Home Daya Tahan Tubuh 5 Makanan Ini Dapat Mengeluarkan Dahak Pada Anak Saat Mengalami Batuk Pilek

5 Makanan Ini Dapat Mengeluarkan Dahak Pada Anak Saat Mengalami Batuk Pilek

2017-01-13 09:41:04 5 Makanan Ini Dapat Mengeluarkan Dahak Pada Anak Saat Mengalami Batuk Pilek

Dear Bunda,

Orang tua mana sih yang tidak bakal sedih jika anak sakit pilek dan batuk, apalagi sampai berdahak?

Mengurangi dahak pada Si Kecil saat sedang sakit memang menjadi tantangan tersendiri. Mengeluarkan dahak pada anak dengan cara dipaksa seperti menyemprotkan dari hidung ataupun memuntahkannya dari tenggorokan tidak disarankan lho Bunda. Menyemprotkan ingus dari hidung dapat menyebabkan infeksi sinus dan infeksi telinga.

Tapi bila Bunda melihat Si Kecil terus merasa sesak akibat dahak yang menumpuk di tenggorokan pasti tidak tega kan? Memang ada banyak obat-obatan pasaran yang ditujukan untuk mengeluarkan dahak, tapi penggunaan obat tentu harus mengikuti resep atau petunjuk lengkap dari dokter.

Lantas apa yang bisa Bunda lakukan ?

Untuk membantu mengeluarkan dahak pada anak secara alami, Bunda bisa memberikan makanan berikut pada Si Kecil

1. Pumpkin Seed / Biji Labu

Biji labu mengandung omega 3 yang berperan sebagai anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi produksi lendir dan dahak pada tubuh Anak. Agar lebih ampuh, Bunda dapat memberikan anak daging labu pada Si Kecil. Bunda dapat mengolahnya menjadi kolak yang lezat. Labu kaya akan antioksidan. Kombinasi antara hangatnya kolak labu dengan kandungannya yang berupa antioksidan dan omega 3 akan membantu proses penyembuhan dari sakit lebih cepat.

 

2. Bawang Bombay

Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa kandungan Quercetin yang ada pada bawang bombay dapat mengobati sel-sel yang rusak akibat inflamasi yang disebabkan karena alergi. Selain mengurangi inflamasi/peradangan, Quercetin juga mampu untuk membantu mengobati penyakit seluran nafas kronis. Quercetin bisa mencairkan lendir atau dahak yang membandel di tenggorokan.

 

3. Jahe

Selain dapat mengobati masuk angin, jahe juga dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe juga terbukti dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada anak yang mempunyai sakit asma.

Ternyata, salah satu penyebab keluarnya lendir lendir dan dahak yaitu ketidakseimbangan akibat menurunnya kekebalan tubuh. Jahe diketahui mempunyai fungsi detoks yang kuat dan mampu mengembalikan keseimbangan tubuh.

Olahan jahe secara efektif mampu membantu Si Kecil mengatasi dahaknya. Ditambah lagi aroma khas yang dimiliki jahe juga bisa membantu menenangkan anak sehingga ia pun dapat tidur nyenyak meski sedang terserang pilek.

 

4. Nanas

Buah yang memiliki rasa masam ini ternyata adalah sumber penghasil bromelain terbaik lho Bunda.

Bromelain adah suatu enzim yang mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan. Nanas bahkan disarankan untuk dikonsumsi pasien pasca operasi sinus untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

 

5. Agar-agar

Si Kecil suka agar-agar? Kalau iya Bunda patut senang lho karena makanan yang satu ini bermanfaat untuk Si Kecil yang sedang pilek dan batuk berdahak.

Agar-agar  mampu meredamkan panas di dalam tubuh yang terjadi akibat peradangan. Agar-agar juga dapat melembabkan tenggorokan.  Tekstur kenyal pada agar-agar mampu 'menarik' dahak agar ikut terbawa ke dalam saluran pencernaan. Agar-agar juga mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga memudahkan dahak diproses untuk akhirnya keluar bersama dengan kotoran.

Pastikan Bunda membuat sendiri agar-agarnya supaya terjamin keamanan dan kebersihannya untuk Si Kecil serta tidak memberikan agar-agar siap makan dengan gula buatan.

Demikian Bunda beberapa tips mengeluarkan dahak pada anak, Semoga Si Keci lekas sembuh ya Bunda :)

 

Sumber :

Febby. Hidung Mampet? Jangan Buang Ingus dengan Cara Menyemprotnya! https://id.theasianparent.com. Diakses 13 Januari 2017.

Febby. 5 Makanan yang Membantu Mengurangi Dahak Saat Anak Batuk Pilek.   https://id.theasianparent.com.  Diakses 13 Januari 2017.

Tags:

Artikel Terkait