Home Cerita Bunda Mengajarkan Si Kecil Untuk Bertanggungjawab. Ternyata Ini Cara Yang Dapat Bunda Lakukan!

Mengajarkan Si Kecil Untuk Bertanggungjawab. Ternyata Ini Cara Yang Dapat Bunda Lakukan!

2017-02-18 03:20:43 Mengajarkan Si Kecil Untuk Bertanggungjawab. Ternyata Ini Cara Yang Dapat Bunda Lakukan!

Dear Bunda,

Si Kecil mungkin pernah menyalahkan orang lain ya Bunda, dalam segala kegiatan yang sering ia lakukan. Apabila Bunda mendapatkan laporan dari guru tentang Si Kecil, maka Si Kecil akan menyalahkan temannya yang tidak berhenti mengajaknya berbicara. Atau ketika Si Kecil tidak sengaja menjatuhkan gelas karena ada kucing yang mendekati Si Kecil Misalnya, Si Kecil pun menyalahkan kucingnya.

 

Anak-anak biasanya belum memahami bahwa setiap orang bisa saja membuat kesalahan. Mereka biasanya menyalahkan orang lain untuk menghindari penolakan atau hukuman. Si Kecilnya Bunda sering seperti ini gak Bunda? :D

 

Dalam menghadapinya, berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan agar Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang ia lakukan.

 

  1. Saling menghubungkan
     

Sepertinya Bunda perlu membantu Si Kecil untuk menghubungkan antara apa yang ia lakukan dengan apa yang terjadi, dengan menunjukkan beberapa contoh nyata. Misalnya Bunda dapat memberikan perumpamaan, karena Si Kecil yang belajar dengan tekun, maka Si Kecil akan mendapatkan nilai yang bagus. Atau, karena Si Kecil yang melompat dan bermain di genangan air, maka sepatu dan bajunya menjadi basah.
 

Bunda dapat meminta Si Kecil untuk memikirkan penyebab dan dampak yang akan terjadi pada situasi tertentu. Misalnya saja, Bunda lupa tidak mengunci kandang kucing peliharaan, akibatnya si kucing bermain di luar rumah.

Dengan demikian, diharapkan Si kecil memiliki pengalaman untuk mengidentifikasi dan memahami penyebab dan dampak dari suatu kegiatan. Sehingga, Si Kecil pun akan lebih mudah untuk berdialog batin tentang sebelum dan sesudah ia melakukan sesuatu.

 

  1. Membiasakan jujur

Apabila Bunda menginginkan Si Kecil jujur mengatakan apa yang telah ia perbuat atau mengakui ketika ditanya, maka Bunda hanya perlu bersikap tenang ketika mengekspresikan ketidakpuasan Bunda atas perilaku buruk Si Kecil.

 

Tetaplah untuk bersikap tenang dan mencoba untuk mendekati Si Kecil, maka Si Kecil kelak akan mengakuinya meskipun tidak hari itu juga. Biarkan Si Kecil tahu bahwa semua orang dapat melakukan kesalahan, dan yang paling penting Si Kecil mampu belajar dari situasi dan mencoba memperbaiki kesalahannya.

 

Kemudian Bunda dapat mengajak Si Kecil untuk berdiskusi agar Si Kecil dapat melakukannya lagi dengan cara yang lebih baik dan mau menerima konsekuensi atas apa yang telah ia lakukan. Namun jangan lupa memuji kejujuran Si Kecil apabila ia berani mengakuinya ya Bunda ;)

 

  1. Menegakkan aturan

    Setiap orang pasti akan mencoba sesuatu untuk mendapatkan kesempatan, begitu juga dengan Si Kecil. Apabila Si Kecil sering menunjukkan wajah memelas agar Bunda tidak menghukumnya, sepertinya Bunda perlu belajar untuk tegas dan menyakinkan Si Kecil bahwa kegiatan apapun pasti ada konsekuensinya.

 

Agar Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab, maka Si Kecil perlu belajar untuk menerima konsekuensi dari perkataan, tindakan, dan keputusan Bunda. Sehingga Si Kecil akan melakukannya apabila Bunda konsisten dan disiplin dengan aturan.

 

  1. Memelihara kemajuan

 

Untuk membantu Si Kecil mengubah suatu pelajaran menjadi suatu yang menyenangkan, Bunda dapat mengubahnya menjadi sebuah tantangan. Beritahu Si Kecil bahwa Bunda akan memulainya dengan memberikan Si Kecil dengan 5 poin selama seminggu ke depan, dan setiap kali Si Kecil mencoba untuk membuat alasan atau menyalahkan orang lain, maka ia akan kehilangan satu poin. Bunda dapat menggunakan grafik di lemari es atau papan yang diletakkan di dekat kamar Si Kecil.

 

Apabila Si Kecil dapat melaluinya tanpa mengurangi poin, maka Bunda dapat memberikan reward berupa bermain ke taman atau hal lainnya yang sesuai. Meskipun nanti poinnya akan berkurang di awal waktu, grafik ini akan mengingatkan Si Kecil untuk sadar atas apa yang ia lakukan


Bisa dicoba nih Bunda, awalnya memang berat Bunda, namun lama kelamaan akan lebih mudah dan Si Kecil menjadi lebih bertanggung jawab. Selamat mencoba ya Bunda! ;)


 

Sumber: parents.com

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar