Home Daya Tahan Tubuh Olahraga yang Sesuai Untuk Si Kecil

Olahraga yang Sesuai Untuk Si Kecil

2017-01-16 04:55:51 Olahraga yang Sesuai Untuk Si Kecil

Pasti Bunda sudah pada tahu kan jika olahraga baik untuk kesehatan Si Kecil? Ada banyak lo pilihan olahraga anak yang bisa dilakukan. Salah satu olahraga yang bisa Bunda ajarkan ke Si Kecil adalah olahraga renang. Berikut beberapa manfaat renang anak:

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Semua olahraga yang punya gerakan berulang, seperti berlari, menari, dan berenang,  mampu memperlancar aliran darah ke otak. Jika aliran darah lancar makan dapat meningkatkan kemampuan memori, suasana hati, dan membuat pikiran lebih fokus.

2. Menstimulasi zat kimia pada otak untuk meningkatkan mood

Berenang dan olahraga lainnya dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin. Fungsi hormon ini antara lain untuk membantu melepaskan ketegangan , bahkan juga untuk melawan beberapa gejala depresi.

3. Memperbaiki sel otak dan meningkatkan memori

Berenang dapat memperbaiki kerusakan otak yang diakibatkan oleh stres dengan menggantikan neuron yang hilang di hipokampus. Hipokampus adalah bagian otak yang terkait dengan kemampuan belajar dan memori. Penyusutan hipokampus dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan mental yang berhubungan dengan depresi.

4. Meningkatkan kemampuan motorik dan visual

Gerakan renang dengan pola bersilangan membantu berkembangnya saraf di corpus callosum. Bagian ini menghubungkan belahan otak kanan dan kiri, juga memfasilitasi komunikasi antara keduanya. Berenang mampu mengaktifkan kedua belah otak serta keempat lobus secara bersamaan. Hal ini membantu meningkatkan kognisi serta menjadi lebih mudah dalam belajar.

Pada suatu studi di tahun 2012, ditemukan bahwa anak yang belajar berenang saat usia dini mampu mencapai banyak tahap perkembangan bila dibandingkan dengan anak-anak lain. Tahapan yang dimaksud termasuk keterampilan motorik kasar misalnya koordinasi, keterampilan motorik visual seperti memotong seperti memotong kertas, menggambar garis dan bentuk, mewarnai, serta keterampilan menangani tugas-tugas matematis.

Wah ternyata renang anak punya banyak manfaat ya Bunda tapi bila Bunda dan Si Kecil tidak punya kesempatan untuk pergi ke kolam renang, Bunda juga dapat mengajak Si Kecil olahraga lain yang murah dan tak perlu ke tempat jauh, misalnya lari. Olahraga atletik ini juga punya banyak manfaat lo Bunda, beberapa di antaranya adalah :

1. Mengurangi risiko kanker

National Cancer Institute menyatakan bahwa ada bukti yang meyakinkan bila aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar. Dalam beberapa penelitian juga telah melaporkan hubungan antara aktivitas fisik dengan kanker paru-paru, prostat, dan lapisan rahim. Selanjutnya, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menjelaskan bahwa berjalan dapat mengurangi kerentanan seseorang terhadap bentuk-bentuk tertentu dari kanker.

2. Membantu kemungkinan hidup lebih lama

Pada sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa ada dua kali lebih banyak kematian sebab kurang olahraga bila dibandingkan dengan obesitas.

Nah tunggu apalagi Bunda, yuk ajak Si Kecil rajin olahraga agar makin sehat dan tumbuh  kembangnya optimal !

 

Sumber :

Fauziah. Lutfi. 2016. 4 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Otak. http://nationalgeographic.co.id. Diakses 15 Januari 2017.

Mashabi, Sania. 2016. 11 Manfaat Olahraga Lari untuk Tubuh. http://www.tabloidbintang.com. Diakses 15 Januari 2017.

 

Tags:

Artikel Terkait