Home Cerita Bunda Ketika Si Kecil Kian Banyak Bergerak, Lakukan Ini Yuk Bunda Untuk Seimbangkan Keaktifannya!

Ketika Si Kecil Kian Banyak Bergerak, Lakukan Ini Yuk Bunda Untuk Seimbangkan Keaktifannya!

2017-01-05 09:51:39 Ketika Si Kecil Kian Banyak Bergerak, Lakukan Ini Yuk Bunda Untuk Seimbangkan Keaktifannya!

Dear Bunda,

Jika saat ini Si Kecil kian banyak bergerak, Bunda pantas untuk bergembira nih karena itu pertanda tumbuh kembangnya yang baik. Si Kecil sangat senang berlarian secepat yang ia bisa. Ia pun tidak punya rasa takut, sehingga Bunda harus pandai mengatur segalanya agar Si Kecil tetap gembira dan aman.

Seiring pertumbuhannya, Bunda harus menyeimbangkan antara aturan dan bermain, karena mengatur dan menerapkan batasan-batasan ini adalah kunci bagi perkembangan Si Kecil. Apa saja ya aturan dan batasan tersebut? Yuk Bunda kita bahas satu per satu ;)

  1. Aktif bergerak

Di usia 18 bulan, Si Kecil sudah dapat berjalan dengan baik tanpa terhuyung-huyung. Bebarapa bulan kemudian, ia juga bisa berjalan mundur dan melangkah ke samping, dan berlari. Memasuki usia 2 tahun, ia akan berlari dengan cepat meskipun masih sulit baginya untuk berbalik arah tanpa menabrak atau jatuh. Wow aktif banget ya Bunda! Pastikan tempat bermain Si Kecil bebas dari benda yang membahayakan ya Bunda ;)

  1. Pegang tanganku !

Katakan dengan jelas dan spesifik harapan Bunda ketika Bunda menetapkan batasan tertentu. Jangan hanya mengucapkan bahwa Si Kecil harus jadi anak baik, tetapi katakan tujuan kenapa Si Kecil harus melakukannya. Kalau dia patuh, puji Si Kecil untuk memperkuat tingkah lakunya yang positif, dan bangun obrolan positif dengan membicarakan apa yang Bunda rencanakan setibanya di tempat tujuan.

  1. Haruskah mengekang di kecil?

Mengekang mungkin baik ketika Bunda bersama Si Kecil sedang berjalan di jalan yang ramai. Namun ketika bermain di taman, Bunda tidak perlu mengekang Si Kecil. Bunda perlu memahami Si Kecil dan keinginannya untuk berkelana.

  1. Pelarian kecilku

Mengapa balita senang melarikan diri? Ya karena memang mereka bisa! Kombinasi antara kemandirian dan kebebasan berlari membuat anak balita berlaku demikian. Jelaskan pada Si Kecil mengapa ia tidak boleh melakukan itu, dan Bunda coba untuk tidak tertawa karena Si Kecil bisa mengira ini adalah sebuah permainan dan ia akan melakukannya lagi.

  1. Beri kebebasan

Keinginannya untuk berlari adalah alami, berikan ia kebebasan itu tetapi dengan kondisi yang aman. Kalau memang aman, misalnya berlari di tempat terbuka dan aman, biarkan ia berlari mendahului Bunda. Si Kecil biasanya akan membalikkan tubuh dan mencari Bunda, tetapi jaga agar Si Kecil tetap dalam pandangan Bunda dan tetaplah di dekatnya.

  1. Tempat terbuka yang menyenangkan

Bunda dapat mencoba untuk bermain di luar ruangan bersama Si Kecil dalam cuaca apapun. Bermain di ruang terbuka ternyata baik untuk kesehatan, kebugaran, dan keyakinan akan fisik si kecil, jadi beri ia ruang untuk berlari, melompat, menendang, melempar, dan memanfaatkan energi tubuhnya ya Bunda. Si Kecil akan menyukai ayunan dan perosotan, dan jatuh adalah bagian dari pengalaman si kecil belajar. Si kecil senang bereksplorasi dan belajar tentang dunianya yang semakin membentang.

  1. Permainan dalam ruangan

Mungkin Bunda belum pernah menginjakkan kaki di area bermain dalam ruangan sampai Bunda menjadi orang tua, iya gak Bund? Namun tempat bermain di dalam rumah bisa menjadi ide yang bagus terutama ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Si Kecil akan bergembira dan dapat melepaskan energinya dengan aman dan terkontrol oleh Bunda. Namun Bunda harus tetap mengawasinya ya ;)

Nah itu tadi Bunda, kiat-kiat menghadapi Si Kecil yang sudah mulai bisa bergerak dengan lincah. Bila di usia 18 bulan Si Kecil belum percaya diri untuk berjalan, maka jangan dipaksakan ya Bunda. Teruslah bermain sambil menyemangati Si Kecil untuk berjalan ke arah ayah, bunda, nenek, atau kakek. Selamat mencoba Bunda ! ;)

 

Sumber: Bhattacharya, S et al. 2013. The Pregnancy And Baby Book. Banten: Inspirita Publishing. Penerjemah: Threestayanti, Liana.

Tags:

Artikel Terkait

Beli Vitabumin

Nikmati kemudahan berbelanja produk Vitabumin
Beli Vitabumin di apotek terdekat Anda
Anda dapat membeli melalui LINE dengan chat ke alamat berikut

VITABUMIN

Anda dapat membeli melalui Telepon/Whatsapp/SMS ke nomor berikut
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Vitabumin dan belanja Vitabumin bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
(0274) 2724711
(Fixed Line)
0812 2954 8478
(Telp/SMS/Whatsapp)