Home Daya Tahan Tubuh Penyakit Yang Perlu Di Waspadai Saat Musim Hujan

Penyakit Yang Perlu Di Waspadai Saat Musim Hujan

2017-01-16 04:30:01 Penyakit Yang Perlu Di Waspadai Saat Musim Hujan

Musim hujan datang, banyak Bunda yang bersiap-siap untuk meningkatkan sistem imun anak tentunya. Kenapa begitu? Ya, karena pada musim hujan banyak kemungkinan anak terhinggapi penyakit.

Pada musim ini, terjadi perubahan lingkungan, seperti suhu, kelembaban, hingga membuat mikroba pun tersebar di lingkungan sekitar. Baik itu dirumah atau di sekolah, sama-sama memiliki resiko penyebaran berbagai jenis penyakit.

Pada beberapa mikroba, terjadi kemungkinan untuk berkembang biak lebih cepat, akibatnya makin tinggilah kemungkinan mikroba ini menginfeksi tubuh manusia. Kira-kira apa saja penyakit musim hujan yang rawan menjangkiti kita, khususnya anak-anak kita?

Menurut dr Irsyad Rusah, Sp PD, MH, dalam health.kompas.com, ada 5 jenis penyakit yang mudah berkembang saat musim yang perlu diwaspadai oleh Bunda:

  1. Diare

Diare  ditandai dengan buang air besar cair berklai-kali, disebakan oleh bakteri yang mengifeksi tubuh, seperti jenis bakteri Shigella dysentria, Salmonella Spp, dan beberapa jenis bakteri lainnya. Bakteri ini menyerang usus hingga menyebabkan BAB tidak normal. Untuk mencegah infeksi dari baketri ini, maka cara menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang harus dilakukan, terlebih saat musim hujan datang.

  1. Tifus

Ditandai dengan demam hingga 39-40 derajat Celcius, penyakit ini haruslah sebisa mungkin dihindari, karena bisa berdampak fatal bagi performa tubuh. Penyebabnya adalah Salmonella typhi yang bisa masuk ke saluran cerna. Bakteri ini bisa masuk melalui mulut, esophagus, usus kecil, dan usus besar manusia.

Penularan penyakit ini bisa melalui muntahan atau kotoran penderita tifus, yang terbawa oleh kaki lalat. Kemudian, lalat ini mengkontaminasi makanan. Disarankan, agar penderita tifus segera menjalani pengobatan dan menjalani bed rest  setidaknya selama 7 hingga 14 hari.

  1. Leptospirosi

Penyebab penyakit musim hujan ini adalah infeksi bakteri Leptospira sp yang menyebar lewat urin tikus. Akibat dari penyakit ini adalah warna kuit menjadi kekuningan dan mukosa kering. Ada yang juga yang disertai dengan diare atau konstipasi.

Akibat dari banjir dan aliran hujan penyakit ini bisa menyebar dengan mudah. Bakteri bisa masuk melalui kulit dan menyebar ke seluruh  jaringan tubuh, seperti  ginjal dan hati.

  1. Penyakit kulit

Ada banyak penyakit musim hujan  khususnya pada area kulit. Penyebabnya adalah hujan adanya air banjir yang membawa bakteri. Bakteri tertentu bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit. Jamur pun bisa menjadi salah satu penyebabnya yang bisa bertumbuh saat suhu udara relative lembab. Penggunanan antibiotic dianjurkan untuk mengatasi penyakit ini.

  1. Demam Berdarah

Untuk penyakit DB disebabkan oleh Virus dan bukan bakteri. Virus ini sering disebut virus dengue. Untuk mencegah tertularnya penyakit ini, maka kita perlu menjaga daya tahan tubuh atau imunitas tubuh, terlebih pada anak-anak yang relative memiliki daya tahan tubuh rendah. Maka, beri makanan  dan asupan lainnya bisa membatu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kebersihan rumah dan lingkungan menjadi kunci dan salah satu cara menghindari berkembangnya penyakit memaitkan ini. Jangan Sampai Terlambat ! Kenali Gejala Demam Berdarah Pada Anak Sejak Dini Agar Terhindar Darinya.

 

Sumber:

http://health.kompas.com. Rosmha Widiyani. “Waspadai 5 Penyakit Ini pada Musim Huja” (1 November 2013). Diakses pada 14 Januari 2017.

Tags:

Artikel Terkait