Home Cerita Bunda Hadapi Si Kecil Yang Super Penasaran, Lakukan Ini Yuk Bunda!

Hadapi Si Kecil Yang Super Penasaran, Lakukan Ini Yuk Bunda!

2017-02-14 05:32:36 Hadapi Si Kecil Yang Super Penasaran, Lakukan Ini Yuk Bunda!

Dear Bunda,

Orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka belajar hal baru biasanya akan lebih optimis dan hidup bahagia daripada mereka yang tidak memiliki minat belajar. Kemudian, orang yang memiliki rasa ingin tahu biasanya memiliki nilai akademis yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang menarik.

 

Dan hebatnya, rasa ingin tahu sudah alami dimiliki oleh sebagian besar anak-anak loh Bunda. Mereka sangat suka belajar. Namun sayangnya, mungkin beberapa Bunda tidak sadar melakukan sesuatu yang dapat menghancurkan keinginan belajar dan rasa ingin tahu Si kecil.

 

Oleh karena itu, Bunda harus melakukan beberapa hal yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar pada Si Kecil nih. Ini yang dapat Bunda lakukan!

  1. Memberikan contoh yang cinta belajar. Bunda dapat memberikan contoh kepada Si Kecil dengan membaca, menemukan jawaban, dan menemukan hal-hal yang baru. Si Kecil akan melihat, mengamati, dan belajar dari Bunda.
  2. Berprinsip “kami akan selalu mencoba hal baru”. Entah mencoba makanan baru, olahraga baru, kegiatan baru, atau lainnya. Biarkan Si Kecil tahu bahwa Bunda juga ingin mencoba hal-hal baru dan menemukan hal-hal yang sebelumnya belum diketahui.
  3. Mengajari Si Kecil untuk menemukan jawaban. Ketika Si Kecil mengajukan pertanyaan, lebih baik Bunda mendorong Si Kecil untuk mencari tahu sendiri daripada menjawabnya langsung. Arahkan Si Kecil untuk bereksperimen atau mencari sumber lain yang dapat menjawab pertanyaannya.
  4. Mengajukan pertanyaan. Apabila Si Kecil ingin mengetahui tentang sesuatu, maka Bunda berperan penting untuk menstimulasi Si Kecil mengapa hal tersebut dapat terjadi dengan cara bertanya dan mengajaknya diskusi. Ajak Si Kecil untuk berdiskusi untuk memecahkan permasalahannya. Coba buat daftar apa saja yang sudah dan belum diketahui Si Kecil terkait hal tersebut. Cara Bunda yang demikian dalam merespon pertanyaan akan ditirukan Si Kecil apabila ia menemukan sesuatu yang membuatnya penasaran.
  5. Bersedia dan meluangkan waktu untuk mendengarkan Si Kecil. Terkadang, bahkan seringkali Bunda terlalu sibuk dengan pekerjaan Bunda sehingga cenderung tidak menanggapi pertanyaan Si Kecil dan memintanya untuk membicarakannya nanti. Namun ternyata, tanggapan tersebut dapat menyurutkan antusiasme dan rasa ingin tahu Si Kecil loh Bunda. Jadi, bagaimana dan apapun yang Bunda lakukan, Bunda harus siap sedia ya Bunda agar Si Kecil semakin senang untuk belajar.
  6. Menyediakan alat belajar. Bunda dapat mengajak Si Kecil untuk mengunjungi perpustakaan, membelikan buku, atau memberikan akses ke internet untuk memenuhi rasa penasarannya. Namun, internet hanya diberikan ketika Si Kecil sudah cukup umur dan dengan pendampingan dari Bunda ya.
  7. Meniadakan hadiah dalam proses belajar. Penelitian menunjukkan, semakin banyak Bunda memberikan hadiah untuk tugas Si Kecil, maka mereka akan semakin kurang tertarik dalam melaksanakan tugasnya. Ketika Bunda menawarkan hadiah, Si kecil akan lebih tertarik pada hadiahnya daripada proses yang akan ia lalui. Sehingga, ada baiknya Bunda mendorong rasa ingin tahu Si Kecil.

 

Rasa penasaran yang sering diasah akan membuat Si Kecil menjadi semakin senang untuk belajar. Orang-orang yang suka belajar akan menunjukkan sesuatu yang positif dalam kehidupan mereka. Dan Bunda sebagai orangtua hanya memastikan bahwa Bunda tidak memadamkan rasa ingin tahu Si Kecil.

 

Yuk Bunda kita berperan aktif untuk menstimulasi rasa ingin tahu dan mendampingi proses belajar Si Kecil ;)

Sumber: kidspot.com.au

Tags:

Artikel Terkait