Home Cerita Bunda Bunda, Kenapa Dia Berbeda? Begini Caranya Memberitahu Si Kecil Tentang “Perbedaan”

Bunda, Kenapa Dia Berbeda? Begini Caranya Memberitahu Si Kecil Tentang “Perbedaan”

2017-02-14 05:43:30 Bunda, Kenapa Dia Berbeda? Begini Caranya Memberitahu Si Kecil Tentang “Perbedaan”

Dear Bunda,

Di sekolah Si Kecil, mungkin ada beberapa temannya yang memiliki perbedaan unik, yaitu berupa anak dengan berkebutuhan khusus. Si Kecil mungkin akan bingung bagaimana harus bersikap kepada temannya tersebut, terutama jika pertama kalinya ia bertemu dengan anak lain yang berkebutuhan khusus.

Pada awal sekolah, Si Kecil sangat menyukai persahabatan dan menjadikan semua orang sebagai temannya. Seperti halnya dengan anak lain, anak berkebutuhan khusus juga membutuhkan teman untuk membantu tumbuh kembangnya. Maka, tidak ada salahnya nih Bunda mendekatkan Si Kecil dengan temannya tersebut.

Untuk membantu Si Kecil memperluas persahabatannya dan memastikan anak-anak dengan kebutuhan khusus mendapatkan perlakuan yang positif, maka ada baiknya Bunda berkomunikasi dengan Si Kecil bagaimana caranya agar mereka menjadi teman yang baik


>> Menjelaskan arti dari perbedaan
Anak kecil akan secara refleks mengatakan apa yang ia lihat dan pikirkan. Terkadang apa yang mereka katakan tersebut terlampau jujur. Jangan biarkan Si Kecil mengasumsikan apa yang ia lihat dan membandingkan sendiri perbedaan antara mereka dan temannya yang berkebutuhan khusus ya Bunda. Luangkan waktu Bunda sebentar untuk menjelaskan perbedaan sesuai dengan tujuan dan tahapa usia Si Kecil.

 

Dalam menyampaikan perbedaan tersebut, ada baiknya Bunda fokus pada:

  • Mengapa dan bagaimana semua orang dapat berbeda, tidak hanya pada anak-anak yang berkebutuhan khusus saja. Perbedaan setiap oranglah yang membuat mereka semakin unik
  • Lebih baik membicarakan kelebihan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus, daripada membicarakan kekurangan mereka
  • Apa bakat khusus yang dimiliki anak berkebutuhan khusus
  • Sesulit apapun pertanyaan Si Kecil tentang anak berkebutuhan khusus, usahakan Bunda menjawabnya dengan jujur dan sesuai dengan tahapan usia Si Kecil

 

>> Mengajarkan Si Kecil menjadi teman yang baik

Ada baiknya Bunda mendorong (sesering mungkin) Si Kecil untuk berinteraksi dengan anak-anak berkebutuhan khusus, seperti halnya Si Kecil berinteraksi dengan temannya yang lain. Bunda juga dapat membantu Si Kecil untuk memahami:

  • Membiarkan Si Kecil mengetahui bahwa mereka membutuhkan kesabaran yang lebih dan lebih lembut  dalam menghadapi teman mereka yang berkebutuhan khusus (tergantung dari sifat dari kebutuhan khusus tersebut).
  • Memastikan Si Kecil memahami tentang bagaimana rasanya stress dalam menghadapi sesuatu, dan hal tersebut sangat wajar. Sama seperti halnya menghadapi teman-temannya yang lain atau anggota keluarga Si Kecil.
  • Menjelaskan kepada Si Kecil bahwa terkadang para guru dan orangtua membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian dengan anak yang berkebutuhan khusus
     

>> Mencoba menghindari bullying

Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seringkali menjadi sasaran intimidasi atau menerima tekanan dari teman-teman yang lain. Bunda disini berperan penting nih untuk menjelaskan kepada Si Kecil untuk tidak mengintimidasi anak berkebutuhan khusus dan memastikan temannya tersebut mendapatkan perlakuan yang baik dari teman-teman yang lain.

 

>> Menciptakan Peluang

Persahabatan antara Si Kecil dan anak-anak yang berkebutuhan khusus sebenarnya akan sangat menantang, namun juga bisa sangat bermanfaat. Oleh karena itu, Bunda perlu menciptakan suasana yang dapat membentuk persahabatan Si Kecil dengan temannya yang berkebutuhan khusus untuk berkegiatan atau bermain bersama.

Berteman dapat dilakukan oleh Si Kecil dengan siapa pun yang ia inginkan, namun pastikan teman Si Kecil memberikan perubahan yang baik ya Bunda. Yuk Bunda selalu dampingi dan dukung Si Kecil untuk bermain selama masa tumbuh kembangnya ;)

 

Sumber: kidspot.com.au

Tags:

Artikel Terkait