Home Tumbuh Kembang Anak Mengenal Prinsip Makan yang Seimbang

Mengenal Prinsip Makan yang Seimbang

2017-03-02 19:44:10 Mengenal Prinsip Makan yang Seimbang

Bunda, kini prinsip makan berimbang, tidak melulu menggunakan pedoman 4 sehat 5 sempurna. Secara visual, prinsip makanan sehat berimbang ini bisa digambarkan ke dalam berbagai macam bentuk. Kalau di Indonesia, kita mengenal Tumpeng Gizi Seimbang yang menunjukkan jenis dan porsi berimbang makanan yang sehat. Sementara untuk  di luar negeri, mereka mengenal istilah panduan pangan atau Food Guide. Bentuk visual ini, ada yang berbentuk piramida, pagoda, dan juga berbentuk gasing. Visual panduan gizi berimbang ini, membantu memahami dan menggambarkan semua prinsip gizi berimbang, yakni berupa pangan, kebersihan, dan keamanan pangan, serta aktivitas  fisik serta pemantauan berat badan bagi masyarakat suatu negara atau daerah.

Bunda, untuk di Indoneisa sendiri ada Tumpeng Gizi  Seimbang dan Piring Makanku (porsi sekali makan). Dengan mengetahui prinsip yang ada dalam kedua visual ini, maka kita bisa menerapkannya untuk menyajikan makanan yang sehat dan terbaik untuk si kecil.

  • Tumpeng Gizi Seimbang

Dalam TGS atau Tumpeng Gizi Seimbang ini, ada empat lapis  yang berurutan dari bawah ke atas dan mengerucut ke atas. Empat lapis ini menggambarkan adanya 4 lapisan gizi seimbang. Ada  pilar dan keragaman pangan, aktivitas fisik, kebersihan, dan lingkungan, serta pemantauan berat badan.

Jika dilihat, semakin ke atas, maka ukuran tumpeng semakin kecil. Bagian paling atas ini, termasuk, gula, lemak, garam, yang kebutuhannya sangat sedikit dan perlu dibatasi.

Setiap kelompok pangan, juga telah dituliskan berapa jumlah porsi setiap kelompok pangan sesuai anjuran. Contohnya, dalam kelompok sayuran,  pemberiannya yakni 3 hingga 4 kali sehari.

Dalam TGS ini juga ada pesan untuk cuci tangan sebelum dan sesudah  makan.

  • Piring makanku: sajian sekali makan

Banyak  Bunda yang belum tahu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Piring Makanku ini. Piring Makanku, divisualkan menyerupai piring, dan dimaksudkan sebagai panduan yang menunjukkan makanan dan minuman pada setiap sajian, misalnya sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

Pada Piring Makanku ini digambarkan anjuran makan sehat sebagai berikut :

  1. 50 % dari total makanan tiap kali makan merupakan sayur dan buah
  2. 50 % nya lagi adalah makanan pokok serta lauk pauk
  3. Porsi sayuran harus lebih banyak dari buah
  4. Makanan pokok lebih besar dibanding dengan lauk pauk.
  5. Perlunya minum tiap kali makan (sebelum atau sesudah makan), bisa lebih dari satu gelas, sesuai kebutuhan.
  6. Dianjurkan cuci tangan sebelum dan sesudah makan

 

Demikianlah dua panduan untuk prinsip makan dengan gizi seimbang. Bagi Bunda yang ingin menyajikan makanan terbaik bagi Si Kecil baik porsi atau jenis makannya, maka harus memahami benar prinsip yang ada dalam Tumpeng Gizi Seimbang ataupun dalam Piring Makanku.

Bukan hanya di Indonesia, panduan makan gizi berimbang atau food guide  juga dianjurkan di negara lain, karena  dirasa perlunya sosialisai akan makanan yang sehat. Hal ini tak terlepas dari maraknya konsumsi makanan yang tidak bermanfaat, seperti fast food atau junk food hingga menyebabkan bahaya dan resiko penyakit jantug, dan juga obesitas.

Maka dari itulah Bunda, sebagai orangtua yang bijak, maka harus selalu update informasi seputar parenting yang baik, seperti dalam cara penyajian makanan yang tepat. Hal ini dirasa perlu jika Bunda memiliki keinginan untuk menciptakan generasi yang cemerlang di masa depan. Makanan dan minuman yang masuk ke tubuhnya akan jadi bekal ia menjadi dirinya dengan perawakan, kesehatan, maupun karakternya di masa depan.

Sumber:

PEDOMAN GIZI SEIMBANG. Kementerian Kesehatan RI. 2014

Tags:

Artikel Terkait