Home Cerita Bunda Kekerasan Verbal Tidak Hanya Membentak! Pahami Salah Satu Kekerasan Verbal Ini Agar Tidak Terjadi Kepada Si Kecil!

Kekerasan Verbal Tidak Hanya Membentak! Pahami Salah Satu Kekerasan Verbal Ini Agar Tidak Terjadi Kepada Si Kecil!

2017-02-07 08:52:55 Kekerasan Verbal Tidak Hanya Membentak! Pahami Salah Satu Kekerasan Verbal Ini Agar Tidak Terjadi Kepada Si Kecil!

Dear Bunda,

Setiap Bunda seringkali menduga kekerasan verbal berupa teriakan, bersuara keras, menghina, merendahkan, atau marah-marah. Namun ternyata, kekerasan verbal tidak hanya itu saja loh Bunda! Perlu Bunda ketahui, kekerasan verbal dapat berupa sikap diam kepada seseorang. Dan mungkin, Bunda tidak sengaja melakukannya kepada Si Kecil.

Sikap diam ketika Si Kecil bertanya,atau ketika Si Kecil berkomentar terhadap sesuatu, ternyata dapat berdampak pada psikologis Si Kecil loh Bunda! Si Kecil yang diacuhkan akan mengalami kebingungan secara emosional daripada ia diperlakukan dengan cara berteriak atau menghina. Karena Si Kecil cenderung tidak memahami maksud dari diam yang dilakukan oleh Bunda. Bahkan, Si Kecil juga dapat berfikiran bahwa dirinya tidak layak untuk bertanya dan paling parah Si Kecil akan mengira Bunda tidak menginginkan kehadiran Si Kecil.

Sedih ya Bunda, bagaimana perasaan Si Kecil jika ia mendapatkan perlakukan yang demikian ;(

Menurut penelitian, kekerasan verbal jenis ini dapat mempengaruhi perubahan perkembangan otak Si Kecil, adanya kesalahan dalam perkembangan karakter Si Kecil, serta gangguan kecerdasan dan pengelolaan emosi.

Kekerasan verbal ini dapat memberikan dampak yang berbeda pada setiap anak. Tentu saja dampaknya tidak hanya dirasakan anak ketika masih kecil, tapi dapat berlanjut hingga ia dewasa. Berikut beberapa jenis kekerasan verbal dan dampaknya kepada Si Kecil.

 

  1. Bunda dengan wajah tanpa ekspresi, Si Kecil akan merasa diabaikan

Apabila Bunda memberikan perhatian lebih dan menanggapi semua ucapan Si Kecil, maka Si Kecil akan memahami bahwa ia penting dan merasa dicintai. Hal yang semacam ini akan membuat Si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang memiliki harga diri. Namun apabila Si Kecil tumbuh dengan Bunda yang tidak menanggapi mereka, Si Kecil akan merasa tidak aman meskipun mereka tidak mengetahui mengapa bisa demikian.

  1. Bunda pendiam, Si Kecil menjadi lebih pendiam

Menurut Si Kecil, diamnya seorang Bunda akan terlihat seperti diabaikan, namun memiliki konsekuensi emosional yang berbeda. Ketika Si Kecil tumbuh dewasa dan merasakan amarah dan frustasi, ia akan cenderung melakukan hal yang sama kepada orang yang mendiamkannya. Menurut para ahli, kebiasaan ini dapat menjadi racun dalam suatu hubungan. Para ahli juga menyimpulkan bahwa kerusakan harga diri seseorang berhubungan dengan ketidakmampuannya dalam melindungi dan membela diri ketika Bundanya tidak memperdulikannya.

  1. Melukai dalam sikap diam, berarti penghinaan dan ejekan

Mempermalukan diri Si Kecil tidak hanya dengan ucapan yang menghina loh Bunda, bisa juga dengan gerakan mata yang bergulir atau menertawakan Si Kecil untuk sebuah lelucon. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai bullying yang dilakukan dalam keluarga.

  1. Gaslighting

Seringkali Si Kecil merasa tidak ada keseimbangan kekuasaan antara orangtua dan Si Kecil, dan Si Kecil akan menyerah untuk tidak melanjutkan apa yang mereka inginkan setelah mendengar kata “dewasa”. Gaslighting tidak hanya membuat Si Kecil menjadi stress, namun juga dapat mengikis kepercayaan diri dan perasaannya.

  1. Ucapan “semuanya untuk kebaikan Si Kecil”, membuat Si Kecil tidak percaya diri

Beberapa Bunda berfikiran, kekerasan verbal yang berupa sikap langsung atau sikap diam yang Bunda lakukan untuk memperbaiki kesalahan dalam sikap dan karakter Si Kecil. Namun ternyata itu salah besar! Sikap Bunda yang cenderung melakukan semuanya demi kebaikan Si Kecil atau tidak mempercayakan sesuatu kepada Si Kecil, dapat berdampak pada hilangnya rasa percaya diri, serta merasa tidak pantas untuk mendapatkan perhatian dan dukungan.

  1. Sikap diam, berarti tidak adanya pujian, dukungan, dan cinta

Anak-anak diciptakan tumbuh sesuai dengan apa yang Bunda berikan. Sudah dipastikan Si Kecil pun akan menirukan apa yang ia terima dan lihat. Sebagai orangtua, Bunda wajib memberikan cinta dan perhatian sebagaimana kebutuhan primer Si Kecil seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

Ternyata sikap mendiamkan ini termasuk ke dalam kekerasan verbal, dan dapat berdampak buruk pada psikologis dan perkembangan Si kecil ya Bunda. Oleh karena itu, yuk Bunda kita berikan cinta dan perhatian kepada Si Kecil agar ia merasakan bagaimana rasanya dicintai oleh Bunda dan keluarga lainnya ;)

 

Sumber: psychologytoday.com

Tags:

Artikel Terkait

Beli Vitabumin

Nikmati kemudahan berbelanja produk Vitabumin
Beli Vitabumin di apotek terdekat Anda
Anda dapat membeli melalui LINE dengan chat ke alamat berikut

VITABUMIN

Anda dapat membeli melalui Telepon/Whatsapp/SMS ke nomor berikut
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Vitabumin dan belanja Vitabumin bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
(0274) 2724711
(Fixed Line)
0812 2954 8478
(Telp/SMS/Whatsapp)