Home Daya Tahan Tubuh Bolehkah si kecil bermain hujan?

Bolehkah si kecil bermain hujan?

2016-12-24 04:22:24 Bolehkah si kecil bermain hujan?

Si Kecil suka main hujan?

Kalau sudah begini, maka orangtua cenderung akan sangat mengkhawatirkan kesehatan tubuh anak. Padahal kebanyakan anak akan sangat senang bermain hujan. Lalu, bagaimana sebenarnya sikap orang tua untuk kasus seperti ini?

Banyak Bunda yang dengan getol melarang anak bermain air hujan meskipun anak meminta ijin, merengek, sampai menangis. Alasan utamanya takut anak mengalami sakit demam atau pilek. 

Sebaliknya, ada pula orangtua yang dengan mudahnya mengijinkan anak bermain hujan. Karena ketika anak bermain hujan, kita bisa melihat betapa bahagianya dan juga cerianya ia.

Sebenarnya boleh atau tidak anak bermain hujan?

Dipaparkan oleh dr. Marissa TS Pudjiadi, Sp.A dalam health.detik.com,  bahwa pada prinsipnya anak boleh main hujan. Asalkan setelah itu anak langsung segera dimandiin sampai bersih baru setelah itu keringkan badan si kecil. Kalau perlakuannya demikian, dikatakan dr. Marissa tidak apa-apa dan diperbolehkan.

Main hujan-hujanan juga beliau ungkapkan sebagai sarana bermian anak yang menyenangkan dan bisa membantu menciptakan pengalaman yang seru. Namun disarankan untuk mengijinkan anak main hujan-hujanan saat kondisinya sedang fit. Berikan pula minuman hangat untuk menghangatkan tubuh anak selepas hujan-hujanan. Namun, perlu Bunda ketahui pula bahwa hujan-hujanan juga bisa menyebabkan anak terkena serangan flu, bersin-bersin, hidung gatal, dan jadi pilek dan ingusan.

Menurut pakar lain, yakni psikolog Ratih Zulhaqqi, M.Psi, dengan bermain hujan, maka daya tahan tubuhnya akan jadi lebih baik karena ia bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu jawabannya, apakah sebenarnya anak boleh saja main hujan-hujanan atau tidak. Jawabnnya boleh, dengan satu kunci, yaitu anak sedang dalam kondisi fit dan memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Jadi jangan langsung berikan kata “boleh” ketika anak meminta ijin untuk main hujan-hujanan, Bunda.

Bunda perlu pula tahu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tak mudah sakit meskipun ia bermain hujan-hujanan maka pilihkan ia sajian makanan yang penuh gizi.

Mewasapadai air yang kotor

Sebenarnya alasan Bunda melarang anak bermain hujan memang ada benarnya, karena sebenarnya bukan air hujanlah yang membuat anak sakit, melainkan karena terpapar kuman penyebab penyakit yang bisa menjangkit si Kecil. Kuman ini bisa datang dari air yang kotor, seperti air yang jatuh dari pancuran atau air banjir yang bisa saja sudah terkontaminasi dengan berbagai kuman dan kotoran. Jadi, hindari lokasi-lokasi banjir yang berbahaya bagi kesehatan anak, karena bisa menimbulkan diare, leptospirosis yang biasanya menjangkit daerah rawan banjir.

Ingat Bunda, anak boleh bermain air hujan, namun perhatikan pula lingkungan dan kebersihannya, dan bekali ia dengan makan dan minuman yang terbaik, agar dalam segala kegiatan yang ia jalankan, ia bisa tetap sehat dan bugar.

 

Sumber:

health.detik.com. “Si Kecil Boleh Main Hujan-hujanan, Asal…”. Radian Nyi Sukmasari. 2014. Diakses pada 23 Desember 2014.

Tags:

Artikel Terkait