Home Tumbuh Kembang Anak Mau Mengajak Anak Berenang? Perhatikan Tips Sebelum Anak Berenang Ini Yuk, Bunda

Mau Mengajak Anak Berenang? Perhatikan Tips Sebelum Anak Berenang Ini Yuk, Bunda

2017-04-20 09:59:29 Mau Mengajak Anak Berenang? Perhatikan Tips Sebelum Anak Berenang Ini Yuk, Bunda

Kolam renang bisa jadi satu tempat yang menyenangkan bagi Bunda dan Si Kecil menghabiskan waktu bersama. Aktivitas ini bukan hanya untuk mengajari Si Kecil cara berenang, tapi juga bisa menjadi momen berharga dimana Bunda bisa semakin dekat dengan Si Kecil.

Yang perlu Bunda ingat ialah jangan sampai lengah saat menjaga Si Kecil agar tetap aman saat di berada kolam renang. Jadi seperti apa triknya agar Si Kecil dan Bunda bisa bersenang-senang bersama di kolam renang, sambil Bunda tetap bisa menjaganya agar tetap aman?

Berikut ini saran atau rekomendasi dari Sue Mackie, seorang pimpinan dari United States Swim School Association (USSSA) sebagai persiapan sebelum anak berenang yang harus diperhatikan Bunda agar tetap aman ketika mengajak anak berenang di kolam renang. 

  1. Menyiapkan Si Kecil sebelum memasuki kolam
    Bunda harus memperhatikan poin ini karena pada kenyataannya ada banyak Bunda yang justru mengacuhkan. Ada beberapa hal yang harus Bunda persiapkan untuk memastikan Si Kecil tetap aman. Ikuti proses sesuai prosedur sebelum Si Kecil masuk ke kolam renang, seperti memakaiannya celana atau popok renang khusus untuk Si Kecil, berganti dengan pakaian renang, dan juga mengusapkan lotion sunscreen untuk melindungi  kulit Si Kecil. 
  2. Jangan izinkan Si Kecil melompat semaunya ke dalam kolam
    “Bunda bisa membuat isyarat verbal yang bisa menjadi tanda bagi Si Kecil kapan ia boleh masuk ke kolam renang,” jelas Mackie. Hal juga akan mengajarkan pada Si Kecil bahwa ia butuh izin dari orangtuanya  ketika ia hendak  masuk ke kolam renang.
  3. Jangan gunakan ban pelampung atau water wings
    Disarankan bagi Bunda yang ingin mengajak anak berenang di laut, di kolam, atau di sungai, untuk memakaikan pelampung renang anak berjenis jaket pelampung, yang didesain agar tidak bisa terlepas ketika Si Kecil memakainya. Jika Bunda memilih memakai ban pelampung atau water wings, maka resiko Si Kecil untuk terpeleset atau terjatuh dari pelampung akan semakin besar. Jaket pelampung jauh lebih aman dipakai oleh Si Kecil. 
  4. Jangan selalu menggunakan kacamata selam ketika di kolam
    Ajari Si Kecil untuk membuka matanya ketika berada di bawah air. Hal ini untuk berjaga-jaga jika suatu saat ia jatuh ke dalam air, ia bisa membuka matanya dan menemukan pijakan  dan naik ke pinggir kolam.
  5. Jangan terlalu takut mengajari Si Kecil berenang
    Kunci utama mengajari Si Kecil berenang ialah jangan cepat panik, Bunda. Sering kali Bunda akan panik ketika wajah Si Kecil sudah sepenuhnya masuk ke dalam air. Untuk mengajari anak berenang, maka latihlah ia dengan membiasakan Si Kecil untuk memasukkan wajah ke dalam air, bisa di bathtup atau bak kamar mandi misalnya. Hal ini akan lebih mudah membuat Si Kecil nyaman ketika berada di dalam air.

Bunda memang harus selalu menjaga Si Kecil ketika sudah berurusan dengan air dan kolam renang. Boleh saja melatih Si Kecil berenang dan membiarkannya bermain dengan air, namun keamanan tetaplah menjadi yang nomor satu. Jadi tetaplah patuhi pedoman di atas dengan benar untuk menjaga agar Si Kecil tetap aman saat ia berenang. 


Tags:

Artikel Terkait