Home Daya Tahan Tubuh Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Si Kecil

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Si Kecil

2017-01-05 14:22:54 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Si Kecil

Bunda, menjadikan anak tetap sehat dan aktif bukanlah hal yang mudah, namun juga tidak bisa dikatakan sebagai hal yang sulit diwujudkan.

Bunda pastinya akan merasa iri kalau ada anak yang tak gampang sakit, sedangkan anak Bunda sendiri kala musim hujan atau ketika ia sudah kecapekan sangat sering sakit. Mungkin ada yang Bunda tidak tahu sedangkan orangtua lain tahu dan sudah diterapkan untuk menjaga anak tetap sehat. Beirkut ada beberapa hal yang bisa Bunda terapkan sebagai kebiasaan yang positif untuk menjaga anak agar tetap sehat dan juga aktif (dilansir dari http://www.parents.com):

  • Jaga Kebersihan tangan anak

Secara terarur, cucilah tangan anak Bunda untuk menjaganya tetap bersih. Tangan sangat cepat kotor apalagi jika ia sering bermain di luar rumah, dan memegang berbagai benda dan berinteraksi dengan temannya yang lain.

Khususnya, cuci tangan sebelum anak makan. Cuci tangan yang benar yang harus Bunda terapkan adalah dengan menggosoknya selama 15 sampai 20 detik setiap kali mencuci tangan.

  • Aktif setiap hari

Apakah anak bunda adalah anak yang lebih suka mentengin gadget dari pada bergerak lincah bersama temannya? Kalau begitu, bentuk kebiasanan anak yang aktif sesegera mungkin, Bunda! Karena hal ini adalah salah satu kunci anak sehat dan juga bugar. Olahraga untuk anak yang teratur, baik lewat permainan anak tau kegiatan lainnya bisa mengurangi resiko anak sakit, seperti flu dan juga pilek.

  • Tidur cukup

Istirahat adalah kunci hidup sehat, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak. Jadi,  penting bagi Bunda untuk membiasakan kebaisaan tidur yang cukup.

  • Jangan biarkan anak menyentuh wajah Bunda ketika flu

Virus flu dan pilek sangat mudah menular, melalui hidung, dan mulut. Sehingga untuk menjauhkan anak dari berbagai resiko penyakit ini, jangan biarkan anak memegang area tersebut di wajah Bunda, apalagi jika Bunda sedang sakit. Ingat pula untuk tetap mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, untuk membersihkan segala virus dan kuman yang mungkin sudah ada di tangan anak

Bunda, pola hidup sehat diatas perlu dibiasakan agar ia bisa menjadi pribadi yang sehat dan tetap tangguh. Jika anak Bunda sudah masuk usia sekolah, maka Bunda juga akan dibantu oleh para guru untuk menjaga kesehatan anak. Baik melalui pemberian arahan tentang makanan dan jajan yang benar bisa juga dengan berbagai permainan anak yang dilakukan di sekolah. Satu lagi, anak juga bisa melakukan  senam anak TK yang bisa bantu jaga kesehatannya baik fisik maupun emosionalnya.

Sumber:

http://www.parents.com. “6 Secrets of Kids Who Rarely Get Sick”. Michelle Crouch. Diakses pada 4 Januari 2017.

Tags:

Artikel Terkait