Home Cerita Bunda Bermain dan Persahabatan. Ini Yang Akan Didapatkan Si Kecil Dari Bersahabat!

Bermain dan Persahabatan. Ini Yang Akan Didapatkan Si Kecil Dari Bersahabat!

2017-01-10 04:58:11 Bermain dan Persahabatan. Ini Yang Akan Didapatkan Si Kecil Dari Bersahabat!

Dear Bunda,

Bermain merupakan salah satu aktvitas yang wajib buat Si Kecil. Selain dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang motoriknya, dengan bermain pun ketrampilan sosialnya akan terbentuk.

Si Kecil yang tumbuh dan semakin besar mungkin sudah saatnya mulai menjalin persahabatan dengan teman bermainnya. Dan tahukah Bunda? Sebenarnya ada banyak pelajaran yang akan diterima Si Kecil ketika ia bersahabat loh!

 

Bermain Dengan Anak Lain

Jangan sekali pun Bunda melarang Si Kecil untuk bermain! Karena dari bermain, Si Kecil akan belajar dari berbagai ketrampilan, seperti bergantian, bekerjasama, dan cara-cara baru dalam melakukan suatu hal. Sebenarnya Si Kecil sudah mulai dapat bermain dengan temannya, namun Si Kecil baru dapat bermain bersama dan bekerjasama ketika ia berusia 3 tahun.

 

Menyesuaikan Dengan Kepribadian Si Kecil

Bunda dapat menyesuaikan kegitan Si Kecil dengan kepribadian dan energinya. Bunda tidak perlu frustasi ketika Si Kecil malu atau tidak mau bergabung dengan temannya yang lain, terutama jika Si Kecil masih terlalu dini.

Bunda perlu memahami kekhawatiran Si Kecil, lalu kemudian Bunda dapat mendorong Si Kecil untuk bersosialisasi semampunya. Katakan bahwa Si Kecil akan baik-baik saja dalam beberapa waktu, setelah ia mulai terbiasa dengan lingkungan barunya.

 

Belajar Berbagi dan bergantian

Usia balita biasanya belum begitu memahami konsep waktu. Bunda dapat mengajarkan hal tersebut dengan bermain bersama temannya dan menggunakan alarm untuk menandakan kapan gilirannya dan temannya untuk bergantian mainan. Jika Si Kecil atau anak lain mulai kesal, sepertinya Bunda sangat diperlukan sebagai penengah ketika Si Kecil akan merebut mainan atau memukul sehingga anak lain tidak akan mau bermain dengannya lagi, maka pada saat tersebut Si Kecil akan membutuhkan bantuan Bunda untuk menghentikan perilakukanya tersebut, dengan mengambil mainan dari tangannya dan mengatakan bahwa sekarang adalah giliran temannya.

 

Menjadi Panutan Yang Senang Berteman

Anak adalah peniru ulung yang menirukan apa yang ia lihat, termasuk Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu memberikan contoh bagaimana memperlakukan orang lain dengan bersahabat dan hormat. Berbicara dengan gembira juga dapat Bunda tunjukkan ketika sedang berbicara dengan orang lain.

 

Sikap Teman-teman Si Kecil

Beberapa anak mungkin ada yang bersikap kurang baik kepada Si Kecil, Bunda dapat mengajak Si Kecil untuk bermain dengan anak lainnya. Namun Bunda juga harus bersikap untuk tidak menghakimi sebagai pesan positif kepada Si Kecil.

Coba yuk Bunda untuk mengajak teman-teman Si Kecil untuk bermain bersama. Jangan lupa sediakan minuman dan camilan sehat ketika mereka bermain ya Bunda! Agar Si Kecil dan temannya dapat semangat dan ceria ketika bermain bersama. Puji Si Kecil jika ia mau bergantian mainan dengan temannya ya. Yuk Bunda ciptakan suasana yang menyenangkan untuk bermain Si Kecil dan temannya ;)

 

 

Sumber: Bhattacharya, S et al. 2013. The Pregnancy And Baby Book. Banten: Inspirita Publishing. Penerjemah: Threestayanti, Liana.

Tags:

Artikel Terkait