidak semua mainan yang berlapis cat itu aman bagi Si Kecil. Mainan yang aman dengan lapisan ini adalah mainan yang bebas dari logam timah.


4. Sesuaikan Dengan Umur 
Mainan diharuskan sesuai dengan umur dan tingkat perkembangan Si Kecil. Mainan yang aman, berdiameter setidaknya 3 cm dengan panjnag 6 cm agar tidak tertelan Si Kecil ketika memainkannya. 

5. Hindari kelereng dan koin
Bunda tentu tahu bahwa benda-benda tersebut sangat berbahaya bagi Si Kecil jika sampai tertelan dan tersangkut di tenggorokan. Hal ini perlu dihindari. Sebisa mungkin jauhkan Si Kecil dari benda-benda berukuran kecil tersebut.

Demikian beberapa kriteria mainan aman untuk anak yang harus Bunda perhatikan. Mainan adalah teman berharga Si Kecil yang menemaninya dalah tumbuh kembangnya. Maka dari itu, pilih mainan dengan standar mutu yang baik. Tidak salah memang membeli banyak mainan buat buah hati, namun faktor keamanan dan juga kualitas bahan harus diperhatikan untuk menjaga Si Kecil tetap aman dan sehat (ic).

Tags:

Artikel Terkait