Home Cerita Bunda Memasak Bersama Koki Kecil. Membiasakan Si Kecil ‘Senang Membantu’ Dengan Mengajaknya Memasak.

Memasak Bersama Koki Kecil. Membiasakan Si Kecil ‘Senang Membantu’ Dengan Mengajaknya Memasak.

2017-01-10 07:14:23 Memasak Bersama Koki Kecil. Membiasakan Si Kecil ‘Senang Membantu’ Dengan Mengajaknya Memasak.

Dear Bunda,

Memasak kini dapat menjadi kegiatan menyenangkan bagi Si Kecil loh Bunda! Selain dapat membantu Bunda, dengan memasak Si Kecil akan belajar untuk membentuk ketrampilan dan menumbuhkan rasa suka pada makanan sehat.

Memang sih Bunda, masak bareng Si Kecil pasti akan membuat dapur kita jadi berantakan banget. Bunda harus membereskan dan membersihkan dapur lebih ekstra karena tingkah polah Si Kecil.

Selain itu, Bunda juga perlu ekstra sabar nih ketika memasak dengan Si Kecil. Karena Si Kecil akan bekerja dengan sangat lambat dan ingin segera mengicipi makanannya. Kami sarankan, Bunda jangan memasak bersama Si Kecil ketika Bunda sedang terburu-buru atau sedang lelah.

 

Pilihan Menyehatkan

Di beberapa negara, kasus obesitas pada anak-anak cenderung meningkat. Untuk menghindari obesitas pada Si Kecil, Bunda dapat mengajak Si Kecil untuk belajar tentang konsumsi makanan sehat sejak dini.

Dikarenakan banyaknya rumah makan yang menyajikan makanan cepat saji, maka Bunda harus memberikan pengertian kepada Si Kecil untuk memilih makanan sehat dan belajar memasak dengan bahan yang segar.

 

Laboratorium Penguji Makanan

Memasak bersama tidak hanya memberikan ketrampilan memasak kepada Si Kecil, Bunda juga mengajari tentang berhitung, mengukur, kosakata baru, dan sains. Selain itu, Si Kecil pun juga dapat melatih kemampuan motorik halus, ketepatan, koordinasi antara tangan dan mata, dan ketrampilan artistik.

Selama memasak, biarkan Si Kecil bereksperimen ya Bunda, namun dengan pengawasan Bunda tentunya. Biarkan Si Kecil mencetak adonan dan meletakkannya ke loyang atau menusukkan buah (dengan ukuran agak besar) ke tusuk sate. Semakin sering Bunda membiarkan Si Kecil untuk mencoba, maka semakin baik pula kemampuan Si Kecil.

 

Mendorong Si Kecil Untuk Bereksperimen

Mengajak dan melibatkan Si Kecil untuk membantu Bunda dalam memasak dan menyiapkan makanan akan mendorong Si Kecil untuk menyukai makanan baru yang ia buat. Usahakan Bunda memberikan menu yang baru setiap kali mengajak Si Kecil untuk memasak.

Ajak juga Si Kecil untuk berbelanja dan mengamati beberapa jenis makanan mentah yang akan ia konsumsi. Bunda juga dapat mengajak Si Kecil untuk menanam sayuran dan buah yang akan dikonsumsi Si Kecil. Dan meminta Si Kecil untuk membantu memetiknya dan kemudian dimasak.

 

Memasak Untuk Keluarga

Selain untuk konsumsi Si Kecil, Bunda juga dapat mengajak Si Kecil menyiapkan makanan untuk sekeluarga. Memasak untuk keluarga dapat membantu memelihara keharmonisan dan salah satu cara untuk Bunda dan Si Kecil dalam mewujudnya rasa cintanya. Si Kecil akan merasa berperan langsung pada keluarga apabila Bunda mengajaknya memasak bersama untuk keluarga, dan ia akan menikmati waktu bersama Bunda. Selamat mencoba ya Bunda !

 

 

Sumber: Bhattacharya, S et al. 2013. The Pregnancy And Baby Book. Banten: Inspirita Publishing. Penerjemah: Threestayanti, Liana.

 

Tags:

Artikel Terkait